Pangdam III Siliwangi, Mayjen Doni Monardo: Serius, Pulihkan Sungai Citarum

IMG 20171204 110641
destinasiaNews – Pemandangan berbeda di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. Ini terjadi pada MInggu 3 Desember 2017. Ratusan prajurit TNI dari Kodam lll Siliwangi, sudah berhari-hari berkemah membenahi hulu sungai Citarum yang panjangnya sekitar 269 Km dari Kabupaten Bandung, mengular bermuara di Muara Gembong Kabupaten Karawang . Strateginya, area di sekitar hulu sungai di area situ Cisanti dibenahi dulu luar-dalam. Berlanjut, pembuatan clusteringsetiap 20 Km yang ditangani para perwira TNI yang bekerjasama dengan tokoh setempat. Targetnya, 6 bulan ke depan sungai Citarum airnya lebih bersih !
 
“Ruhnya kita kembalikan secara terpadu dengan satu komando. Ini yang selama ini tidak ada dalam semua program pembenahan sungai Citarum. Pak Gubernur itu komandonya ,” kata Pangdam III Siliwangi, Mayjen Doni Monardo di hadapan ratusan prajuritnya yang dihadiri perwakilan institusi, serta warga yang peduli pada pulihnya sungai Citarum.
 
“Kami malu, sungai Citarum masuk pada sepuluh sungai terkotor dunia,” kata Dedi Supardi (35) warga Kecamatan Kertasari yang sengaja ingin membuktikan – “Apa sih keinginan Pak Panglima sama Pak Bupati Bandung Dadang Nasser, serius nggak? Kalau seperti yang sudah-sudah, biasanya hilang tuh ditelan jaman?!
 
Keseriusan Doni patut diacungi jempol, ini diungkapkan Dadang (37) rekan Dedi Supardi yang mencrong sejak pagi di dekat panggung yang membentangkan layar bertuliskan Sabilulungan Melindungi Citarum. “Hebat, ini Pak Panglima bawa Si Kabayan Nyintreuk segala. Memang banyak pemimpin kita yang harusdisintreuk, mereka selama ini abai terhadap lingkungan. Rakyat mahbagimana pemimpinnya?”
 IMG 20171204 WA0013
Tak lain Si Kabayan Nyintreuk yang dulu diperankan budayawan Tisna Sanjaya terakhir di Kompas TV, hari itu diboyong langsung oleh Doni ke Desa Tarumajaya.”Saya tersanjung, dan ada idea yang sama soal keprihatinan mendalam untuk nasib sungai Citarum. Ini kan, sejauh mana level peradaban kita dalam menyikapi alam sekitar. Saya bersedia bekerjasama menggugah warga merevitalisasi sungai kesayangan kita,” papar Tisna Sanjaya yang hari itu sudah mempersiapkan kanvas besar untuk melakukan performance art di situ Cisanti –“Sayang tak bisa saya lakukan, lain kali saja. Hari ini padat sekali acaranya di lapang Kecamatan Kertasari.”
 
Aspirasi Warga
 
Yang khas pantauan redaksi  puluhan rekan Asep (37) yang dibawa oleh Kepala Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari, Efi Nur Taufik sengaja datang ke “Perhelatan Awal Pembenahan Sungai Citarum” ini. Menurutnya, Asep dan ratusan bahkan ribuan rekannya yang bekerja secara turun-temurun menggarap pertanian sayur-mayur di sekitar DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum:”Silahkan saja sungai Citarum dibenahi. Asal, sumber penghidupan kami ada penggantinya? Makanya kami datang ke sini sekarang. “
 
Uniknya, usai warga Sarongge Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur bergiliran memaparkan testimoni, berupa upaya mereka yang berhasil meninggalkan pola cocok tanam sayur-mayur di kemiringan lereng sekitar TNGP (Taman Nasional Gunung Pangrango). “Kalau kata orang Sarongge bisa hal yang sama dilakukan di sini ya bagus saja. Kami bersedia dapat bimbingan. Tapi itu tadi harus ada penggantinya buat isi perut anak dan istri kami,” seru Asep yang diamini rekan-rekannya .
 
Tak urung rekan Asep yang mengaku bernama Ujang,  spontan ia berkomentar tatkala ditanya bersediakah mengikuti perubahan mata pencaharian seperti yang dilakukan para petani kelompok Sarongge tadi? “Mau sajah atuh pak. Tapi jangan galak-galak atawa cepat-cepat. Bisa kan, pelan-pelan itu kambing, kelinci dibudidayakan di daerah kami. Tapi harus adil ya?”
 
Tanya, dari Forum DAS Citarum
 IMG 20171204 111701
Secara terpisah, seremoni di Lapang Kertasari (3/12/2017) yang melibatkan berbagai kalangan untuk membenahi sungai Citarum dikonfirmasi kepada Ketua Forum DAS Citarum, Eka Santosa, yang hari itu di Kertasari tidak tampak dalam deretan undangan.
 
”Secara prinsip, kami sangat mendukung revitalisasi terpadu untuk sungai Citarum. Ini sejalan dengan keinginan kami beberapa bulan lalu, malah sudah kami usulkan harus ada Perpres dari Presiden langsung untuk menanganinya. Terakhir katanya telah ditangani oleh  Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan. Itu pun bagus saja,” jawab Eka Santosa yang juga sebagai Ketua Gerakan Hejo.
 
Kala ditanya tentang penanganan limbah industri yang selama bertahun-tahun tak ada kemajuan secara signifikan di lapangan, terutama dari segi penegakan hukum.”Nah, soal ini kami yang sudah menyatakan perang terhadap penjahat lingkungan. Pihak Polda dan Kejaksaan, segeralah bertindak tegas. Jangan seperti yang sudah-sudah, rata-rata penindakannya hilang ditengah jalan,” tutup Eka Santosa yang secara khusus memberi kata salut atas upaya serius Pangdam lll Silwangi kali ini. (HS/SA) 
 


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197646
Hari ini
Kemarin
3342
4485