Wisata Edukasi MI Al-Inayah Bandung ke Teras Cikapundung: “Kotor saja Asyik, Apalagi Bersih!”

teci 3Destinasianews – Sebanyak 180 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Inayah Kota Bandung mengikuti kegiatan wisata edukasi ke Teras Cikapundung (TeCi), Babakan Siliwangi, Bandung, Selasa (02/10/2018). Suasana hening pun berganti seketika dengan adanya suara-suara keceriaan para siswa yang begitu antusias saat tiba di lokasi.

 

Kegiatan yang dipandu Komunitas Cikapundung tersebut, diawali pemutaran film dokumenter Cikapundung sebagai bekal informasi. Kemudian dilanjutkan menanam bibit sayuran, memungut sampah di bantaran sungai, dan menelusuri aliran sungai dengan perahu karet.

 

Teci 1Menurut Ayi Sumirat, salah seorang guru pembimbing dari MI Al-Inayah, kegiatan di luar kelas ini bertujuan untuk menyegarkan kembali para siswa selepas ujian tengah semester (UTS) dan memberikan pembelajaran berharga untuk mengenal lingkungan, khususnya wilayah sungai.

 

“Diikuti siswa dari kelas 1 sampai 3 sebanyak enam kelas totalnya. Sengaja kami mengajak anak-anak kelas tersebut karena masih rawan pengaruh negatif dari gadget. Lebih baik kan diisi dengan pembelajaran mengenal lingkungan, bagaimana menanam pohon, menjaga kebersihan, dan yang paling penting mereka membawa pesan kepada keluarganya untuk ikut melestarikan Sungai Cikapundung agar lebih baik lagi,” papar Ayi.

 

teci 2Masih menurutnya, hasil dari kegiatan tersebut seperti menanam pohon dengan polibag akan coba diterapkan di sekolah. Ayi juga berharap program wisata edukasi semacam ini akan terus berlanjut ke depannya.

 

Sementara itu, pihak Komunitas Cikapundung selaku pengelola harian kawasan Teras Cikapundung sangat merespon baik dengan kegiatan tersebut. Seperti diungkapkan Dian Nurdiana, perwakilan Komunitas Cikapundung, menilai kegiatan edukasi ini tersampaikan kepada generasi muda agar lebih peduli terhadap lingkungan Ckapundung atau di mana pun mereka berada.

 

teci 4“Mudah-mudahan generasi akan datang seperti mereka ini dapat melanjutkan pelestarian lingkungan, minimal satu atau dua di antara mereka jadi ahli untuk bisa mengedukasi masyarakat secara beruntun karena untuk membersihkan terus-menerus tidak akan ada beresnya. Harus melalui edukasi tiada henti untuk mengubah perilaku dan menyadarkan masyarakat untuk lebih mencintai kebersihan lingkungannya,” papar Dian.

 

Ia pun berharap kepada guru-guru pendamping dari kegiatan tersebut dapat meneruskan edukasinya di lingkungan sekolah. Selain itu, Dian juga mengajak masyarakat umum lainnya untuk terus berupaya menjaga kelestarian lingkungan, minimal lokasi terdekat dengan rumah masing-masing.

 

“Terlihat kan tadi anak-anak begitu senang saat naik perahu meskipun keadaan air Cikapundung yang masih kotor karena butuh proses bertahun-tahun untuk mengubahnya menjadi bersih. Kotor saja asyik apalagi bersih,” tutupnya. Hayu atuh!*** (IG/SF)


emgz2

Artikel lain...

Ini Ujar Emil & Pegiat Lingkungan Hidup Dalam Evaluasi 1 Tahun Citarum Harum

Ini Ujar Emil & Pegiat Lingkungan Hidup Dalam Evaluasi 1 Tahun Citarum Harum

destinasiaNews – Bertempat di Graha Mangala Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (15/1/2019) berlangsung rapat evaluasi 1 tahun program Citarum Harum. Hadir dalam kesempatan...

Ada Pesan Mendalam di Film Preman Pensiun tentang Tanggungjawab

Ada Pesan Mendalam di Film Preman Pensiun  tentang Tanggungjawab

destinasiaNews - Pemain Preman Pensiun Serbu Bandung bersama Gubernur Jawabarat dan wakil Walikota Bandung nonton bareng, MNC Pictures menggelar Gala...

Persib Legend Ke Eka Santosa, Minta Temui Ridwan Kamil - Benahi Kisruh KONI Jabar!

Persib Legend Ke Eka Santosa, Minta Temui Ridwan Kamil - Benahi Kisruh KONI Jabar!

destinasiaNews  – Abah Landoeng (93) saksi sejarah ketika Persib berdiri pada tahun 1933, kala itu masih berusia 9 tahun di Bandung....

Gerakan Hejo Temui Ridwan Kamil – “Jangan Asyik Main Sendiri!”

Gerakan Hejo Temui Ridwan Kamil – “Jangan Asyik Main Sendiri!”

destinasiaNews – Gedung Pakuan rumah dinas Gubernur Jabar yang terletak di Jl. Cicendo No. 1 Kota Bandung, yang kini ditempati...

Hasil Lomba Digital Kominfo Pramuka Jabar 2018

Hasil Lomba Digital Kominfo Pramuka Jabar 2018

DestinasiaNews - Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat sudah memilih dan menentukan juara Lomba Digital Pramuka Jabar 2018. Lomba yang...

Pengunjung

02908439
Hari ini
Kemarin
1055
1009