Wisata Edukasi MI Al-Inayah Bandung ke Teras Cikapundung: “Kotor saja Asyik, Apalagi Bersih!”

teci 3Destinasianews – Sebanyak 180 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Inayah Kota Bandung mengikuti kegiatan wisata edukasi ke Teras Cikapundung (TeCi), Babakan Siliwangi, Bandung, Selasa (02/10/2018). Suasana hening pun berganti seketika dengan adanya suara-suara keceriaan para siswa yang begitu antusias saat tiba di lokasi.

 

Kegiatan yang dipandu Komunitas Cikapundung tersebut, diawali pemutaran film dokumenter Cikapundung sebagai bekal informasi. Kemudian dilanjutkan menanam bibit sayuran, memungut sampah di bantaran sungai, dan menelusuri aliran sungai dengan perahu karet.

 

Teci 1Menurut Ayi Sumirat, salah seorang guru pembimbing dari MI Al-Inayah, kegiatan di luar kelas ini bertujuan untuk menyegarkan kembali para siswa selepas ujian tengah semester (UTS) dan memberikan pembelajaran berharga untuk mengenal lingkungan, khususnya wilayah sungai.

 

“Diikuti siswa dari kelas 1 sampai 3 sebanyak enam kelas totalnya. Sengaja kami mengajak anak-anak kelas tersebut karena masih rawan pengaruh negatif dari gadget. Lebih baik kan diisi dengan pembelajaran mengenal lingkungan, bagaimana menanam pohon, menjaga kebersihan, dan yang paling penting mereka membawa pesan kepada keluarganya untuk ikut melestarikan Sungai Cikapundung agar lebih baik lagi,” papar Ayi.

 

teci 2Masih menurutnya, hasil dari kegiatan tersebut seperti menanam pohon dengan polibag akan coba diterapkan di sekolah. Ayi juga berharap program wisata edukasi semacam ini akan terus berlanjut ke depannya.

 

Sementara itu, pihak Komunitas Cikapundung selaku pengelola harian kawasan Teras Cikapundung sangat merespon baik dengan kegiatan tersebut. Seperti diungkapkan Dian Nurdiana, perwakilan Komunitas Cikapundung, menilai kegiatan edukasi ini tersampaikan kepada generasi muda agar lebih peduli terhadap lingkungan Ckapundung atau di mana pun mereka berada.

 

teci 4“Mudah-mudahan generasi akan datang seperti mereka ini dapat melanjutkan pelestarian lingkungan, minimal satu atau dua di antara mereka jadi ahli untuk bisa mengedukasi masyarakat secara beruntun karena untuk membersihkan terus-menerus tidak akan ada beresnya. Harus melalui edukasi tiada henti untuk mengubah perilaku dan menyadarkan masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan lingkungannya,” papar Dian.

 

Ia pun berharap kepada guru-guru pendamping dari kegiatan tersebut dapat meneruskan edukasinya di lingkungan sekolah. Selain itu, Dian juga mengajak masyarakat umum lainnya untuk terus berupaya menjaga kelestarian lingkungan, minimal lokasi terdekat dengan rumah masing-masing.

 

“Terlihat kan tadi anak-anak begitu senang saat naik perahu meskipun keadaan air Cikapundung yang masih kotor karena butuh proses bertahun-tahun untuk mengubahnya menjadi bersih. Kotor saja asyik apalagi bersih,” tutupnya. Hayu atuh!*** (IG/SF)


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197630
Hari ini
Kemarin
3326
4485