Tinggal di Asrama Bisa Lebih Unggul, Kenapa?

DH3

DestinasiaNews - Dewasa ini para orang tua semakin selektif dan hati-hati dalam memilih sekolah bagi putra-putrinya. Hal tersebut karena kekhawatiran pada perkembangan era milenial yang bisa saja mengganggu proses ke arah pertumbuhan amak yang baik. Anak lebih memilih menyibukkan diri dengan hal-hal serupa kesenangan duniawi ketimbang meningkatkan kualitas belajar, moral dan juga agamanya. Belum lagi ancaman tindak kejahatan terhadap kalangan remaja, seperti tindak kejahatan asusila yang sering menjadikan remaja usia sekolah sebagai korban.

Sekolah-sekolah pun merespon dengan mengedepankan pendidikan agama dan moral sebagai nilai dasar yang diajarkan kepada siswa-siswanya, selain menimbulkan rasa aman selama mengikuti jenjang pendidikan. Namun tidak semua lembaga pendidikan kompeten dalam mengusung konsep tersebut. Kalau pun ada, lokasinya jauh dari kediaman.

DH2

Di Bandung, sejak tahun 1986 telah berdiri sebuah sekolah dari Yayasan Pendidikan Darul Hikam yang mengusung konsep dasar di atas. Selain sekolah, Darul Hikam juga menyediakan asrama untuk mengakomodir para siswa yang berasal dari luar Bandung bahkan luar Pulau Jawa.

“Karena perkembangan yayasan yang begitu signifikan, mulai banyak peminat-peminat dari luar pulau seperti Sumatera dan Kalimantan. Nah, mereka ini butuh tempat tinggal yang nyaman dan aman, makanya kami sediakan asrama sebagai tempat tinggal,” tutur Entin Supartini, Kepala Asrama Putri Darul Hikam yang berlokasi di Jl. Dago Pakar Utara, Bandung.

Menurut Entin, asrama ini bisa jadi solusi dalam mengatasi kekhawatiran para orang tua terhadap kondisi anaknya, baik dari segi makanan, kenyamanan tempat tinggal, pergaulan bahkan kegiatan belajarnya. Siswa yang tinggal di asrama biasanya punya nilai lebih, utamanya di bidang agama. “Dari segi akademisnya juga, anak asrama ga kalah oleh anak-anak yang lainnya. Buktinya tahun lalu UN tertinggi di Darul HIkam itu anak asrama,” lanjut Entin sumringah.

Dia asrama tersebut ada program tadaruz, belajar tahsin, tahfidz dan sholat berjamaah. Selain itu,  ada pula sanksi bagi yang tidak ikut shalat berjamaah atau tidak ikut program yang telah ditentukan. “Untuk meningkatkan kemampuan anak juga kita ada muhadharah di setiap minggunya,” kata Entin.

Intan,  salah seorang siswi yang tinggal di asrama mengatakan, “Awalnya milih asrama itu dipaksa orang tua. Kan aku jauh dari Riau,” katanya. Bersekolah di Darul Hikam memang keinginan Intan.  Dan ayahnya mengizinkan asal Intan tinggal di asrama. “Eh, ternyata disini enak dibanding nge-kost. Makannya dijaga, temennya juga enak dan sholatnya juga ada yang ngingetin,” sambung siswa yang datang dari tempat terjauh dari Darul Hikam.

DH4

 

Selain Intan ada juga Shenny siswa asrama yang berasal justru dari kota Bandung sendiri.  Semula dia ingin bersekolah di sekolah negeri. “Ngapain di asrama kalo masih di Bandung..... Dulu mikirnya gitu,”  tutur Shenny. Namun lama-kelamaan dia merasa nyaman juga.... “Ngerasa ada yang jagain, gitu,” pungkas Shenny.

Liburan semester gasal awal Desember lalu, Asrama Putri Darul Hikam mengadakan kegiatan pelatihan dasar dalam upaya pembentukan Organisasi Siswa Asrama Puteri Pakar (OSKAR). Selain untuk pembelajaran siswa dalam berorganisasi, OSKAR ini dibentuk agar program-program yang sudah ada di Asrama dapat berjalan maksimal dan ada juga program-program baru yang hadir dari ide siswa-siswa asrama.

Kegiatan ini bekerja sama dengan para purna dari Protokol Pramuka UIN SGD Bandung sebagai fasilitator. Hal inilah yang menjadikan asrama ini bisa unggul dari asrama-asrama yang lain. “Intinya kalau anak sekolah yang diasramakan itu semuanya terkondisikan, bahkan mampu bersaing untuk  menjadi siswa yang unggul yang mendapatkan prestasi,” kata Entin menutup bincangan. (KR/Team).-


emgz2

Artikel lain...

Baliwood Land, Akan Gelar Seminar Efek Make Up Artis Film

Baliwood  Land, Akan Gelar Seminar Efek Make Up Artis Film

destinasiaNews –Di era digital, teknologi memang bisa jadi sangat membantu dalam hal pembuatan film. Salah satu kontribusi nyata adalah lewat...

Menpar Arief Yahya, Menjadi Pembicara Utama Pada Seminar Transformasi Bisnis di MM-FEB Unpad

Menpar Arief Yahya, Menjadi Pembicara Utama Pada Seminar Transformasi Bisnis di MM-FEB Unpad

destinasiaNews - Fenomena revolusi industri 4.0 telah mentransformasi ekonomi, pekerjaan, dan bahkan masyarakat sendiri. Teknologi fisik dan digital yang digabungkan dengan...

Memperingati Hari Pahlawan, Presiden Jokowi Naik Sepeda Ontel Mengenakan Seragam Pejuang “Tempo Doeloe”

Memperingati Hari Pahlawan, Presiden Jokowi  Naik Sepeda Ontel Mengenakan Seragam Pejuang “Tempo Doeloe”

destinasiaNews– Setelah selesai menghadiri upacara memperingati Hari Pahlawan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung, Jawa Barat,...

Presiden Jokowi Hadiri Deklarasi Jabar Kondusif Di Bandung, Tunggangi Motor Street Tracker

Presiden Jokowi Hadiri Deklarasi Jabar Kondusif  Di Bandung, Tunggangi Motor Street Tracker

destinasiaNews –Pada hari kedua kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandung, menghadiri acara Deklarasi Jawa Barat Kondusif, yang diikuti...

KBIH Hudiyal Huda Cileunyi Memulai Manasik Ibadah Haji Tahun Keberangkatan 2019

 KBIH Hudiyal Huda Cileunyi  Memulai Manasik Ibadah Haji Tahun Keberangkatan 2019

  destinasiaNews – Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Yayasan Hudiyal Huda (Hud Hud), pada 10 November 2018 memuliai program...

Pengunjung

02792292
Hari ini
Kemarin
2472
3395