Eka Santosa Perihal Pilgub Jabar 2018: Fatsoen Saja Sama Mang Ihin …

EKA PATSUN MANG IHINDestinasiaNews – Sekali tempo (16/3/2017) redaksi berkunjung ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa di Pasir Impun Kab. Bandung. Kawasan hijau yang luasnya sekitar 4,5 ha ini, hanya 3 km ke sebelah utara dari LP Sukamiskin yang berada di Jl. Abdul Haris Nasution di kota Bandung.

Alam Santosa sebagai hutan buatan, identik dengan suasana serba sejuk “surga tersembunyi” di Bandung timur, itu kata banyak orang. Ditemui Sang Empunya kawasan, Eka Santosa (58), Ketua Umum Gerakan Hejo, dikenal punya ambisi menghijaukan Jawa Barat. Diketahui Jabar hutannya, kini diragukan hanya punya kurang dari 25% dari luas total 35.222,18 km2, dengan penduduk sekitar 52 juta jiwa pada era 2016-an.

Ada apa lagi dengan Pilgub 2018? Saya mah fatzoen saja sama Mang Ihin (Solihin GP). Beliau itu menugaskan saya memang untuk membenahi Jabar. Sepakat kami, Jabar dalam 10 tahun terakhir, awut-awutan kondisi ekologisnya”, tutur Eka sambil membawa redaksi “jalan-jalan” ke seantero Alam Santosa.

“Dulu kawasan ini lahan kritis, suka longsor dan banjir. Lumpurnya, sampai ke Arcamanik sana (sekitar 5 km- red). Lahannya tak berharga, jarang orang mau tinggal di sini”, jelasnya yang kepincut mengelola kawasan ini sejak era 2000-an bersama masyarakat adat dan penduduk setempat.

“Tadi itu soal Mang Ihin, sebaiknya tanyakan langsung saja ke beliau. Intinya, 24 jam siap menanti penugasan. Demi peningkatan kesejahteraan rakyat. Sekarang pun kami sama-sama aktif di Gerakan Hejo dengan fokus pada edukasi, ekonomi, dan ekologi”.

 Diantar-antar & Kritis 

Terkait maraknya fenomena pencalonan posisi Jabar Satu dari warga untuk Ridwan Kamil (Walikota Bandungg 2013 – 2018 – red), bukankah Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil), dahulu diantar-antar Mang Ihin untuk menggapai Walikota Bandung? Salah satunya, menemui Anda kala berkantor sebagai Ketua DPW NasDem Jabar, dan setelahnya beberapa kali ia hadir di Alam Santosa? “Benar itu yang terjadi, namun bila hal ini ditanyakan pada saya. Saya tak bisa menjawabnya saat ini. Konteksnya sudah berubah ruang dan waktunya. Yang terbaik menjawabnya, Mang Ihin-lah,” kata Eka yang mengajak terus berkeliling di kawasan Alam Santosa, sembari sesekali mengungkapkan keprihatinan atas rusaknya lingkungan hidup di Jawa Barat dalam 10 tahun terakhir ini –“Bayangkan, hutan, gunung, sungai, waduk, dan pesisir, sudah rusak parah di kota maupun di pedesaan. Perkiraan saya dan tim di DPKLTS, serta Gerakan Hejo ada sekitar 800.000 ha hutan dalam kondisi kritis. Keutuhannya, diperlukan sebagai rangkaian utama dari eko system yang sehat dan seimbang. Bukan waduk atau dam yang jadi prioritas, melainkan menghutankan lahan kritis”.

Usai berkunjung ke Alam Santosa yang tampaknya Eka sangat fatsoen terhadap mitranya yang sekaligus sebagai seniornya, mantan Gubernur Jabar 1970 – 1974, dan Sesdalopbang pada era Soeharto, kami mengontak salah satu putra Solihin GP yakni Satria Kamal di Bekasi yang merupakan rekan kuliah Eka kala duduk di Unpad era 1970an – “Silahkan saja berkunjung besok (17/3/2017) di rumahnya di Kawasan Cisitu Indah Bandung”, ujar Mamay panggilan akrab Satria Kamal di ujung telepon.

Entah apa jawaban Mang Ihin bila kita berbincang perihal Eka yang katanya sudah dikenalnya sejak era 1970-an itu. Masih adakah kemunkinan berjodoh duet “Emil-Eka” untuk Pilgub Jabar 2018? “Tentu akan menarik jawaban Mang Ihin, yang biasanya penuh kejutan”, timpal Gun, salah satu pegiat media massa yang berminat berkunjung ke rumah Mang Ihin. Pastinya, perihal fatzoen Eka terhadap Mang Ihin, bisa berdampak luas dalam konstalasi nuansa Pilgub Jabar 2018. Mari kita buru, dan nantikan hasilnya – fatzoen ini akan bagaimana, jadinya?. (HS/SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

GWJ Jabar, Sukses Gelar Layanan Kesehatan Gratis di Margamekar Pangalengan Kab. Bandung

GWJ Jabar, Sukses Gelar Layanan Kesehatan Gratis di Margamekar Pangalengan Kab. Bandung

destinasiaNews – Nyaris tanpa gembar-gembor sekumpulan relawan yang tergabung pada Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ) Jawa Barat, menggelar kegiatan layanan Kesehatan...

Queen Percussion Indonesia Asal Jabar Ramaikan ‘2019 Taiwan Lantern Festival’ - Ridwan Kamil, Tergerakkah?

Queen Percussion Indonesia Asal Jabar Ramaikan ‘2019 Taiwan Lantern Festival’ - Ridwan Kamil, Tergerakkah?

destinasiaNews – Satu lagi anak bangsa asal Bandung, Jawa Barat, Joggie Natadisastra (35) yang karib disapa Ogie, mewakili bangsa mentas...

IMA Gelar 'Mining for Life' di Bandung, Eka Santosa: Jangan Korbankan Rakyat

IMA Gelar 'Mining for Life' di Bandung, Eka Santosa: Jangan Korbankan Rakyat

destinasiaNews - Lazimnya sektor pertambangan di Negara kita telah memberi banyak manfaat. Ini bagi kepentingan negara maupun masyarakat, tentunya.. Merunut...

Ini Ujar Emil & Pegiat Lingkungan Hidup Dalam Evaluasi 1 Tahun Citarum Harum

Ini Ujar Emil & Pegiat Lingkungan Hidup Dalam Evaluasi 1 Tahun Citarum Harum

destinasiaNews – Bertempat di Graha Mangala Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (15/1/2019) berlangsung rapat evaluasi 1 tahun program Citarum Harum. Hadir dalam kesempatan...

Ada Pesan Mendalam di Film Preman Pensiun tentang Tanggungjawab

Ada Pesan Mendalam di Film Preman Pensiun  tentang Tanggungjawab

destinasiaNews - Pemain Preman Pensiun Serbu Bandung bersama Gubernur Jawabarat dan wakil Walikota Bandung nonton bareng, MNC Pictures menggelar Gala...

Pengunjung

02921542
Hari ini
Kemarin
1435
1261