Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

Fisip 1

destinasiaNews - Usai pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 27/6/2018 lalu, Tim Peneliti dari Pusat Studi Politik dan Demokrasi FISIP Universitas Padjadjaran (Unpad) yang terdiri dari Ari Ganjar Herdiansah, S.Sos., M.Si., Ph.D; Dr. Widya Setiabudi S, S.IP., M.T., M.Si (Han) dan Dr. Yusa Djuyandi,S.IP., M.Si., menggelar Diskusi Politik bertemakan, “Perilaku Memilih Pada Pilgub Jabar 2018”, berlangsung di Gedung E Kampus FISIP Unpad Jalan Bukit Dago Utara Nomor 25 Kota Bandung, Selasa, 10/7/2018.

Menurut Kepala Pusat Studi Politik dan Demokrasi Universitas Padjadjaran Ari Ganjar Herdiansah, S.Sos., M.Si., Ph.D , mengatakan bahwa para pemilih pada Pilgub Jabar 2018, di beberapa daerah Kota/Kabupaten Jabar beragam dan cenderung para pemilih ini rasional.

Seperti kita ketahui bersama bahwa pasangan nomor urut satu, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) unggul hampir di seluruh Kabupaten/Kota (27) di Jabar, kecuali di Depok dan Kabupaten Bogor, kata Ari sapaan akrab Ari Ganjar Herdiansah.

“Artinya mayoritas para pemilih pasangan Rindu ini, karena mereka ini percaya kepada kepemimpinannya, percaya kepada program-program yang akan digulirkan, berpengalaman serta mampu akan membawa perubahan di Jabar,” kata Ari. “Saya kira dalam pemilu ke depan tren seperti ini bisa dipertahankan”, jelas Ari menambahkan.

Fisp 2

Jika dikaitkan dengan Pilpres 2019 karakteristik para pemilih seperti di Jabar ini, Ari mengungkapkan, meskipun ini masih hasil awal tetapi hal ini bisa menjadi indikasi bahwa untuk pilpres kedepan para pemilih di Jabar, akan melihat pigur yang bisa membawa perubahan, bisa membawa keadaan yang lebih baik terutama, dari sisi program kerja, mana yang menawarkan program kerja yang lebih baik, mana yang menawarkan bukti nyata yang lebih baik, papar Ari

“Meskipun demikian, kita tahu bahwa sentimen yang mengiinkan ganti presiden baru, di Jabar masih tinggi. Nah jadi, di satu sisi mereka rasional melihat kepada program kerja bukti nyata program pemerintahan di sisi lain ada sentimen itu juga, oleh kerena itu, untuk ke depan di Jabar masih tergantung kepada isu-isu yang berkembang, beber Ari.

“Apabila kandidat yang dari petahana bisa memberikan, meyakinkan bahwa buki nyata dan kinerja bisa dirasakan oleh mayarakat, maka bukan hal tidak mungkin para pemilih Jabar yang dominan rasional akan memilih mereka”, pungkasnya. (HRS/dtn)

Add a comment

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

Silaturahmi Partai Berkarya 1destinasiaNews – Berlokasi di Kawasn Ekowisata dan Budaya Alam Santosa tepatnya di Pasir Impun, Cimenyan Kabupaten Bandung, ngaring (berkumpul) sejumlah bakal calon legislatif DPRD dan DPR RI dari Partai Berkarya untuk daerah pemilihan Jawa Barat (7/6/2018). “Ini kesempatan terbaik bagi para bacaleg sebelum tanggal 17 Juli 2018, kami berikan pengarahan. Di pertemuan ini, rasanya sudah siap memberikan kader terbaik bagi legislatif di Jabar dan pusat (DPR RI). Makanya digodok kader terbaik itu di sini,” kata Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar.

 

Sementara itu Basri Cako, Ketua DPP Partai Berkarya sebagai anggota Kodapil 2 (Banten, DKI Jaya, dan Jabar) melihat antusias bacaleg yang hadir hari itu di Alam Santosa Pasir Impun:”Merasa gembira, melihat peserta kali ini. Secara kuantitatif malah melebihi jumlahnya. Bersama Kang Eka dan pengurus DPW sedang diolah. Ini indicator positif, untuk pencapaian target kami di legislatif pada Pemilu 2019".

 

Dalam kesempatan yang sama Ketua Bappilu DPW Partai Berkarya Jabar Marwan Effendi, menjelaskan hingga hari ini terdaftar bacaleg DPR RI laki-laki 96 orang, perempuan 33 orang. Sementara untuk bacaleg DPRD Provinsi terdaftar 93 orang, dan perempuan 37 orang. “Secara kuantitatif kami kelebihan. Bacaleg DPR RI kelebihan 38 orang, dan bacaleg DPRD kelebihan 10 orang. Ini di luar dugaan, kita pastikan solusinya segera".

 

Perihal kelebihan jumlah bacaleg ini menurut Dekanesia, Ketua Kesekretariatan Bappilu DPW Partai Berkarya Jabar disela-sela memberikan penjelasan face to face ke para bacaleg: ”Sedang diolah semuanya, berkasnya sebelum 14 Juli 2018, secara internal kita urutkan demi penyerahan ke KPUD pada 17 Juli".

 

Silaturahmi Partai Berkarya 2

Pencerahan

 

Secara acak dua bacaleg asal DPD Kabupaten Tasikmalaya untuk Dapil Jabar 15, Imas Rosidah S.Pd , dan Asep Ruhimat, SH, keduanya mengaku berprofesi sebagai wiraswasta di daeah asalnya,, merasa tercerahkan hadir di Alam Santosa hari ini.

 

“Penjelasannya tuntas, sangat memudahkan kami untuk nyaleg,” jelas Imas Rosidah yang dikenal sebagai pemenang “Pelopor Nasional 1996” bidang pertanian di daerahnya.

 

Hal lain yang terungkap pada pertemuan ini, Eka Santosa mengumumkan secara terbuka pengangkatan Kombes Purn. Polri Suherman yang sehari-hari di kepengerusan DPW Partai Berkarya Jabar sebagai Anggota Dewan Pembina, hari itu secara aklamasi ditunjuk sebagai Ketua Garda DPW Partai Berkarya Jabar.

 

“Setuju kan, kita angkat Pak Suherman ini? Untuk mengamankan partai kita berkiprah di Jabar dan nasional perlu tenaga khusus,” seru Eka Santosa yang diamini segenap hadirin di area Bale Gede, Julang Ngapak di Alam Santosa.

 

Di luar penunjukan Ketua Garda di atas, sebelumnya diumumkan untuk kedua kalinya secara resmi pengesahan susunan pengurus DPW Partai Berkarya Jabar 2017 – 2022, intinya membatalkan SK. 32/DPP/BERKARYA/VIII/2017 dan mengesahkan penggantinya sesuai SK.022/DPPBERKARYA/VI/2018 tanggal 8 Juni 2018. SK baru ini ditandatangani Ketua Umum Partai Berkarya H. Hutomo Mandala Putra, S.H, serta Sekertaris Jenderal Partai Berkarya Drs. H. Priyo Budi Santoso,M.AP.

 

Tercantum dalam kepengurusan baru ini Dewan Penasehat Kol TNI AD (purn) Drs. H Mahmud Jamil; Wakil Ketua H. Hidayat Jaeni; Sekertaris H. Memet H Hamdan, SH, MSc; dengan anggota Ir. Robin Goeltom; Kol. TNI AU (Purn) DP Hutabarat: Kombes Pol. (Purn) HN Suherman, SH; dan Kol. TNI AL (purn) Priono.

 

Dewan Pakar terdiri atas Ketua KH. DR. Tata Mutaqin, M.Sc; Wakil Ketua Brigjen TNI AD (Purn) DR Nasep M.Si; Sekertaris Kombes Pol (Purn) Drs. Mitra Setiadi; dengan anggota Kombes Pol. (Purn) Drs. Regina; Yan Rizal Usman; Iwan Ridwan Empon Wikarta, SH; dan Letkol TNI AD (Purn) Sugiono.

 

Dewan Pengurus terdiri atas Ketua Drs. H Eka Santosa; Wakil Ketua terdiri atas Kol. TNI AD (Purn) H.A Fahri Syahiro Airo, SIP, MM; Kombes Pol (Purn) Drs. Endang Suhartati; Kol. TNI AU (Purn) Nanang Sulaeman, Apt; Nanang; dan Deni Tudirahayu, Ssn.

 

Sekertaris Drs. H Dadang Ekadireja; Wakil Sekertaris terdiri atas Letkol TNI AD (Purn) Endang YS; Drs. Azhari MM; Aef Alamsyah, SE; Sri Royani SS; dan Drs. Tjutju Syachrum.

 

Bendahara Drs. H. Marwan Effendi, SH, M.Si; Wakil Bendahara terdiri atas Yonsah Minanda SH, MH; Didiet Arry Suparno SE; Ika Kartika, S.Sos; dan Rachma Sutanty.    

“Melengkapi kepengurusan di atas di bawahnya terdapat 26 Kepala Biro,” pungkas Dadang Ekadireja.***(HS/IG)

Add a comment

Halal Bihalal Ormas BBC Bagian Upaya Membangun Jalinan Komunikasi

IMG 20180708 WA0035
destinasiaNews, Bandung - Para pendiri BBC dihadiri ribuan anggota dan masyarakat, gelar Halal Bihalal dan silaturahmi antar Ormas BBC yang berlangsung di Kawasan CFD Buah Batu, Jalan.Gajah, Minggu (8/7/2018).
 
Ketua Umum BBC, Mugi Sujana mengatakan melalui silaturahmi ini diharapkan terjalin silaturahmi lebih erat lagi,  serta meningkatkan hubungan emosional lebih harmonis antara pendiri dengan Ormas BBC.
 
BBC tumbuh besar seperti sekarang, bukan BBC menjadi Ormas melainkan BBC membuat Ormas sebagai salah satu produk BBC, ujar Kang Ugi Sapaan akrab Ketum BBC.
 
Pendiri BBC adalah 12 Small Grup yang ada di BBC, karena sering terjadi salah pengertian bahwa BBC jadi Ormas adalah salah besar, tandas Mugi, yang didampingi jajaran pengurus.
 
“Yang betul adalah Grup BBC adalah Owner yang mendirikan Ormas BBC yang kini ada di seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Barat”, ungkap Ugi.
 
Terkait suksesnya penyelenggaraan Pilkada di Jawa Barat, Mugi mengapresiasi kerja besar semua yang terlibat , baik itu KPU, Panwaslu serta seluruh masyarakat Jawa barat.
 
Ketum BBC berharap, siapapun Gubernur Jawa Barat terpilih “kudu nyaah ka masyarakat Jawa Barat, jeung ulah korupsi”, pungkasnya.
 
Halal Bihalal dan Silaturahmi ini dihadiri pula oleh Imam Harmanto , Ketua Kadin Jabar Agung Suryamal, para sesepuh BBC Tempo Doeloe, anggota BBC dari Kabupaten/Kota di Jawa Barat, serta masyarakat yang sedang menikmati CFD Buah Batu.
 
Agung Suryamal dalam kesempatan tersebut mengapresiasi Halal Bihalal BBC, sebagai bagian dari upaya membangun komunikasi.
 
“Saya sebagai warga di Buah Batu, berharap komunikasi ini terus dijalin supaya hubungan silaturahmi dan hubungan kebaikan bisa terjalin sepanjang masa”, kata Agung.
Add a comment

LAKSI Apresiasi Kinerja Pj Gubernur Jabar - Pilkada Jabar Aman, Lancar dan Netral

IMG 20180704 175306
destinasiaNews - Meski diawali pro dan kontra saat Mendagri melantik Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan, kini LSM dari Jabar, Lembaga Advokasi Kajian Strategis Indonesia (LAKSI) memberikan apresiasinya mengenai kinerja Pj Gubenur Jabar.
 
“Sebagai Pj Gubenur Jabar, beliau selalu memberikan intruksi kepada jajarannya di pemda sampai tingkat kelurahan untuk menjaga anggota PNS dari sikap yang tidak netral dalam pemilu,” tutur Azmi dari LSM LAKSI kepada SwaraSenayan (3/7/2018).
 
Menurut Azmi,  M.  Irawan telah berulang kali mengemukakan kepada para aparatur negara di Jabar untuk mengawal pesta demokrasi di daerah yang sangat luas ini untuk menjaga keamanan dan ganguan dalam pesta demokrasi tersebut.
 
Hasilnya, Azmi menilai kinerjanya tersebut terbukti memberikan dampak yang baik dalam pelaksanaan pilkada sehingga hari pencoblosan dan hasil penghitungan suara relatif tidak adanya ganguan keamanan yang signifikan.
 
Karena itu, LAKSI menilai bahwa penunjukan Komisaris Jenderal (Komjen) Mochammad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat sangatlah tepat dan terbukti bahwa kecurigaan terhadap beliau tidak dapat menjaga netralitas dalam pemilu ternyata tidak terbukti.
 
“Beliau memberikan contoh yang baik bagi pejabat negara yang dapat memegang amanah dan mampu menjaga netralitas pilkada,” tegas Azmi.
 
Azmi juga menegaskan bahwa Iriawan itu programnya menjaga netralitas aparatur negara dalam penyelenggaraan pilkada Jabar. Selain menjamin netralitas dan tidak akan konflik kepentingan. Jika tidak netral siap ditarik menjadi Pj Gubernur.
 
“Karena netralitas dan keprofesionalan Iriawan sudah terbukti saat masih menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya. Sikap itu ditunjukkan ketika mampu mengamankan ibu kota saat berlangsungnya pilkada serentak 2017 lalu,” ungkap Azmi.
 
Azmi meniliai netralitas seorang M.  Iriawan selaku Pj Gub Jabar tak usah diragukan. Dia orang yang profesional, masyarakat Jabar bangga memiliki sosok yang mampu bekerja sesuai harapan dari masyarakat Jabar. Komjen Iriawan orang yang sangat dekat dengan masyarakat Jawa barat, beliau orang Jawa Barat dan pernah jadi Kapolda Jawa Barat.
 
“Tentunya masyarakat mengapresiasi kemampuan leadership beliau dalam memimpin Jabar,” kata Azmi.
 
Untuk tingkat partisipasi, Azmi menyebut dalam pemilu angkanya cukup signifikan. Dari laporan Desk Pilkada Pemprov Jabar, angka partisipasi masyarakat pada Pilgub Jabar 2018 mencapai 71 persen.
 
“Partisipasi masyarakat di perbatasan juga signifikan seperti Depok asalnya 54 persen jadi 69 persen. Kota Bekasi luar biasa di atas 70 persen,” katanya.
 
Kondisi ini memperlihatkan suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan di Jabar. Semua pihak mulai dari KPU, Bawaslu, pemerintah, aparat keamanan dan pihak lainnya ikut berkontribusi menyukseskan Pilkada serentak 2018.
 
“Saya kira sumbangsih semua pihak suasana Pilgub yang kondusif dan kredibilitas penyelenggara memengaruhi meningkatnya partisipasi pemilih,” tandasnya.
 
Selain itu aparat keamanan telah mengantisipasi adanya gangguan teror dan serangan fajar (money politic) jelang pencoblosan Pilkada Jabar 2018 ini dengan meningkatkan kewaspadaan.
 
Sebagai Pj Gubernur Jabar, menurut Azmi, M Irawan telah melakukan komunikasi dan silaturahmi dengan pemuka agama, tokoh budaya di Jawa Barat. Ini membuktikan bahwa keamanan di Jabar telah dijaga bersama-sama dengan melibatkan unsur masyarakat.
 
“Semoga dengan adanya dukungan ini kepada kepemimpinan Pj Gubernur Jabar kami berharap masyarakat Jabar dapat terus menjalin persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa,  dan kami berharap pemilu ini mampu memberikan contoh yang baik bagi daerah lain dalam rangka menjaga hasil dan nilai-nilai demokrasi,” tegas Azmi.
 
Sebagai bagian dari masyarakat Jabar, LAKSI memberikan terima kasih atas kinerja Pj Gubernur Jabar dan masyarakat dalam menjaga kedamaian dan keamanan dalam pemilu ini.
Add a comment

LAKSI Mendukung Kinerja Kapolda Jabar Untuk Menjaga Netralitas Anggota Polri di Pemilu

IMG 20180704 WA0087
destinasiaNews - Melalui siaran pers nya yang di layangkan ke beberapa media online aktifis Laksi ini  memberikan apresiasinya mengenai kinerja jajaran Polda Jabar yang di pimpin oleh irjen Pol. Agung Budi Maryoto, memberikan intruksi yang cukup jelas kepada jajarannya sampai ke tingkat polsek untuk  menjaga anggotanya dari sikap yang tidak netral dalam pemilu,  kapolda jabar telah berulang kali mengemukakan kepada para anggota untuk mengawal pesta demokrasi di daerah yang sangat luas ini untuk menjaga keamanan dan ganguan dalam pesta demokrasi tersebut.  
 
Hal itu di katakan Ketua LAKSI 
( Lembaga Advokasi Kajian strategis Indonesia) Azmi H yang telah memantau persiapan dari pihak Kepolisian di beberapa daerah Jabar, terbukti intruksi kapolda Jabar Irjen Pol.  Agung Budi Martoyo telah tersosialisasikan dengan baik di tiap polres dan polsek seluruh Jabar. Dan para anggota polri di jabar sangat memegang teguh amanat ini,  sehingga masyarakat di jawa barat cukup bangga dengan kepemimpinan  kapolda jabar ini.                  
 
Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Martoyo Ia telah berulangkali berpesan pada anggotanya untuk menjaga netralitas Polri.
 
Selain itu polisi  telah mengantisipasi adanya gangguan teror dan serangan fajar jelang pencoblosan Pilkada Jabar 2018 ini dengan meningkatkan kewaspadaan.
 
"Sesuai dengan arahan Kapolri agar meningkatkan kewaspadaan kesiapsiagaan. Setiap ada kegiatan apapun juga termasuk pengamanan pilkada tentunya akan dilakukan langkah-langkah preventif," tegas kapolda yang angkatan 87 ini.
 
Sebagai Kapolda Jabar juga telah berhasil melakukan komunikasi dan silaturahi dengan pemuka agama,  dan tokoh budaya di jawa barat,  dan ini membuktikan bahwa keamanan di Jabar telah di jaga bersama-sama dengan melibatkan unsur masyarakat, semoga dengan adanya dukungan ini kepada kepemimpinan kapolda Jabar kami berharap masyarakat jabar dapat terus menjalin persatuan dan kesatuan sebagai anak bangsa,  dan kami berharap pemilu ini mampu memberikan contoh yang baik bagi daerah lain dalam rangka menjaga hasil dan nilai- nilai demokrasi,  kami sebagai rakyat jabar memberikan terima kasih atas kinerja kepolisian dan masyarakat dalam mensukseskan pemilu semoga lahirnya pemimpin yang baru dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat jawa barat.[SA]
 
Add a comment


emgz2

Artikel lain...

Masyarakat Akuakultur Indonesia Helat International Confrence Aquaculture Indonesia 2018 di Yogyakarta

Masyarakat Akuakultur Indonesia Helat International Confrence  Aquaculture Indonesia 2018 di Yogyakarta

destinasiaNews – Untuk kesekian kalinya Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI), kembali menggelar Konferensi Internasional ‘ICAI 2018 - International Conference of Aquaculture...

Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

destinasiaNews - Usai pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 27/6/2018 lalu, Tim Peneliti dari Pusat Studi Politik...

Crown Group Pasarkan Hunian Vertikal ke Indonesia

Crown Group Pasarkan Hunian Vertikal ke Indonesia

destinasiaNews – Sebuah perusahaan terkemuka dari Australia, yang memiliki se-gudang pengalaman dan penghargaan yaitu Crown Group Holdings (Crown Group), merupakan...

TUNA LOVERS at EMPAT DARA 2

TUNA LOVERS at EMPAT DARA 2

destinasiaNews – Destiners, khususnya bagi yang tinggal di daerah Sukabumi – Jawa Barat, apalagi yang mengaku Tuna Lovers, sudahkah mencoba...

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

destinasiaNews – Berlokasi di Kawasn Ekowisata dan Budaya Alam Santosa tepatnya di Pasir Impun, Cimenyan Kabupaten Bandung, ngaring (berkumpul) sejumlah...

Pengunjung

02267854
Hari ini
Kemarin
3167
3544