78 PolTar SMKN 12 Bandung, Dibina Menwa Yon XI UPI – “Baret biru tak mudah didapat…”

Poltar smkn12 1

DestinasiaNews– Menwa Yon XI UPI yang punya misi sebagai pelopor Resimen Pendidikan, untuk kesekian kalinya kembali membina adik-adiknya. Terakhir, membina 78 siswa SMKN 12 Bandung. Kegiatannya berlangsung selama tiga hari (7-9/10/2016), lokasinya di lingkungan Kampus UPI Jl. Dr. Setiabudhi 229 Bandung.

Diketahi SMKN 12 Bandung sejak lama dikenal sebagai STMN Penerbangan Bandung, yang memiliki reputasi baik. Ia satu-satunya sekolah menengah di bidang manufaktur penerbangan di Indonesia. Tak heran, kedisiplinan guru dan siswa di sekolah ini, menjadi tuntutan utama. Malah, institusi ini sering dijadikan model oleh sekolah sejenis lainnya.   

Harapannya, ke-78 siswa peserta ini, kelak dapat berperan optimal sebagai mitra dari antar siswa, guru, dan insan sekolah lainnya. Tugasnya, menjaga dan meningkatkan suasana kondusif belajar di sekolahnya. “Biar tambah giat dan betah belajar di sekolah. Terus dijauhkanlah dari hal-hal negatif.  Yang nakal dan yang tidak-tidak pokoknya, hilang ajah …”, begitu kata salah satu siswa Poltar ketika pada hari ke dua, ditanya - manfaat yang didapat dari kegiatan ini ?

Tularkan Semangat

Poltar smkn 12 2

Kepala Unit Bina Masyarakat Polisi Sektor Cicendo, AKP Christine Mudinar, selaku Inspektur Upacara pada pembukaan pembaretan menyampaikan, “Saya bangga dengan tekad dan  semangat yang dimiliki adik-adik PolisiTaruna ini. Semoga  tidak putus begitu saja, melainkan tularkan semangat juang ini kepada rekan lainnya. Saya titip adik-adik ini, silahkan dibina dan dibimbing oleh para pelatih dari Menwa Yon XI UPI. Saya percaya, hasilnya akan baik bagi kita semua”.

Inti kegiatan ini di antaranya, long march dari sekolah pada malam hari, rutenya menuju kampus UPI. Selanjutnya, jajaran pelatih memberikan aneka program yang membangkitkan daya juang dan bela negara, pengenalan medan operasi (PMO), wawasan sekolah, termasuk pembinaan fisik senam bersama, dan aneka quiz yang menyegarkan suasana.    

Tampak dalam pembinaan Polisi Taruna ini, pelatih dari Menwa Yon XI UPI, terjun memberikan materi khusus. CMI (Cara Memberikan Instruksi) dibimbing oleh Eva Yuliana.  Materi PBB (Peraturan Baris Berbaris) oleh Rifal Ahmad Mantopani. Dan, materi  Tikpur (Taktik Pertempuran) oleh Aris Rismansah.  

Poltar smkn12 4

Selanjutnya, Caraka Malamoleh Reza Adriantika Suntara.  TUM (Tata Upacara Militer) oleh Amalia Agustin, yang ini pun dilengapi Senam Senjata dan outbond  dalam formasi Halang Rintang.”Ini banyak serunya, pengen lagi tuh”, kata seorang siswa Poltar usai Ia berguling-guling di lapangan rumput yang luas.

Uniknya, kegiatan pembaretan Polisi Taruna ini (9/10/2016) ditutup dengan Tradisi Pembaretan yang biasa dilakukan dari tahun ke tahun. Praktiknya diawali dengan baret biru yang disembunyikan oleh setiap pelatih dan disebar ke tiap penjuru Lapang Pamor. Para siswa diharuskan mencari baretnya masing-masing. Tugas menghadang bagi siswa – harus mampu menjawab pertanyaan seputar materi yang telah merekka terima.  Bonusnya, semua siswa menerima metode 5 M Merangkak, Merayap, Mengguling, Menjungkir, dan Membalik.

“Saya bangga pernah dididik dan dibina oleh kakak-kakak pelatih Menwa Yon XI UPI. Ternyata baret biru itu tak mudah didapat. Banyak sekali rintangannya. Tetapi menjadi Polisi Taruna itu, memang haruslah demikian perjuangannya”,

 Disini saya belajar bahwa mendapatkan baret biru itu tidaklah mudah. Banyak sekali tantangan yang harus dilalui. Tapi setelah melewati pembaretan ini, ujar salah satu siswa terbaik, Muhammad Fikri H. Fradika dengan wajah penuh kebanggaan. (‘Azmi/dtn)

Poltar smkn12 3


emgz2

Artikel lain...

Mencari Pemimpin Berjiwa Entrepreneur, HIPMI Kabupaten Bandung Selenggarakan Sarasehan Kandidat Paslon

Mencari Pemimpin Berjiwa Entrepreneur, HIPMI Kabupaten Bandung Selenggarakan Sarasehan Kandidat Paslon

DestinasiaNews -Mendekati gelaran Pilkada serentak yang sebentar lagi akan dilaksanakan, Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) BPC Kabupaten Bandung, turut berpartisipasi meramaikan...

JBN Jalin Silaturahmi Bersama Kepala Penerangan Kodiklatad

JBN Jalin Silaturahmi Bersama Kepala Penerangan Kodiklatad

destinasianews - Dalam rangka menjalin silaturahmi dan sinergitas, Jurnalis Bela Negara (JBN) yang diwakili Jurnalis seputarjabar dan arcom menyambangi Kepala...

The Papandayan Tanamkan JSN-45 di Kalangan Mitra Kerja

The Papandayan Tanamkan JSN-45 di Kalangan Mitra Kerja

DestinasiaNews - Jiwa Semangat Nasionalsime ’45 (JSN ) senantiasa harus terus-menerus dikobarkan /dilestarikan kpd pewaris nilai perjuangan para pejuang jemerdekaan...

LKPP Lambat Merespon, KPPU Dorong LKPP Libatkan UKM Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa Melalui E-Katalog

LKPP Lambat  Merespon, KPPU Dorong LKPP Libatkan UKM Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa Melalui E-Katalog

destinasianews - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mendorong terciptanya efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah, salah satunya dalam pengadaan...

The Papandayan Terima 2020 Trip Advisor Travelers Choice Awards

The Papandayan Terima 2020 Trip Advisor Travelers Choice Awards

destinasianews – The Papandayan terima penghargaan Travelers’ Choice Awards 2020 dari TripAdvisor yang diumumkan pada akhir Juli 2020. The Papandayan menempati...

Pengunjung

05824968
Hari ini
Kemarin
1771
3820