Eka Santosa & Tommy Soeharto di Cendana – Serius Bahas Ekonomi Kerakyatan pun Tatang Zaenudin …

IMG 20171207 203456
destinasiaNews - Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkaya Jawa Barat untuk kesekian kalinya, kali ini menindaklanjuti perbincangan sebelumnya, masih dengan Ketua Dewan Pembina Partai Berkarya, Hutomo Manda Putra (HMP) di kediamannya Jl. Cendana, Menteng, Jakarta Pusat (7/12/2017).
 
“Hampir dua jam kami berbincang selepas pukul 12.30 WIB. Banyak hal kami bahas. Utamanya, sejumlah program kepartaian yang bertumpu pada pengembangan ekonomi kerakyatan.”
 
Maksud bahasan ekonomi kerakyatan, tak lain menurut Eka:“Upaya mengembalikan kejayaan ekonomi bangsa melalui target baru swa sembada pangan. Ini contoh kecilnya,” paparnya melalui sambungan telepon seusai pertemuan khusus atas sepengetahuan Ketum Partai Berkarya, Neneng A Tutty.  
IMG 20171207 203439
Agenda lainnya yang dibahas antara Eka dengan HMP yang juga dikenal sebagai Tommy Soeharto, membahas rencana kedatangannya ke Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa di Pasir Impun,   Cimenyan Kabupaten Bandung. Diketahui di Alam Santosa, Eka sejak tahun era 2000-an, berhasil menghutankan kembali dibantu masyarakat adat se Jawa Barat, dan penduduk di sekitar Pasir Impun.
 
Sebelum tahun 2000-an, Kawasan di sekitar Alam Santosa, dikenal sebagai daerah kritis, sumber banjir dan longsor di Bandung Timur. Yang terjadi sekarang lahan seluas 4,5 hektar setelah ditangani lebih dari satu setengah dekade, menjadi lahan konservasi. Ribuan tanaman langka termasuk anggrek tradisional, serta aneka ikan endemik (lokal) yang hampir punah di Jawa Barat di budi-dayakan. Lainnya di luar dugaan, di Alam Santosa, muncul kembali mata air baru. Mata air ini menjadi sumber air bersih bagi ratusan kepala keluarga di sekitar Alam Santosa.
 
“Mas Tommy sangat tertarik datang ke Alam Santosa, Pasir Impun. Apalagi akan bertemu para pelaku ekonomi kerakyatan,” tambah Eka.
 
Ekonomi Kerakyatan itu
 
“Penjadwalan Mas Tommy ke Pasir Impun, bila tidak akhir Desember, mungkin awal Januari 2018,” jelas Eka sambil menerangkan kemungkinan akan membuat helipad di Alam Santosa – “Tentu, harus pula mengatur undangan bagi perwakilan pelaku ekonomi kerakyatan se Jawa Barat.”    
 
Hal lain yang sempat disinggung dalam petemuan ini:“Mas Tommy ternyata sudah banyak tahu tentang kiprah Gerakan Hejo dan keberadaan Alam Santosa sebagai pusat latihan dan pendidikan lingkungan hidup. Beliau memantaunya melalui media informasi,” terang Eka yang “meracik” khusus program kerja Partai Berkarya di Jawa Barat.
 
Sekedar info “racikan Pasir Impun” itu berupa dialektika, inti sari konsep Tri Sakti dari Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno, dengan Trilogi Pembangunan dari Presiden RI ke-2 Soeharto.
 
“Dalam Tri Sakti kerap dikemukakan pentingnya berdikari. Berdaulat di bidang politik, ekonomi, serta berkepribadian dalam bidang budaya. Begitu pun dalam konsep Trilogi Pembangunan. Ditekankan pentingnya stabilitas yang dinamis, pertumbuhan ekonomi, serta pemerataan pembangunan. Inti dua konsep ini, titik tumpunya pada pengembangan ekonomi kerakyatan yang nyata, itu saja dulu. Ekletis saja pendekatannya,” papar Eka yang untuk kesekian kalinya menjelaskan – “Itu tadi yang kami bahas serius dengan Mas Tommy. Beliau bersetuju, dan telah lama menindaklanjutinya. Nanti, di Alam Santosa, Pasir Impun pembuktiannya.”
 
Kala disinggung bukankah Gerakan Hejo selama ini tidak berafiliasi dengan partai mana pun? “Benar, Gerakan Hejo (GH) itu non partisan. Semata untuk perjuangan lingkungan hidup. Salah satu pendirinya sesepuh Jabar Mang Ihin atau Solihin GP, malah,” jelas Eka sambil menerangkan lebih jauh – “Harus diingat, GH itu lahir (2015 – red)  sebelum Partai Berkarya. Malah, di kepengurusan GH, personalnya dari partai yang berbeda. Ini uniknya, independensi GH jadi anutan beraktivitas di bidang lingkungan tanpa sekat-sekat kepartaian.”
 
Kuda Hitam, Paket Tatang Zaenudin
 
Sedikit bocoran dari pertemuan Eka dengan HMP, menurut Eka:”Selepas pertemuan ini akan langsung menemui Kang Tatang Zaenudin di Cijantung. HMP tadi mengundang juga Kang Tatang ke Cendana”.
 IMG 20171207 203422
Sekedar informasi, yang dimaksud undangan HMP ke Kang Tatang itu tak lain Mayjen (purn) Tatang Zaenudin, terakhir ia menjabat sebagai Deputy Operasi Basarnas. Selama ini paket Tatang Zaenudin dan Eka Santosa kerap disebut kuda hitam di Pilgub Jabar 2018. Kang Tatang ini maju ke Jabar 1 dengan “restu” dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo.
 
“Selama 08 (sebutan khusus untuk Prabowo) belum mencabut dukungan saya ke Jabar Satu. Saya tidak akan menghentikan (sosialisasi – red) ini. Beliau belum memerintahkan saya, menyetopnya,” demikian pegangan Kang Tatang yang hingga awal Desember 2017 ini, Prabowo subianto masih belum mengumumkan siapa yang maju di Partai Gerindra untuk Jabar Satu.
 
Nah, demikianlah sekilas kiprah Eka Santosa hari ini (7/12/2017), ia berangkat ke Jakarta menemui HMP di Cendana, sebagai Ketua DPW Partai Berkarya Jabar. Di luar itu ada agenda lain, ternyata?!
 
“Ini kan serba upaya, semata untuk rakyat Jabar. Dalam era demokrasi, sejauh dalam konteks normatif, mengapa tidak?” ujarnya yang sore itu ditemani rekannya Deni “Ozenk” Tudirahayu, dalam perjalanan menuju “sobatnya” Kang Tatang di bilangan daerah Cijantung, Jakarta Timur. (HS/SA)     
 


emgz2

Artikel lain...

Sarah Tsunami Mungkin Bisa Norolong Baca Al Qur’an

Sarah Tsunami Mungkin Bisa Norolong Baca Al Qur’an

Pasir Impun – Terpercik harapan dari ‘”ayi ajaib” Sarah Tsunami (11) yang terselamatkan oleh mukzizat Tuhan kala bencana tsunami menerpa...

Prihatin, Lingkungan Rusak, Tokoh Kab.Tasikmalaya Wilayah Selatan Sambangi DPP Gerakan Hejo

Prihatin, Lingkungan Rusak, Tokoh Kab.Tasikmalaya Wilayah Selatan Sambangi DPP Gerakan Hejo

destinasiaNews -  Didorong oleh rasa kesal sekaligus prihatin atas sejumlah kerusakan lingkungan di wilayah selatan Kabupaten Tasikmalaya dalam 10 tahun...

Ratusan Anggota PSM Unpad Berlatih di Alam Santosa – Munculkan Inspirasi Baru  

Ratusan Anggota PSM Unpad Berlatih di Alam Santosa – Munculkan Inspirasi Baru   

destinasiaNews – Suasana Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa yang biasa disebut Alam Santosa, di Pasir Impun kecamatan Cimenyan...

Empati Bupati Garut  ke Kaum Disabilitas: Bangun Rumah Sakit & Rumah Seni

Empati Bupati Garut  ke Kaum Disabilitas: Bangun Rumah Sakit & Rumah Seni

destinasiaNews - Bupati Garut, Rudi Gunawan, ketika menerima kunjungan pengurus Lembaga Pencinta Lingkungan Hidup Indonesia Metamorphosis (LPLHI Metaz), Gerakan Hejo,...

Eka Santosa & Tommy Soeharto di Cendana – Serius Bahas Ekonomi Kerakyatan pun Tatang Zaenudin …

Eka Santosa & Tommy Soeharto di Cendana – Serius Bahas Ekonomi Kerakyatan pun Tatang Zaenudin …

destinasiaNews - Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkaya Jawa Barat untuk kesekian kalinya, kali ini menindaklanjuti perbincangan sebelumnya, masih dengan...

Pengunjung

01731236
Hari ini
Kemarin
1065
1586