Sidang PKPU Koperasi CSI di Pengadilan Niaga Jakpus- Permohonan Forkoma CSI Dikabulkan

DTN FORKOMA SIDANG KE 8 CopydestinasiaNews – Babak baru perjuangan ratusan anggota Forkoma (Forum Komunikasi Anggota) CSI (Cakrabuana Sukses Indonesia), dalam kaitan perkara yang dikenal dengan KSPPS BMT CSI Syariah Sejahtera atau lazim disebut Koperasi CSI, pada sidang putusan PKPU (Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang) di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat (Jakpust) Senin, 17 April 2017, menghasilkan nuansa baru.

”Perkara Nomor: 35/Pdt-PKPU/2017/PN, NIAGA, hari ini dikabulkan hakim. Ini bikin Forkoma CSI lega. Mereka, kan yang menuntut pengembalian uang simpanannya. Sekaligus ini menolak upaya kepailitan, yang diajukan pengurus Koperasi CSI”, papar Iqbal Nugraha kuasa hukum Forkoma CSI seusai putusan yang diucapkan Hakim Ketua Jamaludin Samosir.

Sementara itu Rizky Ramdani yang kerap disapa Astro yang selama ini mengadvokasi Forkoma CSI, masih seusai putusan kali ini menyambut babak baru perjuangannya:”Ini baru langkah awal. Ke depan anggota Koperasi CSI hendaklah bekerja sama dengan pengadilan. Putusan ini akan semakin memudahkan dalam hal tuntutan pengembaliannya”.

Pada pihak lain Syam Yousef Djoyo Law Firm selaku kuasa hukum dari Pengurus Koperasi CSI, pada persidangan ini sebagai pihak termohon, tampaknya masih bersikukuh akan pola restrukturisasi dan rencana realisasi pengembalian simpanan anggota seperti gagasan sebelumnya:”Verifikasi dan validasi seperti yang sudah kami rintis akan terus kami lakukan”.

Hak Anggota

Kasus yang melilit Koperasi CSI sejak November 2016, dimata publik populer sebagai penghimpun dana layaknya sebuah bank,  atau kini sering disebut investasi bodong. Kantor pusatnya di kota Cirebon, Jawa Barat, dan 18 ribu-an anggotanya tersebar di Nusantara. Dugaannya, telah terakumulasi dana senilai Rp. 2,3 T. Sejumlah daya pikat bagi anggota Koperasi CSI ini, beroleh bunga rerata dari simpanannya 5% per bulan.

Puncak kemelut ini. dua pucuk pimpinan Koperasi CSI, M Yahya dan Iman Santoso, ditahan pihak berwajib pada 25 November 2016 atas laporan OJK dan satgas Waspada Investasi ke Bareskrim. Keduanya sejak 11 April 2017 sampai dengan 10 April 2017 penahanannya dipindah ke Rumah Tahanan Negara di Cirebon.

Sesuai lansiran media massa, keduanya ditahan dengan dugaan pelanggaran prinsip syariah tanpa izin usaha sebagaimana dimaksud pasal 59 UU 21/2008 tentang Perbankan Syariah. Penyidikan Bareskrim pun mengarahkan atas sangkaan pelanggaran pasal 3 dan 5 UU 8/2010 tentang Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Berdasarkan keputusan sidang terakhir, Eka Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo yang sejak permasalahan ini merebak ke permukaan, mengadvokasi melalui Forkoma CSI, menyambut baik pengabulan PKPU ini:”Sejak awal kami memang titik tumpu perjuangannya, ke hak-hak anggota. Sudah saatnya anggota koperasi ini untuk segera bersatu, sudahlah jangan bergerak sendiri-sendiri, lewat pengadilan kepastian hak anggota akan terpenuhi.” (HS/SA)

 

Baca juga:

Sidang PKPU Forkoma CSI di Pengadilan Niaga Jakpus: Ajak Anggota Bersatu

Kesaksian di Persidangan PKPU Pengadilan Niaga Jakpus: Investasi Koperasi CSI, Lanjutkan ?!

Forkoma CSI di Persidangan PKPU Pengadilan Niaga Jakpus: Gentong Dana, Masih Adakah?

Forkoma CSI di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat - Ajukan Perdamaian Perkara


emgz2

Artikel lain...

Wow, Rektor Unpad & Produsen Aquatec Petik Hasil Maksimal Panen Budidaya Kerapu di Pangandaran

Wow,  Rektor Unpad & Produsen Aquatec Petik Hasil Maksimal Panen Budidaya Kerapu di Pangandaran

destinasiaNews - Boleh dibilang kegiatan produktif ini nyaris tak banyak orang tahu, padahal ini merupakan 'giant step for Indonesian's development'....

Jadi Juri Unjuk Kabisa Wanoja Jajaka Budaya Jabar, Eka Santosa - Kembangkan Budaya Kita

Jadi Juri Unjuk Kabisa Wanoja Jajaka Budaya Jabar, Eka Santosa - Kembangkan Budaya Kita

destinasiaNews - Boleh dikata ini penampilan tokoh Jabar Eka Santosa yang sedikit tak 'lazim' akhir-akhir ini? Gerangannya kali ini penuh dengan...

Gerai GORO DAYUNG di Bandung Munculkan Antusiasme Peserta Munas ISMI ke-2

Gerai GORO DAYUNG di Bandung Munculkan Antusiasme Peserta Munas ISMI ke-2

destinasiaNews - Sejumlah peserta Musyawarah Nasional (Munas), Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) ke-2 di Hotel Grand Asrilia Bandung, pada Sabtu,...

LAKSI Dukung Kapolri - Tegakkan Hukum Bagi Pelaku Hoax

LAKSI Dukung Kapolri - Tegakkan Hukum Bagi Pelaku  Hoax

destinasiaNews - Terkait pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Kehormatan PAN, M Amien Rais. Dalam hal ini sebagai saksi, pada kasus dugaan...

Pengunjung

02654332
Hari ini
Kemarin
1420
4849