Tinggal di Asrama Bisa Lebih Unggul, Kenapa?

DH3

DestinasiaNews - Dewasa ini para orang tua semakin selektif dan hati-hati dalam memilih sekolah bagi putra-putrinya. Hal tersebut karena kekhawatiran pada perkembangan era milenial yang bisa saja mengganggu proses ke arah pertumbuhan amak yang baik. Anak lebih memilih menyibukkan diri dengan hal-hal serupa kesenangan duniawi ketimbang meningkatkan kualitas belajar, moral dan juga agamanya. Belum lagi ancaman tindak kejahatan terhadap kalangan remaja, seperti tindak kejahatan asusila yang sering menjadikan remaja usia sekolah sebagai korban.

Sekolah-sekolah pun merespon dengan mengedepankan pendidikan agama dan moral sebagai nilai dasar yang diajarkan kepada siswa-siswanya, selain menimbulkan rasa aman selama mengikuti jenjang pendidikan. Namun tidak semua lembaga pendidikan kompeten dalam mengusung konsep tersebut. Kalau pun ada, lokasinya jauh dari kediaman.

DH2

Di Bandung, sejak tahun 1986 telah berdiri sebuah sekolah dari Yayasan Pendidikan Darul Hikam yang mengusung konsep dasar di atas. Selain sekolah, Darul Hikam juga menyediakan asrama untuk mengakomodir para siswa yang berasal dari luar Bandung bahkan luar Pulau Jawa.

“Karena perkembangan yayasan yang begitu signifikan, mulai banyak peminat-peminat dari luar pulau seperti Sumatera dan Kalimantan. Nah, mereka ini butuh tempat tinggal yang nyaman dan aman, makanya kami sediakan asrama sebagai tempat tinggal,” tutur Entin Supartini, Kepala Asrama Putri Darul Hikam yang berlokasi di Jl. Dago Pakar Utara, Bandung.

Menurut Entin, asrama ini bisa jadi solusi dalam mengatasi kekhawatiran para orang tua terhadap kondisi anaknya, baik dari segi makanan, kenyamanan tempat tinggal, pergaulan bahkan kegiatan belajarnya. Siswa yang tinggal di asrama biasanya punya nilai lebih, utamanya di bidang agama. “Dari segi akademisnya juga, anak asrama ga kalah oleh anak-anak yang lainnya. Buktinya tahun lalu UN tertinggi di Darul HIkam itu anak asrama,” lanjut Entin sumringah.

Dia asrama tersebut ada program tadaruz, belajar tahsin, tahfidz dan sholat berjamaah. Selain itu,  ada pula sanksi bagi yang tidak ikut shalat berjamaah atau tidak ikut program yang telah ditentukan. “Untuk meningkatkan kemampuan anak juga kita ada muhadharah di setiap minggunya,” kata Entin.

Intan,  salah seorang siswi yang tinggal di asrama mengatakan, “Awalnya milih asrama itu dipaksa orang tua. Kan aku jauh dari Riau,” katanya. Bersekolah di Darul Hikam memang keinginan Intan.  Dan ayahnya mengizinkan asal Intan tinggal di asrama. “Eh, ternyata disini enak dibanding nge-kost. Makannya dijaga, temennya juga enak dan sholatnya juga ada yang ngingetin,” sambung siswa yang datang dari tempat terjauh dari Darul Hikam.

DH4

 

Selain Intan ada juga Shenny siswa asrama yang berasal justru dari kota Bandung sendiri.  Semula dia ingin bersekolah di sekolah negeri. “Ngapain di asrama kalo masih di Bandung..... Dulu mikirnya gitu,”  tutur Shenny. Namun lama-kelamaan dia merasa nyaman juga.... “Ngerasa ada yang jagain, gitu,” pungkas Shenny.

Liburan semester gasal awal Desember lalu, Asrama Putri Darul Hikam mengadakan kegiatan pelatihan dasar dalam upaya pembentukan Organisasi Siswa Asrama Puteri Pakar (OSKAR). Selain untuk pembelajaran siswa dalam berorganisasi, OSKAR ini dibentuk agar program-program yang sudah ada di Asrama dapat berjalan maksimal dan ada juga program-program baru yang hadir dari ide siswa-siswa asrama.

Kegiatan ini bekerja sama dengan para purna dari Protokol Pramuka UIN SGD Bandung sebagai fasilitator. Hal inilah yang menjadikan asrama ini bisa unggul dari asrama-asrama yang lain. “Intinya kalau anak sekolah yang diasramakan itu semuanya terkondisikan, bahkan mampu bersaing untuk  menjadi siswa yang unggul yang mendapatkan prestasi,” kata Entin menutup bincangan. (KR/Team).-


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197635
Hari ini
Kemarin
3331
4485