Dongkrak Harga Singkong, APSSI Jabar & Gerakan Hejo, Sosialisasi Koperasi

IMG 20171027 WA0053
destinasiaNews  – Asosiasi Petani Singkong Seluruh Indonesia (APSSI) Wilayah Jawa Barat yang diwakili pengurusnya Baskoro, Ela Lindasari, Dedi Jamhur, Ade, Herdi, dan Agus Warsito, telah men-sosialisasikan tanaman pangan khususnya singkong di wilayah Kabupaten Sukabumi (26/10/2017).  
 
“Di lapangan  tak membahas singkong saja, juga kepedulian pada lingkungan. Implementasi Permen 39 KLH yang di daerah lain banyak memunculkan masalah, pun dibahas,” papar Agus yang ditemui sedang berada di Sekretariat Gerakan Hejo di Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun Kabupaten Bandung (27/10/2017).
 
Agus dalam hal sosialisasi ini yang bertujuan :”Sekalian saja membahas kemungkinan pemanfaatan lahan terlantar dan eks HGU yang banyak tedapat di daerah ini. Ini kan tercantum dalam Permen 39 KLH itu, agar tidak salah kaprah implementasinya di lapangan,” paparnya   yang juga bergiat di Gerakan Hejo selaku Sekjen.
 
Koperasi itu
 
Menurut Agus yang di APSSI organisasinya telah mengantongi SK Menkumham No AHU-10.AH 02.02 Tahun 2009 tanggal 24 April 2009, serta SK BPN RI No 104/KEP-17.3/III/2011, 21 Maret 2011, keberadaan ribuan petani singkong di Kabupaten Sukabumi di Waluran, Cimanggung, Bojong Jengkol, Karang Anyar, dan Lengkong, perlu diberdayakan dengan lebih intensif.
 
”Soal harga jual, mereka jangan diperdaya tengkulak atau pabrikan. Bila ini terjadi, yang rugi kita. Pembinaan dari pemerintah pun harus maksimal, jangan seadanya, seperti sekarang.”
 IMG 20171027 WA0055
Menurut Agus pula yang hadir (27/10/2017) menemui Ketua Gerakan Hejo, Eka Santosa, dalam kaitan evaluasi penyebaran bantuan bibit ikan air tawar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ke pegiat budidaya ikan di Jabar, menyinggung solusi untuk fenomena harga singkong di daerah yang baru saja ditinjaunya, kerap tak menentu:
 
“Petani dan pengurus APSSI setempat sangat antusias kala ide mendirikan koperasi digulirkan.”
 
Menurutnya, keberadaan koperasi sangat mereka nantikan :”Saat ini over produksi, harga pun jatuh hingga Rp 500 per Kg di atas truk. Kalau ada koperasi, harga bisa didongkrak. Olahan singkong pun bisa variatif.
 
Rintisan koperasi ini menurut Agus sebenarnya sudah cukup matang sebelum meninjau ke Kabupaten Sukabumi. “Ini sudah kami godog sebelumnya dengan Ketua DPW APSSI Jabar (Isma Viyeri Anwar).”
 
Singkong  Sukabumi   
 
Lagi menurut Agus, potensi produk singkong di Kabupaten Sukabumi sangatlah berprospek, baik untuk kebutuhan di dalam negeri maupun ekspor. ”Terdata, sedikitnya 5.000 ha di wilayah itu. Bila pengelolaannya dilakukan dengan baik, niscaya hasilnya akan berlipat ganda. Kesejahteraan petani pun akan meningkat”.     
 
Diketahui, dalam program kerja APSSI Jabar tidak hanya memfasilitasi produk singkong dari petani laku terjual:”Yang spesifik, petani memperoleh perlindungan harga, pemilihan benih yang lebih produktif, juga perlindungan asuransi,” tambahnya sambil memungkas –“Selama ini mereka nyaris tanpa perlindungan, apalagi mengorganisasi diri. Makanya program ini diimplementasikan bersama Gerakan Hejo.” (HS/SA)   
 


emgz2

Artikel lain...

F DAS Citarum Tak Lagi Dilibatkan Urus Sungai Terkotor Sedunia, Eka Santosa:”Ada yang Aneh …”

F DAS Citarum Tak Lagi Dilibatkan Urus Sungai Terkotor Sedunia, Eka Santosa:”Ada yang Aneh …”

destinasiaNews – “Lho koq tidak diundang Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum. Besok Kang Eka datang saja ikut rapat di...

Eka Santosa Terima Cawagub Jabar Anton Charliyan - Bahas Kedalaman Adat & Masa Depan Jabar

Eka Santosa Terima Cawagub Jabar Anton Charliyan - Bahas Kedalaman Adat & Masa Depan Jabar

destinasiaNews -- Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo yang juga Ketua Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum, serta Sekjen...

SMKN 5 Bandung Gelar Pendidikan Inklusi – Education for All Setara  Bhineka Tunggal Ika  

SMKN 5 Bandung Gelar Pendidikan Inklusi – Education for All Setara  Bhineka Tunggal Ika   

destinasiaNews – Bertempat di Prime Park Hotel Jl. P.H.H Mustofa Kota Bandung, SMKN 5 Bandung menggelar workshop ‘Pendidikan Inklusi’ selama...

Partai Berkarya Kab. Pangandaran, Pastikan Diri Lolos Verifikasi Faktual  

Partai Berkarya Kab. Pangandaran, Pastikan Diri Lolos Verifikasi Faktual   

destinasiaNews – Kabar terbaru (12/1/2017) dari Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Pangandaran, Roni Priatna, partainya  dipastikan lolos verifikasi faktual KPU:...

Pendekar Tadjimalela Priangan Timur Sambangi Alam Santosa: Berharap Lahirkan Juara Baru  

Pendekar Tadjimalela Priangan Timur Sambangi Alam Santosa: Berharap Lahirkan Juara Baru  

destinasiaNews – Boleh dibilang kehadiran rombongan pendekar silat Tadjimalela dari Priangan Timur, ke Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa...

Pengunjung

01792849
Hari ini
Kemarin
156
1593