BPNB Jabar Gelar Jejak Tradisi Daerah Ciamis

jetrada 2018 1Destinasianews – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat menggelar kegiatan “Jejak Tradisi Daerah 2018” ke wilayah Kabupaten Ciamis. Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 26 – 28 April 2018.

 

Jetrada 2018 tersebut diikuti sebanyak 150 peserta yang terdiri dari siswa tingkat SMA/SMK-sederajat dan para guru pembimbing. Mereka mewakili sekolah-sekolah yang berada di empat wilayah kerja BPNB Jabar, meliputi Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan Lampung.

 

jetrada 2018 2Rombongan pun dilepas secara resmi Kepala BPNB Jabar, Jumhari di Kantor BPNB Jabar, Jalan Cinambo No. 136, Ujungberung, Bandung. Setelah melepas rombongan, Jumhari tak ikut serta dalam perjalanan Jetrada kali ini karena harus menghadiri lokakarya di Kota Bandung.

 

Dalam sambutannya, Jumhari hanya berpesan dan berharap kepada para peserta Jetrada untuk mengikuti semua kegiatan secara tertib. “Saya juga berharap agar kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan semua peserta berada dalam keadaan yang sehat semua sampai kegiatan beres,” ujarnya.

 

Sementara itu, Ketua Panitia Jetrada Ciamis, Irvan Setiawan menyebutkan, kegiatan kali ini akan berkunjung ke empat lokasi, yakni daerah Sukamantri yang memiliki tradisi seni Bebegig dan kesenian Gembyung, Kampung Angklung, Situs Karang Kamulyan dan sentra kuliner khas Galendo.

 

“Dari tiga objek budaya tersebut, kami utamakan seni tradisi Bebegig untuk diperkenalkan kepada para siswa karena seni ini sekarang sedang didaftarkan sebagai warisan budaya tak benda Nasional yang dimiliki Ciamis dan Jawa Barat,” terang Irvan di sela-sela keberangkatan rombongan.

 

jetrada 2018 3

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih tiga jam, peserta pun tiba di Kantor Kecamatan Sukamantri. Di sana mereka disambut dan diarak Bebegig serta alunan kesenian Gembyung menuju ke balai desa. Dari situ peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan observasi dan penelitian seni Bebegig dan Gembyung dari mulai sejarah, pembuatan, dan penampilan kesenian tersebut.

 

Malam harinya, bertempat di Hotel Tiara, Ciamis, peserta mengikuti seminar panel mengenai pengenalan BPNB Jabar, potensi daerah dan budaya Ciamis. Dengan pemateri diantaranya Agus Setiabudi S.Ip Kasubag TU BPNB Jawa Barat, Kabid Kebudayaan Disbudpora Kab. Ciamis, Dede Hermawan, serta Miming Mujamil selaku Kasi kebudayaan Disbudpora Kab Ciamis.

 

Selanjutnya pada hari kedua diisi dengan kegiatan mengunjungi sentra kuliner khas Ciamis yaitu Galendo di Jl. Kapten Harsono Sudiro No. 60, Dusun Cilame, Desa Cigembor, Kab. Ciamis. Para peserta diajak melihat secara langsung pembuatan galendo yang berbahan dasar kelapa tersebut.

 

jetrada 2018 4Kemudian perjalanan dilanjutkan ke Kampung Angklung di Desa Panyingkiran, Kab. Ciamis. Di sana peserta belajar membuat dan memainkan angklung. Setelah kembali ke hotel, peserta pun menyiapkan aksi pentas seni berkelompok pada malam harinya.

 

Di hari terakhir, rombongan berkunjung ke Situs Budaya Karang Kamulyan (Ciung Wanara). Di lokasi seluas 25 Ha tersebut, peserta berkelilingi untuk mengenal dan observasi langsung situs-situs peninggalan budaya dari Kerajaan Galuh pada zaman Ciung Wanara. Di sana terdapat sembilan situs, diantaranya Pangcalikan, Tempat Sabung Ayam, Sanghyang Bedil, Cikahuripan, Lambang Peribadatan, Panyandaan, Pamangkonan, Makam Adipati Panaekan, dan Patimuan.*** (IWN)


emgz2

Artikel lain...

Yana Mulyana Apresiasi Revitalisasi Gang Cikapundung RW 08 Kel. Braga Bandung sebagai DTW di Gelaran CSR WEGE

Yana Mulyana Apresiasi Revitalisasi Gang Cikapundung RW 08 Kel. Braga Bandung sebagai DTW di Gelaran CSR WEGE

  destinasiaNews  - Yana Mulyana Wakil Walikota Bandung mengapresiasi rintisan pembangunan atau revitalisasi Teras Braga di gelaran Corporate Social Responsibility...

Satgas Citarum Harum Sektor 21- 02 Giat Rutin di Sungai Citarik Dan Cikeruh

Satgas Citarum Harum Sektor 21- 02 Giat Rutin di Sungai Citarik Dan Cikeruh

destinasiaNews –Agenda kegiatan Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 02 Cileunyi, Selasa (15/10/2019) tetap semangat bergiat melaksanakan tugas rutinnya...

Maliq & D'Essentials Tutup Rangkaian The Papandayan Jazz Fest 2019 dengan Sempurna

Maliq & D'Essentials Tutup Rangkaian The Papandayan Jazz Fest 2019 dengan Sempurna

destinasiaNews – Hari terakhir The Papandayan Jazz Fest 2019 memicu antusias para penikmat musik tanah air. Tidak hanya dari kota Bandung,...

Jurnalis Bela Negara Sambangi Pabrik Air Minum Viva Celebrity – Pelihara & Tingkatkan Kerjasama

Jurnalis Bela Negara Sambangi Pabrik Air Minum Viva Celebrity – Pelihara & Tingkatkan Kerjasama

destinasiaNews – Dise-sela jadwal harian yang cukup padat, rombongan yang tergabung dalam ‘perkumpulan’  Jurnalis Bela Negara (JBN), akhirnya  meluangkan waktu menyambangi...

MWA Unpad Lantik Rina Jadi Rektor, Atip Latipulhayat di PTUN Bandung - Tidak Sah, Batal Demi Hukum

MWA Unpad Lantik Rina Jadi Rektor, Atip Latipulhayat di PTUN Bandung - Tidak Sah, Batal Demi Hukum

destinasiaNews  – Suasana ruang sidang di PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) di Jl. Diponegoro No. 34 Kota Bandung, pada Selasa,...

Pengunjung

04221306
Hari ini
Kemarin
2620
5351