Lebih Dalam dengan Eka Santosa - Tanggapan Gugatan “UUD” Adi Mulyadi

IMG 20170831 173450destinasiaNews – Bergulirnya pemberitaan perihal gugatan yang muncul di paruh Agustus 2017 dari Adi Mulyadi, mantan Ketua DPW Partai Berkarya Jabar. Gugatan ini salah satunya ditujukan kepada Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar. Eka sendiri telah memperoleh mandat untuk jabatan yang sama per 5 Juni (No:105-SM/DPP/BERKARYA/VI/2017), lalu dikuatkan SK Pengangkatannya per 8 Juni 2017 (No: SK 12-DPW/DPP/BERKARYA/VI/2017) untuk periode 2017 – 2022.

Dalam kesempatan ini Eka dengan jernih menanggapi gugatan terhadapnya:”Silahkan dilayangkan, itu hak seseorang di negeri demokrasi ini. Namun, tak habis pikir, hal yang seharusnya bisa dimusyawarahkan internal, jadi berlarut. Bukankah, di antara kita, sebenarnya banyak hal yang bisa sinergikan. Utamanya, buat pengembangan masa depan partai, misalnya.”

Diketahui kesediaan Eka Santosa yang kondang dikenal sebagai politisi senior di Jabar, membiduki partai Berkarya besutan Tommy Soeharto, jauh-jauh hari, tidak ingin berurusan dengan hal-hal seperti ini:”Praktik berpolitik bagi saya semata berlandaskan pengabdian dan ketulusan. Katakanlah, ini dalam konteks pengembangan berdemokrasi di Indonesia. Tidak lain dari itu …peun”

Fakta lain, Adi Mulyadi yang menurut pengurus DPP Partai Berkarya ditandai dengan terbitnya Penarikan Surat Keputusan (SK) DPW Jawa Barat per 12 Mei (Jakarta – No. 096/B/DPP/BERKARYA/V/2017). Konsekuensinya, terjadi penarikan SK sekaligus pembekuan pengurus DPW Jabar melalui SK No: SK62-DPW/DPP/BERKARYA/IV/2017 per 12 April 2017, dibawah pimpinan Adi Mulyadi.

Rupanya, kiprah Adi Mulyadi di mata DPP Berkarya memunculkan persepsi ketidaklaziman, lalu muncul lagi surat senada per 5 Juli 2017 (No:146/B/DPP/BERKARYA/VII/2017) perihal pemberitahuan.

“Inti surat ini berisi hal pelanggaran berat yang bersifat pencemaran serta perusakan citra partai. Terhitung sejak itu Saudara Adi tidak diperkenankan membawa nama partai Berkarya. Andai pun ia memohon KTA, DPP menutupnya. Ini sesuai AD/ART kala itu,” jelas Eka dengan menambahkan –“Inilah salah satu pangkalnya. Sejujurnya, tidak tega membuka lembaran ini. Apa mau dikata? Terpaksa, sebagian kecil ini saya utarakan.”

Gugatan itu   

Sejatinya apa yang dimaksud Eka Santosa dengan gugatan “UUD” (ujung-ujungnya duit) versi Adi Mulyadi atas dirinya, bersama Neneng A Tutty (Ketum Partai Berkarya), Badaruddin Andi Picunang (Sekjen Partai Berkarya), H. Hutomo Mandala Putra (Ketua Majelis Tinggi Partai Berkarya), Syamsul Zakaria (Ketua Mahkamah Partai Berkarya), KPU, dan Kesbangpol Jabar?  

“Ada tuntutan moril serta materil berupa sejumlah nilai rupiah berbilang fantastis. Tak eloklah saya kemukakan detilnya di sini. Sesungguhnya, ini bertolak-belakang dengan fakta-fakta gugatan Saudara Adi. Tersendiri, soal ditangani Partai Berkarya,” terang Eka Santosa  sembari meperlihatkan surat panggilan sidang dari PN Bandung pada Selasa, 12 September 2017.

UUD?

Masih dalam kesempatan yang sama Eka Santosa kala ditemui di Alam Santosa Pasir Impun Kabupaten Bandung (31/8/2017), bersama jajarannya ia sedang bersiap-siap menghadapi verifikasi faktual dari KPU pada Oktober 2017. Alhasil, menyoal gugatan kepadanya yang disebutnya salah alamat:”Dugaan kental motivasi utamanya berunsur UUD? Nantilah, akan terungkap, siapa sebenarnya penggugat ini?!”

Masih mengupas gugatan ini, Eka Santosa kembali menunjukkan SK terakhir Menkumham RI No: M.HH – 12.AH.11.01 Tahun 2017 tentang Pengesahan Perubahan AD/ART Partai Berkarya, dan SK Menkumham RI No M.HH – 13 AH.11.01 Tahun 2017 tentang Pengesahan Perubahan Susunan Pengurus DPP Partai Berkarya Periode 2017 – 2022. Esensi dari dua SK Kemenhumkam itu, bermakna adanya perubahan juridis menyangkut AD/ART, dan kepengurusan partai.

Menurut Eka Santosa pula, SK Kepengurusan sebelumnya di tingkat DPP, DPW, DPD, hingga DPC berubah dengan sendirinya. “Konsekuensi atas perubahan ini, kepengurusan saat ini yang legal dan eksis, tidak ada kaitan dengan materi gugatan Saudara Adi.”

“Sebenarnya, saya pun tidak perlu terpengaruh oleh gugatan ini. Apalagi menanggapi serius yang dipersioalkan Saudara Adi. Sebagai warga negara yang baik, serta demi menghormati hukum, bersedia menghormati surat dari pengadilan. Dengan catatan, gugatan ini salah alamat,” tutur Eka Santosa yang dalam kesehariannya di kediamannya di Pasir Impun kerap bersarung bersarung-ria – “Esensi gugatan kepada Ketua Umum, Sekjen, dan pejabat partai lainnya yang nota bene berdomisili dan beralamat di Jakarta. Sepatutnya, gugatan itu dilayangkan melalui Pengadilan Negeri Jakarta.”

Ujung reportase ini, Eka Santosa memaparkan dengan tegas:“Tidak menutup kemungkinan, akan dilayangkan gugatan balik terhadapnya, tersebab melakukan pencemaran nama baik, kebohongan, serta upaya perbuatan tidak menyenangkan.” (HS/SA)


emgz2

Artikel lain...

Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

destinasiaNews – Suasana Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, hutan buatan seluas 4,5 ha, yang kini melebat kembali sejak ditanami...

Kasus Pembebasan Lahan PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Hadirkan Saksi dari Tergugat

Kasus Pembebasan Lahan PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Hadirkan Saksi dari Tergugat

  destinasiaNews -  Lanjutan sidang “pembebasan lahan” PLPR Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi di PTUN Bandung Jl. Diponegoro Bandung, nama resmi perkara...

Rahasia Kulit Cerah Bercahaya Dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Rahasia Kulit Cerah Bercahaya Dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence

DestinasiaNews – Hi Destiners, ada rahasia baru dari Wardah untuk kulitmu! Kali ini, Wardah meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Wardah White...

Bandung Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

Bandung  Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

destinasiaNews - Wow, urusan foto diri yang keren berharga terjangkau, di Bandung rasanya hanya satu. Ini dia  bidang usahanya, namanya...

Tuntas Jernihkan Pemberitaan Sepihak HU Pikiran Rakyat, Eka Mencuci Lesung …

Tuntas Jernihkan Pemberitaan Sepihak HU Pikiran Rakyat, Eka Mencuci Lesung …

destinasiaNews – Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Barat yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Gerakan Hejo, dan Sekjen...

Pengunjung

01604191
Hari ini
Kemarin
232
1289