Susi Pudjiastuti, Menteri KKP di Unpad – Histeria Massa & Mafia Tenggelamkan …

susi 9
 
destinasiNews  -  Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pada Jumat (18/8/2017) hadir di dua acara di Bandung. Paginya, ia berada di acara Orientasi Studi Keluarga Mahasiswa (OSKM) Institut Teknologi Bandung di gedung Sasaa Budaya Ganesha (Sabuga). Siangnya, menyampaikan kuliah umum di   Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran (Unpad) di gedung Rektorat kampus Jatinangor, Sumedang. Tema kuliah umum yang ia sampaikan - “Perikanan untuk Kemandirian Bangsa dan Peningkatan Daya Saing Ekonomi".
 
“Kehadiran Ibu Susi yang kesekian kali di kampus ini, anggaplah kado untuk Unpad yang sedang merayakan dies natalis ke-60 pada tahun ini,” papar Tri Hanggono Achmad, Rektor Unpad beberapa saat sebelum mempersilahkan Susi Pudjiastusi menyampaikan pengalamannya “menenggelamkan kapal asing pencuri ikan” di gedung Rektorat.
 
susi 3
 
Sementara itu Eka Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo dan Sekjen BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jabar diundang secara khusus pada acara ini, bersama puluhan jajarannya dari dua organisasinya, usai kuliah umum:”Antusiasme tinggi dari civitas akademika Unpad atas kuliah ini, adalah tanda kinerjanya menginspirasi dan memotivasi kita. Indonesia, jadi poros maritim dunia sedang dirintis menteri yang satu ini. Penenggelaman kapal ikan illegal negara asing, salah satu aikon tindaknnya.”
 
Histeria massa …
 
Menarik diamati, usai Susi Pudjiastuti “menghipnotis” ribuan hadirin dengan isi ceramahnya yang terkadang menyengat di gedung Rektorat Unpad, ini yang diiringi jawab dari mahasiswa, langkahnya sempat tertahan beberapa menit. Susi yang menurut banyak kalangan terbilang “nyentrik”, didaulat ratusan “fans-nya” seperti dikatakan Dekan FPIK Unpad, Iskandar menambah pidatonya.
 
Tanpa diduga, Susi yang “tersandera” demi memuaskan kontak komunikasinya dengan para “fans”, muncul berdiri melaluisunroof mobilnya. “Ibu – ibu jangan cepat-cepat ke Jakarta …,” teriak puluhan mahasiswa dibarengi histeria sambil sebisa-mungkin mengabadikan momen langka ini melalui gawai masing-masing.
 
“Aku punya video menarik ibu Susi di atas mobil tadi. Nih, langsung diupload ..” ungkap seorang mahasiswa yang buru-buru lari ke satu pojokan – “Share ah …segera.”
 
susi 10
 
Terungkap, jadwal Susi hari itu langsung berangkat ke Jakarta setelah berceramah di kampus Unpad:”Sorenya, harus bertemu dengan Duta Besar Negara Inggris. Tadinya, bila tak ada acara di Jakarta, ia akan mampir ke Alam Santos di Pasir Impun,” papar Eka Santosa, tokoh Jabar  yang bersahabat dengan Susi sejak era 1980-an di Pangandaran.
 
Apresiasi Susi Pudjiastuti
 
Susi yang selama kurang lebih 45 menit berceramah, tak sungkan-sungkan ia ungkapkan otokritik terhadap negara Indonesia yang katanya sebagai negara “agraris”. Padahal, negeri ini terdiri atas 70% lautan, dan sisanya 30% daratan - terdiri atas ribuan pulau:”Bujuk rayu dari oknum kapal asing untuk curi ikan lagi, sampai detik ini masih saya alami.Tak saya layani semua itu…”
 
“Jangan mau Bu Susi… tenggelamkan saja!”, spontan kerumunan mahasiswa mereaksi dari salah satu sudut di gedung Rektorat dengan penuh antusias. Lainnya, malah menimpal:”Tenggelamkan, mafia kelautan!”
 
Dalam kesempatan lain Susi Pudjiastuti sempat pula memuji langkah Unpad yang mendirikan FPIK di Kabupaten Pangandaran sejak 2016:”Ini langkah bagus, memberdayakan generasi muda di negara ‘agraris’. Setidaknya, bisa dikembangkan secara akademik budi daya ikan di darat, sungai, pesisir dan laut.”
 
“Kini masih, satu dari tiga anak Indonesia, kuntet. Konsumsi ikan per kapita per tahun bangsa kita masih di seputar 36 – 43 Kg pr orang. Idealnya, 50 Kg per orang,” terang Susi Pudjiastuti dalam penggalan kuliah umun itu – “Bersyukur, Unpad kini sudah ada di Pangandaran, semoga di Jabar dan Indonesia nanti tak ada yang kuntet lagi, sehat berkat senang makan ikan.”
 
Wapres dari Jabar?  
 
Hal menarik lain, masih ketika Susi disela-sela “tersandera” di halaman gedung Rektorat, ada kalangan media yang menyeruak, bertanya:”Katanya, Anda akan turun di Pigub Jabar 2018, bagaimana Bu? “Wah, itu masih banyak yang jauh lebih lagi dari warga Jabar,” jawab Susi sambil menambahkan “Itu tuh ada Pak Eka…,” sambil menunjuk ke posisi Eka Santosa yang tak jauh darinya.
 
Tokoh Eka Santosa yang disela-sela kuliah umumnya tadi oleh Susi sempat disebut:”Pak Eka Santosa itu senior saya …”
 
Kala dikonfirmasi perihal “lontaran calon gubernur Jabar” oleh Susi tadi, Eka Santosa, menjawab beberapa saat kemudian di lokasi halam gedung Rektorat:”Ya, itu kan aspirasi warga. Yang kami dorong tadi dengan Pak Rektor Unpad, Ibu Susi justru sedang didorong menjadi RI 2, Wapres. Saatnya, warga Jabar harus manggung lagi di level nasional.” (HS/SA/dtn)
 
 
   


emgz2

Artikel lain...

Masyarakat Akuakultur Indonesia Helat International Confrence Aquaculture Indonesia 2018 di Yogyakarta

Masyarakat Akuakultur Indonesia Helat International Confrence  Aquaculture Indonesia 2018 di Yogyakarta

destinasiaNews – Untuk kesekian kalinya Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI), kembali menggelar Konferensi Internasional ‘ICAI 2018 - International Conference of Aquaculture...

Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

destinasiaNews - Usai pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 27/6/2018 lalu, Tim Peneliti dari Pusat Studi Politik...

Crown Group Pasarkan Hunian Vertikal ke Indonesia

Crown Group Pasarkan Hunian Vertikal ke Indonesia

destinasiaNews – Sebuah perusahaan terkemuka dari Australia, yang memiliki se-gudang pengalaman dan penghargaan yaitu Crown Group Holdings (Crown Group), merupakan...

TUNA LOVERS at EMPAT DARA 2

TUNA LOVERS at EMPAT DARA 2

destinasiaNews – Destiners, khususnya bagi yang tinggal di daerah Sukabumi – Jawa Barat, apalagi yang mengaku Tuna Lovers, sudahkah mencoba...

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

destinasiaNews – Berlokasi di Kawasn Ekowisata dan Budaya Alam Santosa tepatnya di Pasir Impun, Cimenyan Kabupaten Bandung, ngaring (berkumpul) sejumlah...

Pengunjung

02267781
Hari ini
Kemarin
3094
3544