Priana Wirasaputra, Kadis KUMKM Kota Bandung - Siapkan Satgas Basmi Rentenir !

IMG 20170829 WA0053
destinasiaNews – Birokrat“bolongkotan” 32 tahun berkarir sebagai PNS di pemerintahan kota Bandung, jabatan kini sebagai Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro  Kecil dan Menengah (KUMKM)Kota Bandung, santer ia digadang-gadang meramaikan bursa Pilkada 2018 – merebut Walikota Bandung!
 
Ditemui di Trans Studio Mall Bandung (28/8/2017) Priana Wirasaputra, kala itu mendampingi isteri Walikota Bandung Ridwan Kamil, Atalia Praratya membuka ajang ekonomi kerakyatan B Craft 2017.
 
Kira-kira isu apa nih Kang Pri (sapaan akrab Priana Wirasaputra) dalam kinerja Anda kali ini yang akan diluncurkan? “Waduh, ditodong demikian harus serius nih menjawabnya. Saya hadir di sini, semata memberi dorongan untuk para pegiat koperasi dan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) di kota Bandung,” demikian ujarnya dengan ramah kepada para awak media yang tiba-tiba merubungnya.
 
Terbaru, menurut Pri yang menurutnya di kota Bandunga ada sekitar 300 ribuan KUMKM, namun yang terdaftar resmi hanya sekitar 6.000-an:”Satgas pembasmi rentenir, dalam waktu dekat akan diluncurkan.”
 
Menurut Pri pula, Satgas ini bukan semata datang atau ditanganani oleh kantor dinasnya:”Sebagai koordinator ya, namun dinas terkait lain pun ikut serta seperti dari unsur kepolisian, kejaksaan, TNI, dan dinas terkait lainnya,” demikian paparnya singkat – “Persoalan rentenir ini bukan semata secara fisik, melainkan dimulai dengan pembinaan, pelatihan, lalu penindakan. Tujuannya, para pengusaha kecil tak terjebak pada pusaran lintah darat. Makanya, pihak bank dan sumber finansial lain pun akan terlibat. Tunggu saja ya, kehadirannya.”
 
Lebih jauh menurut Pri, persoalan terjeratnya para pengusaha kecil ini karena soko guru ekonomi kita, yakni koperasi masih belum beranjak dari persoalan klasik – salah urus dan ketidakmampuan melawan geliat ekonomi yang tak pilih-pilih mana yang harus dilindungi dan semacamnya. “Inginnya koperasi jadi soko guru ekonomi kita…”
 
Menyoal koperasi yang idealnya sebagai wadah ekonomi kerakyatan menurut Pri di kota Bandung kini ada sekitar 2.665. Dari jumlah ini hanya, 1.500-an yang aktif. “Sementara koperasi yang melakukan RAT dan cukup sehat ada sekitar 500-an jumlahnya.”
 
Belum lagi ratio antara jumlah penduduk kota Bandung dari sekitar 2,7 juta jiwa, disinyalir menurut Pri baru terlibat sekitar 500 ribuan-an orang saja. “Tentu, ini masih kurang, untuk penduduk kota Bandung yang punya PKL sekitar 22 ribuaan.”
 
Berpacu dengan Waktu
 
Bagi Pri permaslahan ekonomi kerakyatan mulai dari koperasi, keberadaan PKL, keberadaan UMKM, dan jumlah donatur dari lembaga penyelenggara CSR (corporate social responsibility), haruslah disinergikan:”Ini tugas saya dan jajaran di lembaga yang saya pimpin. Memberdayakan ekonomi warga di level menengah ke bawah utamanya. Masalahnya, di lapangan begitu dinamisnya kegiatan ekonomi ini. Insya Alloh, setiap saat kami mencari solusi atas kemandekan ini.”
 
Nah, soal rentenir yang sudah menjadi rahasia umum, apa kiat membasminya? “Sinergi antar dinas terkait dan lembaga yang ada. Akar maraknya rentenir di kota Bandung, kita perangi melalui Satgas lebih komprehensif dan proporsional. Semua ini akan dilakukan, segera,” demikian pungkasnya kepada para pewarta sambil mewanti-wanti dengan gesture serius – “Hey, rentenir sudahilah praktik busuk Anda dalam tempo secepat-cepatnya, sebelum kami bertindak…” (HS/SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

DestinasiaNews.com, Bandung Barat – Pertarungan politik merebut kursi Bandung Barat satu semakin menggeliat, Kali ini organisasi  DPC Taruna Merah Putih...

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

destinasiaNews – Menyongsong pengingatan hari pohon se dunia, kembali “Manusia Pohon” Aiptu Nunuh  dan kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi menghijaukan...

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

destinasiaNews – Katakanlah ini ‘goup’ atau resminya DPD Gerakan Hejo Kabupaten Garut, seakan-akan ‘gak ada abiznya’ – Terus menghijaukan tatar...

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

destinasiaNews – Ujung dari acara kunjungan Dedy Mizwar Wakil Gubernur Jabar ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun...

Obsatar Sinaga: Dedy Mizwar Kunjungi Partai Berkarya Jabar, Ada Apa?

Obsatar Sinaga: Dedy Mizwar Kunjungi Partai Berkarya Jabar, Ada Apa?

destinasiaNews – Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Barat, terkait rencana kehadiran Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar ke...

Pengunjung

01692837
Hari ini
Kemarin
1070
1496