Bawaslu Nyatakan Partai Berkarya Lolos Verifikasi Faktual – Kader Tetaplah Fokus, Kata Eka Santosa

IMG 20171223 234940
destinasiaNews – Dengan mengucap syukur para kader Partai Berkarya se Indonesia pada Jumat siang 23 Desember 2017, meluapkan kegembiraan di berbagai lini masa. Pantauan redaksi  di salah satu group WA, terungkap:“Kami jadi makin fokus merawat dan mengembangkan Partai Berkarya. Ambillah hikmahnya dari peringatan Komisi Pemilihan Uumum (KPU). Diakui, kita sempat tersendat minggu lalu (15/12/2017). Sekarang, justru makin cinta dan habis-habisan membina partai ini. Seharusnya, begitu kan Bro?,” itu cuplikannya, kata Roni Supriatna, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Pangandaran.
 
Munculnya berita di berbagai lini massa pada Sabtu, 23 Desember 2017,  Partai Berkarya melaju ke tahap verifikasi faktual usai pemenuhan syarat, perbaikan verifikasi administrasi, hal ini direspon positip oleh kadernya. Secara khusus, Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Barat, Eka Santosa:”Ini tahap pendewasan bagi kami. Melalui kesempatan ini, tetaplah fokus menghadapi tahapan selanjutnya. Masih panjang jalan kita …”
 
Senada dengan Eka Santosa, dihubungi secara terpisah beberapa jam usai pengumuman Bawaslu RI:”Tetaplah kita sebagai kader, bekerja lebih serius membangun partai ini. Hindarkanlah berpolemik yang secara internal hanya akan mmbuang enerji”, papar Robin Goeltom Sekertaris DPW Partai Berkarya Jawa Barat.
 
Mediasi Bawaslu
 
Diketahui partai yang menempatkan Tommy Soeharto sebagai Ketua Dewan Pembina ini diumumkan tak lolos verifikasi administrasi oleh KPU (15/12/2017). Seminggu kemudian mengajukan gugatan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Hasilnya, permohonan Partai Berkarya dikabulkan, usai m melewati proses mediasi.
 
Dalam pemberitaan, anggota Bawaslu RI Fritz Edward Siregar telah melakukan mediasi untuk Partai Berkarya dan KPU pada Jumat (22/12/2017). Mediasi yang dilakukan Bawaslu untuk gugatan Partai Berkarya, menurutnya mengacu pada Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. 
 
Menurut Fritz seperti yang banyak dilansir media massa, Partai Berkarya diberi waktu 2 x 24 jam untuk memperbaiki beberapa kekurangan, berupa kesalahan sinkronisasi data di pusat dan daerah terkait, dengan persyaratan administrasi.
 
 
Minggu Lalu itu …
 
Seperti pengumuman pada Jumat lalu (15/12/2017), KPU menyatakan 12 partai politik lolos tahap verifikasi administrasi. Mereka berhak mengikuti seleksi administrasi. Tercantum, dua parpol dinyatakan tidak lolos ke tahap verifikasi administrasi, Partai Berkarya dan Partai Garuda.
 
Adapun 12 partai yang dinyatakan lolos ke tahap verifikasi faktual, sebelumnya: Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Demokrat, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Partai Golkar) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem (NasDem), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). (HS/dtn)
 


emgz2

Artikel lain...

Di Akhir Ramadhan JBN Kembali Salurkan Paket Lebaran Untuk Wartawan dari Pengusaha Kuliner

Di Akhir Ramadhan JBN Kembali Salurkan Paket Lebaran Untuk Wartawan dari Pengusaha Kuliner

    destinasiaNews - Jurnalis Bela Negara (JBN) untuk yang keenam kalinya menyalurkan paket Lebaran untuk para Wartawan Bandung yang...

JBN Salurkan Sembako dari DR Yerry Yanuar Untuk Wartawan Terdampak Covid-19

JBN Salurkan Sembako dari DR Yerry Yanuar Untuk Wartawan Terdampak Covid-19

destinasiaNews - Jurnalis Bela Negara (JBN) di masa Pandemi Virus Corona (Covid-19) kembali menyalurkan paket bahan pokok untuk para Wartawan...

Polda Jabar Peduli Pandemi Covid-9, Bagikan 1.200 Paket Sembako untuk Guru Ngaji

Polda Jabar Peduli Pandemi Covid-9, Bagikan 1.200 Paket Sembako untuk Guru Ngaji

    destinasiaNews – Berlokasi di Sekretariat tiga wadah kegiatan guru non formal atau guru ngaji yang tergabung pada FKDT...

The Papandayan Terapkan Standar Kesehatan dan Kebersihan Baru Menyambut "New Normal"

The Papandayan Terapkan Standar Kesehatan dan Kebersihan Baru Menyambut "New Normal"

destinasiaNews – Hotel The Papandayan menerapkan standar protokol kesehatan dan kebersihan “baru” dalam menyikapi perilaku “new normal”, yaitu program The Papandayan Stay...

JBN Salurkan Kebutuhan Pokok Untuk Wartawan dari PPSCMB dan Bima Sakti – Badai Pasti Berlalu...

JBN Salurkan Kebutuhan Pokok Untuk Wartawan dari PPSCMB dan Bima Sakti – Badai Pasti Berlalu...

  destinasiaNews – Untuk kesekian kalinya Jurnalis Bela Negara (JBN) kembali menyalurkan 15 Paket kebutuhan pokok (sembako) bagi para Wartawan...

Pengunjung

05334751
Hari ini
Kemarin
93
6023