Eka Santosa Gerakan Hejo,Terima Kujang Mas 2017 -  Dedikasi Buat Mang Ihin dan BOMA Jabar

IMG 20171029 015219
destinasiaNews  - Anugerah Kujang Mas 2017 yang diterima Eka Santosa, Ketua Umum Gerakan Hejo di  Bidakara Grand Savoy Homan Bandung, Sabtu malam (28/10/20117), menurutnya luar biasa dan istimewa:”Namun, ada yang lebih pantas menerimanya, yakni sesepuh Jabar Bapak Solihin GP dan para Olot (Ketua Adat) di BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jabar. Merekalah yang selalu mengingatkan kita. Betapa penting, harus menjaga hutan ..,” kata Eka dalam pidatonya yang dihadiri duet Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar Ahmmad Heryawan dan Deddy Mizwar; Walikota Bandung Ridwan Kamil; para bupati; serta puluhan tokoh Jawa Barat lainnya.  
 
“Ini saya dedikasikan untuk Mang Ihin (sapaan akrab Solihin GP). Beliau sejak 1970-an kala menjadi Gubernur Jabar sudah sohor dengan program Rakgantang (Gerakan Gandrung Tatangkalan). Itu yang kami teruskan …” jelas Eka sambil memegang erat Kujang Mas dan sertifikat yang diterimanya – Bangga sekaligus terharu, secepatnya mau melapor ke Mang Ihin di Cisitu. Sayang, beliau tak bisa hadir. Kan, kesehatannya sudah lanjut lebih dari 90 tahun. Beliaulah, panutan kami dibidang lingkungan bersama para Olot di BOMA Jabar.”
 
Sementara itu disela-sela penerimaan anugerah ini, yang dikerubungi para pengurus Gerakan Hejo seperti Agus Warsito, Shahadat Akbar, Ika, Riri Angelina, Chevy Sutisna, Isur Suryana, dan Nonoy, mereka merayakannya secara khas di salah satu pojok di Ball Room  Bidakara Grand Savoy Homan Bandung:”Anggaplah, ini peluru bagi kita untuk perang melawan perusak lingkungan yang baru saja kita canangkan.”
 
Kujang Mas 2017, Siapa Saja?
 
Menurut Didi R Ridjadi, Pemimpin Perusahaan RMOL (Rakyat Merdeka Online) Jabar, total ada 24 penghargaan. Semuanya dibagikan dengan penilaian secara cermat dan mendalam, mulai kalangan pemerintahan, politisi, pesantren, serta pegiat lingkungan:”Upaya mereka yang khas dan tak mengenal lelah, terus berinovasi . Saatnya,  kita harus hargai dengan layak. Ini, salah satu contoh apresiasi itu.”
 
Rinciannya, penghargaan Kujang Mas ini diberikan kepada Dirut Bank Jabar-Banten Ahmad Irfan, juga James Riady dari Lippo Group, untuk kategori Golden Company.
 
Kujang Mas Golden Personality diberikan kepada Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar sebagai tokoh lingkungan, Ketua P2TP2A Netty Heryawan, Tokoh Pemuda KNPI Kota Bandung Dedi Sopandi, Tokoh Muda Inspirasi Geofani Van Rega, Ketua Gerakan Hejo Eka Santosa, Tokoh Inspiratif Jabar Waras Wasisto, dan Aktivis sosial Yulian Isyafri.
 
Lainnya, Kujang Mas Golden Personality 2017 diberikan ke Tokoh Muda Olahraga Yosa Octora Santoso, Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Ketua Kadin Kota Bandung Iwa Gartiwa, dan Ahmad Arif Imanulhaq. 
 
Khusus untuk kategori Demokrasi Award diberikan kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Rektor Unpad Tri Hanggono Ahmad, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Sektetaris DPD PDIP Jabar Abdy Yuhana, Menteri PUPR Moch Basoeki Hadimuljono, KSAL Laksamana TNI Ade Supandi, Ketua PPP Jabar Ade Munawaroh, Pembina Partai Berkarya Hutomo Mandalanputra, Bupati Kuningan Acep Purnama, Menteri Kominfo Rudiantara, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang.
 
Sedangkan untuk kategori Lifetime Achievement diberikan kepada politisi senior yang kondang dengan sebutan khas di kalangan para politisi “pelari marathon yang belum jatuh” Tjetje Hidayat Padmadinata, serta terakhir kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.
 
Terkait pemberian “award” ini bagi seseorang atau kelompok yang berprestasi menurut beberapa pengurus Gerakan Hejo: “Di Jabar khususnya, harus dperkerap dan ditingkatkan mutunya. Maksudnya, agar tercipta kompetisi sehat di antara warga Jabar,“ tutur Rudi Robin yang sehari-hari aktif di Gerakan Hejo selaku Koordinator di bidang Search & Rescue. [HS/SA].
 


emgz2

Artikel lain...

Pangdam lll  Ajak F DAS Citarum & GH Sukseskan Citarum Harum: Bukan Mendukung, Siap Terdepan Malah, Kata Eka Santosa  

Pangdam lll  Ajak F DAS Citarum & GH Sukseskan Citarum Harum: Bukan Mendukung, Siap Terdepan Malah, Kata Eka Santosa   

destinasiaNews – Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Doni Monardo yang secara fenomenal telah meluncurkan revitalisasi sungai Citarum di antaranya kala...

Tatang Suratis, Ketua DPD LPM Jabar: Pemberdayaan itu Tiang Membangun Desa  

Tatang Suratis, Ketua DPD LPM Jabar: Pemberdayaan itu Tiang Membangun Desa   

destinasiaNews – Aktivis pergerakan masyarakat Tatang Suratis, Ketua DPD (Dewan Perwakilan Daerah) LPM (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat) Provinsi Jawa Barat, ditemui...

F DAS Citarum & Gerakan Hejo ‘Dikucilkan’ Urus Citarum – “Tak Mengapa Kata Eka di Radio Elshinta  

F DAS Citarum & Gerakan Hejo ‘Dikucilkan’ Urus Citarum – “Tak Mengapa Kata Eka di Radio Elshinta   

destinasiaNews – Tak biasanya Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo dan Ketua Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum kala...

F DAS Citarum Tak Lagi Dilibatkan Urus Sungai Terkotor Sedunia, Eka Santosa:”Ada yang Aneh …”

F DAS Citarum Tak Lagi Dilibatkan Urus Sungai Terkotor Sedunia, Eka Santosa:”Ada yang Aneh …”

destinasiaNews – “Lho koq tidak diundang Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum. Besok Kang Eka datang saja ikut rapat di...

Eka Santosa Terima Cawagub Jabar Anton Charliyan - Bahas Kedalaman Adat & Masa Depan Jabar

Eka Santosa Terima Cawagub Jabar Anton Charliyan - Bahas Kedalaman Adat & Masa Depan Jabar

destinasiaNews -- Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo yang juga Ketua Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum, serta Sekjen...

Pengunjung

01797324
Hari ini
Kemarin
342
1366