Batu Pabeasan Arjasari Bandung Selatan - Panorama Wow Abiz …

ARJASARI 5destinasiaNews – Daerah tujuan wisata (DTW) Batu Pabeasan atau Gunung Pabeasan, katanya dahulu sohor dengan nama “karuhun” Pasir (bukit – bhs Sunda) Pabeasan. Tepatnya ini ada di Desa Arjasari Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Wow nya apa yang terbilang abiz itu?

“Dalam setahun ini, setiap hari orang datang naik ke puncak Batu Pabeasan. Hari libur dan hari besar lebih banyak lagi. Biasa, mereka itu anak-anak muda dari mana-mana,” tutur Pipin (5/9/2017) selaku pengurus Bumdes (Badan Usaha Milik Desa). Walhasil Pipin pun di obyek wisata yang “wow abiz” sejak 2016, didaulat warga sebagai Ketua Kompepar. Ayo tebak adik-adik , apa itu Kompepar?

ARJASARI 1ARJASARI 2Sekedar info, tuturan Pipin tadi terlontar kala Batu Pabeasan yang mendadak moncer di dunia kepariwisataan di era millennium kami kunjungi, diamini Dede, kakaknya Pipin yang berusia lebih dari separuh baya. “Yang penting rame dulu lah. Sekarang sebagian jalannya sudah dibeton. Ini memudahkan pengunjung. Syukur, bisa menguntungkan warga dari segi ekonomi.”

Menariknya, Pipin mengatakan itu sambil menunjukkan aneka barang jualan kerajinan miniatur dinosaurus, sepeda motor, dan kuda imajiner. Semua, terbuat dari kayu limbah pabrik gitar di desa tetangga. “Ini karya warga di sini. Lumayan, selain kuliner dan produk pertanian, bisa terjual ke pengunjung. Mau kami tingkatkan lagi jenis dan produknya.”

ARJASARI 3Pandangan sepintas kelengkapan infrastruktur DTW ini masih terbilang minim. “Tetapi lumayan juga, sudah ada area parkir kendaraan roda 4 dan 2. Warung pun ada. Ini seperti tahun 2015-an, ketika DTW Tebing Keraton (Taman Hutan Raya Djuanda) baru dikenal orang,” kata Shahadat Akbar salah satu crew di rombongan kami.

Pandangan sekilas dari Akbar diiyakan oleh Pipin dan Dede. “Yang jadi bahan pemikiran kami, ingin juga ada pagar di seputar Batu Pabeasan. Maklum daerah itu rawan, kan anak muda suka aktif di sana,” jelas Dede yang katanya demi kenyamanan pengunjung juga.   

Wow Abiz itu

Secara random pada hari Selasa kala kunjungan obyek wisata ini, kebetulan masih musim kemarau. Dua pengunjung masing-masing Yessi (18) dan Kenny (18), dara asal Bale Endah ini, katanya merasa penasaran berkunjung ke Batu Pabeasan. “Panoramanya wow abiz, pokoknya di atas bisa melihat keliling Bandung Raya. Jadi betul, kata teman seperti di instagram indah banget. Mau ke sini lagi ah.”

ARJASARI 7Terbukti kala rombongan kami naik ke Batu Pabeasan, yang dari area parkir hanya sekitar 350 meter jauhnya. Kala tiba di tujuan yang tingginya  sekitar 700-an meter di atas permukaan laut (MDPL), nyata benar indahnya. Panorama sejauh mata memandang dari Batu Pabeasan yang bentuknya unik “muncugug”, indah kabina-bina alias indah sekali. “Tak salah orang membandingkan, ini lebih indah dari Tebing Keraton. Nyaris 80% sekeliling wilayah Bandung Raya dapat dinikmati!” seru Akbar yang hari itu begitu terpesona.

ARJASARI 9Crew selain Akbar yakni Isur Suryana, tak habis-habisnya menyorot ke sekeliling panorama dengan video untuk liputan TV. “Itu Gunung Malabar, Bale Endah, Gunung Sela, Pasir Salam, Pasir Luhur. Luar biasa indahnya, apalagi kalau sun set dan sun rise, ini pasti sangat bagus. Semua serba natural.”

“Makanya, suka banyak yang kemping. Katanya ngejar sinar pagi dan sore. Kata banyak orang, di sini paling bagus dan luas pandangannya,” jelas Dede yang dengan sabar mengantar kami. Selain Batu Pabeasan sebagai tempat bepijak di ketinggian, menurut Dede ada puluhan obyek wisata religius dan legenda di sekitarnya. “Ada Batu Korsi, Baskom Labuan,Cai Karamat Cipicung, dan yang aneh-aneh di Pasir Salam.”

ARJASARI 8Bila dicermati, amatlah menarik tuturan Dede sebagai “gate keeper” di Batu Pabeasan, apalagi ketika berkisah tentang “khasiat” Batu Korsi:”Barang siapa yang punya niat naik pangkat, cepat dapat jodoh, berkarir bagus di pekerjaan, cobalah datang ke lokasi ini. Insya Alloh …”

 Maksudnya, apakah rata-rata niatan itu terkabul, tanya Akbar yang biasa tertarik mengulas hal-hal unik di sebuah DTW:”Apa Pak Dede pernah punya niatan, dan duduk di Batu Korsi, lalu niatnya terkabul?”

 Yang ditanya sejenak tertegun, namun Dede tak kalah sigap bersilat lidah. “Ya, ini buktinya saya jadi penunjuk jalan di Batu Pabeasan, ini berkat duduk di Batu Korsi,” jawabnya sambil tersenyum yang diakhiri sedikit tergelak.

 Uniknya lagi, Dede kala didesak siapa saja yang pernah ia antar ke Batu Korsi dan berhasil mewujudkan niatnya? Dede seakan mengunci, rupanya ia sadar ada kode etik akan hal ini:”Ah, soal ini tidak akan saya jawab,” begitu jawabnya sambil berusaha tersenyum penuh arti - tak terpancing.

 “Yang ke Batu Korsi biasanya malam hari, tidak siang-siang seperti sekarang. Moal beja-beja ah …,” ujarnya kembali mengunci ihwal Batu Korsi yang penuh misteri – “Pokoknya, rusiah …”

 Desa Wisata

Menjelang akhir kunjungan ke DTW yang wow abiz, sorenya kami kunjungi Kantor Desa Arjasari. Sayang Kepala Desa Arjasari, Rosiman yang akrab disapa Wa Eros, hari itu tak ada di tempat. “Sedang ada kegiatan lain”, kata Sekertaris Desa, Dadang Iyas yang kala itu didampingi Ketua LMP (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Iyan Sugianto.

ARJASARI 4Perbincangan tentang DTW Batu Pabeasan didiskusikan secara ringkas dalam suasana penuh keakraban. “Ya, kami terima masukan soal ticketing, dan asuransi bagi pengunjung, termasuk cash flow untuk pngembangan ke depan. Kami tanggapi serius, nanti dengan Pak Kades akan dibahas”, papar Dadang yang serba terbuka.

Selanjutnya dari diskusi ini, diperoleh info bahwa di Arjasari terdapat juga potensi lain di bidang kepariwisataan dan budaya.”Kami punya sanggar silat Balebat, Ini sudah jadi aikon Kabupaten Bandung. Juga seni ujungan yang unik buat para jawara. Ini pun sedang kami kembangkan,” urai Dadang.

Lainnya menurut Iyan, seni barongsay di Arjasari ini sangat unik. Ada barongsay China dan barongsay tradisi dari Arjasari, ini pun sudah jadi aikon di Kabupaten Bandung.”

Nah, wahai pembaca budiman, serba sekilas tentang wow abiz dari DTW Desa Arjasari semoga menambah referensi. Jelajah seputar Bandung Selatan, ternyata ada yang lain. Boleh dikata ini sebagai counter dari daerah banjir Cieunteung yang kerap tergenang tatkala musim hujan tiba.

“Warga luar Bandung khususnya Jakarta bila Cieunteung banjir, muncul di mass media, dianggapnya Bandung Selatan semua banjir. Ternyata, tidak kan? Sekarang, lanjutkan ke Arjasari” tutup Akbar yang diamini Isur Suryana. Perbincangan terakhir ini muncul, ketika kami melewati daerah Banjaran sore itu menuju Bandung. (HS/SA/IS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Aktivis HAM Bandung di Taman Cikapayang, Pasang Aksi – “Dari Gulita Terbitlah Pelita …”

Aktivis HAM Bandung di Taman Cikapayang, Pasang Aksi – “Dari Gulita Terbitlah Pelita …”

destinasiaNews – Ibaratnya, jalan terang itu masih sebatas angan-angan. Padahal, reformasi di negeri ini telah muncul sejak 1998. Sempat kala...

Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

destinasiaNews – Suasana Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, hutan buatan seluas 4,5 ha, yang kini melebat kembali sejak ditanami...

Kasus Pembebasan Lahan PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Hadirkan Saksi dari Tergugat

Kasus Pembebasan Lahan PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Hadirkan Saksi dari Tergugat

  destinasiaNews -  Lanjutan sidang “pembebasan lahan” PLPR Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi di PTUN Bandung Jl. Diponegoro Bandung, nama resmi perkara...

Rahasia Kulit Cerah Bercahaya Dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Rahasia Kulit Cerah Bercahaya Dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence

DestinasiaNews – Hi Destiners, ada rahasia baru dari Wardah untuk kulitmu! Kali ini, Wardah meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Wardah White...

Bandung Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

Bandung  Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

destinasiaNews - Wow, urusan foto diri yang keren berharga terjangkau, di Bandung rasanya hanya satu. Ini dia  bidang usahanya, namanya...

Pengunjung

01607209
Hari ini
Kemarin
1080
2170