SMPN 1 Cilengkrang Kab. Bandung Perkenalkan Mulok Pertanian & Kewirausahaan ke Solihin GP: “Teruskan Nak pake Rakgantang Jilid Dua”

ciporeat 1

DestinasiaNews –  Nun jauh di puncak “gunung” di Kampung Pasir Jirak Desa Ciporeat Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat, sejak 2012 kini tampak semakin hijau suasananya. Salah satu pelopornya, tokoh setempat Joni Siswandi dan Rahmat Kurnia. Keduanya, tak lelah membina Kelompok Tani Kahuripan ll.

“Bertahap kami lakukan PMDHM (Pemberdayaan Masyarakat Desa Hijau Mandiri). Termasuk diikutsertakan SMPN l Cilengkrang. Murid dan gurunya terlibat pada pengelolaan pasca panen. Tanaman kopi salah satunya”, kata Joni Siswandi dalam kesempatan berbincang di sela-sela acara Soft Launching Rakgantang (10/9/2016) di Ciporeat. Yang istimewa Ciporeat yang berada di daerah pegunungan, hadir tokoh Jawa Barat Solihin GP (91).

 

ciporeat 5Menariknya pula, Solihin GP kala itu didampingi pengurus inti DPKLTS (Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda) Dr. Mubiar Purwasasmita dan Dr. Supardiyono Sobirin. Kepada destnasiaNews mereka sangat mengapresiasi prakarsa siswa dan guru SMPN l Cilengkrang, ”Saya lihat tadi para siswa SMP itu terampil melayani pengunjung di stand kopi. Itu bagus untuk generasi muda, kembalilah geluti dunia pertanian. Teruskan nak pake Rakgantang Jilid Dua”.

 

Muatan Lokal

 

ciporeat 2Sejauh pengamatan pada acara Soft Launching ini,  stand SMPN l Cilengkrang yang bersebelahan dengan stand Palalangon Farm yang memperkenalkan produk susu sapi dan kambing, kerap diserbu puluhan pengunjung. Dengarkanlah, aneka tanya maupun komentar dari pengunjung seakan berhamburan - “Berapa puluh siswa yang terlibat pada pembuatan kopi ini. Wah, rasa kopinya enak dan murni. Siapa guru pembinanya? Sudah dijual kemana kopi ini ?”.

Yang membanggakan, hampir semua sisiwa dan guru-guru pendamping yang berada di stand ini sigap menjawab semua keingintahuan para pengunjung. “Memang kami sudah dilatih oeh para guru sebelumnya, untuk menghadapi pengunjung”, jelas salah satu siswa sembari  tangannya sigap melayani keingintahuan pengunjung – Dik ini betulkah kopi hasil olahan para siswa SMP?

 

“Mau mencoba rasa kopi kami? Pakai gula atu tidak? Tunggu sebentar ya, airnya kami panaskan dulu …”, itu kata beberapa siswa lainnya siswi dengan nada ramah khas warga Ciporeat yang serba terbuka. Praktis hari itu, siapa pun yang mengunjungi stand ini akan beroleh jamuan kopi olahan yang lain dari yang lain rasa nikmatnya.

 

“Hebat ya, baru SMP sudah bisa mengolah kopi. Kalau hasilnya di bawa ke kota pasti diserbu orang”, kata Stefan (32) pengelola salah satu café di Jl. Ir. H. Juanda kota Bandung. Tak kurang pengunjung selain Stefan pun sempat bertransaksi untuk kopi olahan khusus ini. Hari itu, kopi olahan siswa SMPN l Cilengrang menjadi buah bibir para pengunjung event langka di “tanah tinggi” Ciporeat.

 

Tuturan Ibu Guru Lina

 

Mau tahu alkisah SMPN 1 Cilengkrang yang punya mulok “pengolahan kopi” yang patut dibanggakan itu? Menurut para guru di sekolah ini, muasalnya dirintis sejak 2014:”Asalnya atas prakarsa Ibu Lisde Sulistiawati, M.Pd. selanjutnya dilakukanlah pembibitan dan pembenihan kayu, lalu 2015 menggarap sayuran juga kopi. Ini bekerjasama dengan petani setempat yang menanam kopi. Tak jarang petani itu para orang tua siswa atau kerabatnya”. 

Babakan baru program mulok ini, salah satu puncaknya pada 7 September 2016 sekolah ini dianugrahi penghargaan oleh Bupati Bandung, Dadang M Naser. Kala itu diberikan bertepatan Hari Lingkungan Hidup di Gedung Sabilulungan Kabupaten Bandung. Tercatat dalam program mulok ini ada nama-nama Drs. Petrus Joko Purwanto, dan anggotanya Lina Herlina S.Pd., serta Dewi Sopiah, S.Pd. dan Dra Elis Widiani.  

 

ciporeat 3Saat ini dengan kepala sekolah yang relatif baru Drs. Amanaddin Hidayat, M.Pdi, untuk masa mendatang akan berprospek lebih cerah.”Semoga dengan bapak kepala sekolah yang baru ini. Kopi buatan seklah kami makin berkibar di mana-mana …”, demikian kata perwakilan siswa yang diucapkan Yusuf Azi dan Rizky Dena Cahya. Keduanya menjawab serentak, ketika ditanya – Harapan ke depan atas kegiatan mulok ini di sekolah kalian ?

 

Nah, destiners demikian serba sedikit tentang kreasi pengolahan kopi berbasis pertanian “rakyat semesta” seperti yang dicita-citakan sesepuh Jabar Solihin GP atau akrab kita sapa Mang Ihin, telah muncul dari siswa-siswi unggulan di SMPN l Cilengkrang. Tak salah bila Duta Rakgantang pesohor Denny Chandra dan Yeni Fatmawati sempat berujar tentang sekolah ini: ”Harapan baru dari generasi penerus yang tekun mengolah hasil pertanian, akan muncul dari Ciporeat !”.

 

ciporeat 4

Lainnya, Hadi Daryanto, Dirjen Perhutanan Sosial & Kemitraan Lingkungan Hidup, ketika dimintai komentarya perihal upaya mulok yang khas ini:”Sungguh sesuatu yang menginspirasi. Ini bagus untuk dikembangkan dan dijadikan percontohan se Indonesia, malah”. Pujian ini pada sore harinya, muncul pula dari dua tokoh lingkungan hidup di Jawa Barat, masing-masing Dr. Mubiat Purwasasmita dan Supardiono Sobirin, keduanya mengatakan: ”Good performance”, sambil mengacungkan jempolnya tinggi-tinggi.

 

Alhasil antara upaya mulok di sekolah ini dengan revitalisasi Rakgantang oleh Mang Ihin, ada sinergitas yang jelas. “Leuweung na jadi tambah hejo. Urang oge jadi bisa ngejo…Nu penting mah leuweungna teu ruksak, da bisi rakyatna jadi balangsak …”, pungkas Taufan Suranto dari DPKLTS (Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda) yang menghelat acara ini hingga tuntas pada sore itu. (HS/SA/dyn)


emgz2

Artikel lain...

THE 1O1 Bogor Rayakan Octobart 2020 dengan Gaya Virtual

THE 1O1 Bogor Rayakan Octobart 2020 dengan Gaya Virtual

  destinasianews - Sepanjang bulan oktober hotel THE 1O1 Bogor Suryakancana akan menggelar acara yang bernama Octobart.  Octobart merupakan acara yang...

Iwan Sunito : Pandemi Memaksa Pemikiran Ulang Atas Desain Rumah dan Apartemen

Iwan Sunito :  Pandemi Memaksa Pemikiran Ulang Atas Desain Rumah dan Apartemen

URBIS Mengungkapkan Bahwa Hal Ini Bisa Mendorong Pemikiran Ulang Dari Open-plan Living dan Membawa Lebih Banyak Faktor Alam Kedalam Hunian...

Anggota TNI Menyelam Angkut Sampah yang Menyumbat Saluran Air

Anggota TNI Menyelam Angkut Sampah yang Menyumbat Saluran Air

destinasianews - Penuh tanggung jawab dalam menjalankan tugas di lapangan tidak saja bertempur untuk menjaga NKRI, tetapi Serka Eri Krisyana...

Jurnalis Bela Negara Buka Penjaringan Bakal Calon Kandidat Pengurus

Jurnalis Bela Negara Buka Penjaringan Bakal Calon Kandidat Pengurus

destinasianews - Jurnalis Bela Negara (JBN), mulai Senin, (26/10/2020), membuka penjaringan Bakal Calon Kandidat Pengurus. Bakal Calon Kandidat Pengurus JBN...

Pago Restaurant Raih Trip Advisor Travelers' Choice Winner 2020

Pago Restaurant Raih Trip Advisor Travelers' Choice Winner 2020

destinasianews – Memberikan pelayanan terbaik merupakan hal mutlak bagi perusahaan penyedia jasa dan layanan, khususnya industry hospitality. Trip Advisor sebagai platform wisata...

Pengunjung

05945542
Hari ini
Kemarin
2806
3421