Serunya Petualangan Grup Planet Sains di Alam Santosa Kab. Bandung

DTN PALNET SAIN 1 CopyDestinasiaNews– Bertepatan dengan Tahun Baru 2017 pada 1 Januari, Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa di Pasir Impun Kabupaten Bandung, kedatangan 25 bocah usia SD dan SMP berbagai kota di Nusantara. “Ada yang dari Banjarmasin Kalimantan, Tanggerang, Jakarta,  Bekasi, dan Bandung. Ini hari kedua, mereka mengisi liburan sekolahnya dengan kegiatan kreatif”, papar Ir. Hari U tomo, Direktur Utama Planet Sains.  

 

Hari memaparkan apa dan siapa sekilas pengisi program liburannya kali ini. Ia uraikan disela-sela membimbing asuhannya yang tampak antusias mengikuti aneka permainan arahan dari “tuan rumah” Mang Babas dan Mang Edi.

 

Paket permainan seharian penuh itu, di antaranya: kaulinan barudak lembur (galah, bedil jepret, sondah, boy-boyan, dll), membuat cocooan(kekerisan, sisimeutan, dll); mengenal arsitektur Sunda (imah Baduy, julang ngapak, dll); Pengenalan makanan & minuman tradisional (bajigur, kulub hui); ngagogo (menangkap ikan dengan tangan) “Senangnya membimbing anak-anak ini, mereka disiplin namun selalu banyak bertanya – penuh ingin tahu,” kata Mang Babas yang diamini rekannya Edi – “Mereka ini, cerewet dan lucu, banyak bertanya soal apa mengapa dari setiap paket permainan. Terpaksalah menjawabnya …”.

DTN PLANET SAIN 3 CopyBagi Dadan Ramdan, Manager Alam Santosa, kehadiran grup dari Planet Sains yang usianya sudah melakukan  hal sejenis dalam 10 tahun terakhir:”Ini jadi ukuran Alam Santosa kini sudah menjadi pilihan dari komunitas yang kerap berhubungan dengan pengenalan budaya dan pendidikan lingkungan hidup”.

 

Sejatinya menurut Eka Santosa, pemilik Alam Santosa yang juga sebagai Ketua Umum DPP Gerakan Hejo yang sepenuhnya berdedikasi menyebarluaskan pendidikan melalui pendekatan budaya dan lingkungan hidup:”Kehadian komunitas Planet Sains bisa memicu kami untuk melengkapi fasilitas dasar bagi kegiatan sejenis di masa mendatang”.

 

Mau Lagi Dong?

DTN PLANET SAIN 2 CopyMenarik disimak selama seharian itu, para peserta yang rata-rata punya gairah curiosity tinggi:”Duh, kenapa hanya sehari di Alam Santosa. Itu main senjata bambu (bedil jepret). Ini lebih asyik daripada main game…”, ujar Irsyad, peserta asal Banjarmasin Kalimantan. Lainnya, Amira Azzahra dan Baraka dari Tangerang, seharian itu tampak ketagihan bermain di Alam Santosa. “Tahun depan pokoknya liburan, harus ke sini lagi, seru sih”.

 

Menutup reportase ini, patut disimak pula apa kata para pembimbing dari Planet Sains yang secara detil telah mencoba dan mengamati fasilitas yang ada di Alam Santosa yang luasnya sekitar 4,5 ha:”Putra-putri asuhan kami, tadi bermain sambil mengenal kearifan lokal budaya Sunda dengan cara yang fun abiz. Intinya, semua senang dan serulah …,” pungkas Fitri, Habib, dan Erlin sembari mempertunjukkan tanda jempolnya. (HS/SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Wow, Rektor Unpad & Produsen Aquatec Petik Hasil Maksimal Panen Budidaya Kerapu di Pangandaran

Wow,  Rektor Unpad & Produsen Aquatec Petik Hasil Maksimal Panen Budidaya Kerapu di Pangandaran

destinasiaNews - Boleh dibilang kegiatan produktif ini nyaris tak banyak orang tahu, padahal ini merupakan 'giant step for Indonesian's development'....

Jadi Juri Unjuk Kabisa Wanoja Jajaka Budaya Jabar, Eka Santosa - Kembangkan Budaya Kita

Jadi Juri Unjuk Kabisa Wanoja Jajaka Budaya Jabar, Eka Santosa - Kembangkan Budaya Kita

destinasiaNews - Boleh dikata ini penampilan tokoh Jabar Eka Santosa yang sedikit tak 'lazim' akhir-akhir ini? Gerangannya kali ini penuh dengan...

Gerai GORO DAYUNG di Bandung Munculkan Antusiasme Peserta Munas ISMI ke-2

Gerai GORO DAYUNG di Bandung Munculkan Antusiasme Peserta Munas ISMI ke-2

destinasiaNews - Sejumlah peserta Musyawarah Nasional (Munas), Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) ke-2 di Hotel Grand Asrilia Bandung, pada Sabtu,...

LAKSI Dukung Kapolri - Tegakkan Hukum Bagi Pelaku Hoax

LAKSI Dukung Kapolri - Tegakkan Hukum Bagi Pelaku  Hoax

destinasiaNews - Terkait pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Kehormatan PAN, M Amien Rais. Dalam hal ini sebagai saksi, pada kasus dugaan...

Pengunjung

02662686
Hari ini
Kemarin
4597
5177