Survey Jabar Indo Barometer – Masalah yang Harus Digarap Cagub 2018

DTN INDOBAROMETER 1destinasiaNews – Sosok Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil cenderung moncer. Ini tergambar dari hasil survei di wilayah Jawa Barat meliputi 27 Kota dan Kabupaten oleh Indo Barometer. Survei yang dilakukan sejak 27 Februari – 7 Maret 2017 dengan  responden sebanyak 800 orang. “Margin of error sebesar kurang lebih 3.46%, pada tingkat kepercayaan 95%. Tujuannya melihat permaslahan di Jabar serta peluang calon gubernur 2018,” papar M. Qodari Direktur Eksekutif Indo Barometer  di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann Bandung (23/3/2017)

Ada lima permaslahan di tingkat provinsi yang ditangkap menurut publik, melalui pertanyaan, masing-masing itu: sulitnya lapangan pekerjaan (18.5%); mahalnya harga kebutuhan pokok (12.9%); sulitnya kondisi ekonomi rakyat (11.6%); kondisi jalan buruk serta belum diaspal (10.4%); dan sering terjadi bencana alam (6.5%).

Tangkapan survei ini, menyasar tingkat kepuasan warga terhadap kinerja Ahmad Heryawan sebagai gubernur berada di seputar 52.8%. Sementara itu tingkat kepuasan terhadap Deddy Mizwar sebagai wakil gubernur, bertengger di level 42.5%.

Survei ini pun memampangkan calon gubernur untuk 14 nama, pilihannya: Ridwan Kamil (22%); Deddy Mizwar (14.1%); Dede Yusuf (11.8%); DediMulyadi (7.3%); Rieke Diah Pitaloka (2.4%); Desy Ratnasari (1.8%); Uu Ruzhanul Ulum (1.5%); Susi Pudjiastuti (1.5%); Bima Arya Sugiarto (1.4%); Tubagus Hasanduddin (0.6%); Puti Guntur Soekarno (0.3%); Netty Prasetiyani Heryawan (0.3%); Nurul Qomaril Arifin (Nurul Arifin) (0.1%); Maman Imanul Haq (0.1%); Tidak akan memilih (0.5%); Rahasia (1.0%); Belum memutuskan (30.3%); Tidak Tahu/Tidak Menjawab (3.3%).

Yang menarik lainnya, Indo Barometer menanyakan responden, dalam hal alasan memilih memilih calon gubernur: Dekat dengan rakyat (13.7%); kinerjanya bagus (10.8%); pintar atau intelektual (9.0%); orangnya tegas (8.8%); dan berwibawa (7.9%).

Berbicara soal partai politik pilihan tertinggi jika hari ini dilakukan: PDIP 18.3% suara. Lalu disusul Golkar 14,2%, Gerindra 7.2%, dan PKS 4.9%, serta seterusnya.

Berdasarkan hasil survei ini menempatkan, calon gubernur dengan peluang menang terbesar adalah Ridwan Kamil karena dengan tingkat pengenalan 65% sudah menjadi calon gubernur dengan elektibilitas tertinggi. Penyebabnya Ridwan Kamil merupakan calon gubernur dengan tingkat kesukaan tertinggi. Peluangnya makin besar mengingat kepuasan kepada Wakil Gubernur incumbent Deddy Mizwar hanya 42%. “Biasanya jika kepuasan di bawah 50% maka kecenderungannya akan kalah”, kata Qodari sambil menjelaskan bahwa Pilkada Jabar masih relatif lama untuk ke Juni 2018 - “Namun hal ini menarik untuk diamati.”

Belum Turun … 

Moncernya Ridwan Kamil dari hampir segala lini dari survei ini, menurut sebagian besar puluhan awak media yang hadir di Hotel Bidakara Grand Savoy Homan:”Menariknya ia walaupun belum turun ke luar wilayah Bandung, Namanya sudah kondang di Jabar. Berbeda dengan yang sudah digarap oleh Dedi Mulyadi dan calon gubernur lainnya”.

Pantauan redaksi tentang kondisi Ridwan Kamil, usai ia dideklarasikan Partai NasDem sebagai pemilik 5 kursi di DPRD Jabar pada 19 Maret 2017 di Tegalega Bandung sempat galau – tersebab banyaknya simpatisan yang hengkang dengan tiba-tiba dengan  berbagai alasan. Salah satu gugatannya – mengapa bersedia naik sisingaan terlalu dini dari Alun-alun Bandung  ke Tegalega?

Tjetje Hidayat Patmadinata politisi senior yang juga hadir di pemaparan survei terbut, sempat melontarkan semacam gugatan atas fenomena deklarasi ini:”Mengapa aktivitas politik di Jawa Barat selalunya seperti ingin disetir oleh Jakarta. Fenomena ini harus kita akhiri”.

Jagoan Jabar?

DTN INDOBAROMETER 2Lainnya, tatkala Ketua DPD PDIP Andreas Hugo Pareira yang juga hadir di kesempatan ini, dikonfirmasi sebagai pemilik 20 kursi di DPRD Jabar, kapankah mengeluarkan jagoannya, akankah Ridwan Kamil dilirik? “Soal ini, mungkin saja. Namun tunggulah, nanti akan ada kejutan …”, ujarnya sambil tersenyum.

Secara terpisah Eka Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo yang sehari sebelumnya dipertemukan dengan Ridwan Kamil oleh sesepuh Jabar Solihin GP di kediamannya di Cisitu Indah (18/3/2017), sebelum dideklarasikan NasDem di Kota Bandung:”Saya apresiasi survei ini. Banyak hal menarik dimata publik dan saya, kesulitan lapangan kerja, kondisi ekonomi menurun, juga infrastruktur yang buruk. Ini tugas kita memecahkannya”

Berdasarkan hal ini Eka menambahkan, dalam 10 tahun terakhir kondisi lingkungan Jabar jelas sudah terpuruk, plus penjahat lingkungannya merajalela. Eka pun sempat mengingatkan pada pesan Solihin GP yang bergiat di Gerakan Hejo:”Jabar itu sudah darurat lingkungan, makanya segera kita dibenahi”. (HS/SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Kopi Kelenteng & 'Nyoba Suara Vol 9', Jelang Tutup 2019 - Hadirkan D'Cinnamons Dkk

Kopi Kelenteng & 'Nyoba Suara Vol 9', Jelang Tutup 2019 - Hadirkan  D'Cinnamons Dkk

destinasiaNews -- Lagi, aneka musisi indie yang digelar rutin setiap bulan di Cafe Kopi Kelenteng Jl. kelenteng No. 26 Bandung,...

FPSH HAM Akan Bertemu dengan Presiden Jokowi di Gedung Merdeka Bandung

FPSH HAM Akan Bertemu dengan Presiden Jokowi di Gedung Merdeka Bandung

DestinasiaNews - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat...

Australia Connect Persembahkan “Dan Sultan – Live and in Concert” di Pulau Jawa

Australia Connect Persembahkan “Dan Sultan – Live and in Concert” di Pulau Jawa

destinasiaNews - Lagi, musisi Australia pemegang penghargaan, Dan Sultan, akan mempersembahkan beberapa pertunjukan terbaiknya di Indonesia. Rencananya, ia akan tampil...

Hejo Tekno Tuntaskan ‘Label’ SNI dari BSN-BPPT - ‘Stungta’, Pemusnah Sampah Ramah Lingkungan, Dinanti Kiprahnya …

Hejo Tekno Tuntaskan ‘Label’ SNI dari BSN-BPPT - ‘Stungta’, Pemusnah Sampah Ramah Lingkungan, Dinanti Kiprahnya …

destinasiaNews– Hampir bersamaan menjelang program pengenalan alat pengolah sampah berbasis thermal ramah lingkungan ‘Stungta’, yang digelar oleh Dinas lingkungan Hidup...

Hejo Tekno Mantapkan ‘Stungta’ - Solusi Jitu Pemusnah Sampah di ‘Hulu’ Jabar & Nusantara

Hejo Tekno Mantapkan ‘Stungta’ - Solusi Jitu Pemusnah Sampah di ‘Hulu’ Jabar & Nusantara

destinasiaNews - Jalur panjang memecahkan problema sampah yang tak tuntas sejak Indonesia merdeka tiga per empat abad lalu, utamanya dari...

Pengunjung

04505661
Hari ini
Kemarin
518
7362