BPNB Jabar Selenggarakan Jetrada 2019 ke Cirebon dan Indramayu

jetrada 2019 2Destinasianews – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat kembali menggelar kegiatan rutin tahunan Jejak Tradisi Daerah (Jetrada) ke daerah Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Indramayu. Kegiatan yang berlangsung 12 – 14 Maret 2019 ini, diberi tema “Mengenal Tradisi dan Ekspresi Budaya Kabupaten Indramayu dan Cirebon”.

 

Diikuti sekitar 150 peserta yang didominasi siswa SMA/SMK dan guru pendamping. Mereka merupakan perwakilan dari sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK yang berada di wilayah kerja BPNB Jabar yang meliputi Provinsi Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan Lampung.

  

Rombongan peserta dilepas secara resmi Kepala BPNB Jabar, Jumhari di Kantor BPNB Jabar, Jalan Cinambo No. 136, Ujungberung, Bandung, Selasa (12/03/2019) pagi. Jumhari dalam sambutannya berpesan dan berharap kepada para peserta Jetrada untuk mengikuti semua kegiatan secara tertib.

jetrada 2019 3“Kepada para peserta mohon ikuti semua kegiatan dengan tertib dan saya berharap agar kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan dan semua peserta berada dalam keadaan yang sehat semua sampai kegiatan beres,” ujarnya.

 

Dalam Jetrada 2019 ini, para peserta diajak berkunjung dan mengenal secara langsung objek-objek budaya yang berada di Cirebon dan Indramayu. Diantaranya Sentra Gerabah Desa Sitiwinangun, Kab. Cirebon; Kebuyutan Trusmi Cirebon; Batik Paoman Indramayu; Sanggar Seni Nyimas Mayangsari Kab. Cirebon; dan Sentra Batik Trusmi.

 

Di hari pertama, para peserta berangkat dari Bandung langsung menuju Desa wisata Sitiwinangun, Jamblang, Kabupaten Cirebon yang merupakan desa penghasil gerabah. Di sana selain mengenal dan melihat proses pembuatan gerabah, peserta juga diajak untuk mencoba membuat sendiri gerabah berbentuk topeng. Kemudian dilanjutkan ke situs Kramat Buyut Trusmi di Desa Trusmi Wetan, Kabupaten Cirebon.

Jetrada 2019 4Selanjutnya di hari kedua, rombongan menuju Batik Paoman di daerah Indramayu. Peserta menuju galeri Batik Paoman Art milik Hj. Siti Ruminah Sudiono. peserta diberikan penjelasan mengenai sistem teknologi tradisional Batik Paoman, mengenal ragam hias, dan praktik membatik.

 

Pada hari terakhir, kegiatan dilanjutkan di Sanggar Seni Nyimas Mayangsari, di Desa Bojong Lor, Sumber, Kab. Cirebon. Rombongan pun disambut upacara adat dan tarian khas, kemudian disuguhi penampilan seni Sintren khas Cirebon. Di tempat ini pula kegiatan Jetrada 2019 ditutup secara resmi setelah sesi presentasi materi kegiatan dari para peserta secara kelompok.*** (SF)


emgz2

Artikel lain...

Ketum IPSI KBB Asep Hendra: Tingkatkan Prestasi Atlet Silat

Ketum IPSI KBB Asep Hendra: Tingkatkan Prestasi Atlet Silat

destinasiaNews - Pelantikan Pengurus dan rapat kerja pengcab IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kabupaten Bandung Barat periode 2020-2024 bertempat di...

Forum Zakat Salurkan Ratusan Miliar Dana Publik Masyarakat Selama COVID-19

Forum Zakat Salurkan Ratusan Miliar Dana Publik Masyarakat Selama COVID-19

destinasianews.com -- Forum Zakat (FOZ) selaku asosiasi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) yang beranggotakan 154 lembaga berbasis pemerintah (BAZNAS) maupun masyarakat...

Aksi Damai Jurnalis Bela Negara di Kantor bank bjb, Mengundang Perhatian Pengguna Jalan

Aksi Damai Jurnalis Bela Negara di Kantor bank bjb, Mengundang Perhatian Pengguna Jalan

  destinasianews – Sejumlah awak media yang tergabung dalam wadah Jurnalis Bela Negara (JBN) menggelar Aksi Damai di pelataran bank...

Lebih Dekat dengan Microgreen

Lebih Dekat dengan Microgreen

DestinasiaNews - Dari istilahnya yang masih asing tapi akrab, kita dapat dengan mudah mengartikan microgreen adalah sesuatu yang mungil dan...

Battlefield Tour Menjoesoeri Djedjak Pertempoeran Waringin di Bandoeng

Battlefield Tour Menjoesoeri Djedjak Pertempoeran Waringin di Bandoeng

DestinasiaNews - Pariwisata belakangan ini semakin diminati dengan ragam segmen tur yang ditawarkan. Namun dalam pengembangan segmen pariwisata minat khusus...

Pengunjung

06067242
Hari ini
Kemarin
1279
2885