Solihin GP Kunjungi Mie & Nasi Goreng Ibu Sani - Pak Suyud: Nostaligia Kuliner, Katanya

Mang ihinbah landoeng 1destinasiaNews – Mengupas kembali, perihal salah satu legenda kuliner kota Bandung. Kali ini, jatuh pilihannya ke Mie & Nasi Goreng Ibu Sani – Pak Suyud di Jalan Mangga, kota Bandung. Tepatnya, warung legendaries ini berada di teras toko ‘zaman baheula’ Cairo: “Ini buktinya Mang Ihin (Solihin GP, Gubernur Jabar 1970 – 1974) kesini pada 22 dan 24 Januari ini,” kata Abah Landoeng (92), kala secara tidak sengaja, redaksi mampir ke warung ‘kuliner djadoel’ ini pada Senin, 29 Januari 2018.

 

Menurut Ibu Sani, generasi kedua dari Pak Suyud yang mangkat pada usia 90-an pada tahun 1992:“Ya, dua kali ke sini. Yang dipesan Bapak Sepuh (Solihin GP), hari pertama seperti dulu nasi goreng, mie goreng, cap cay. Hari kedua agak beda, ia sangat menikmati tutut, buntil, seupan taleus, dan kerupuk ragendar.”

 

Selanjutnya, masih kata Ibu Sani yang sepenuhnya kini meneruskan warisan mengolah mie & nasi goreng yang kata banyak pelanggan fanatiknya punya rasa “buhun alias kuliner klasik” karena salah satunya dipanaskan dengan tungku gowesnya yang unik sejak era 1960-an:“Katanya, Bapak Sepuh mau ke sini lagi. Nanti pesan nasi goreg pake udang. Saya, tentu harus mempersiapkan udangnya, secara khusus.”

 

Perihal kehadiran Mang Ihin sapaan akrab Solihin GP (92) melalui putrinya Yani SGP ke warung ini, ia membenarkannya. “Sudah sejak lama Ayah saya menyenangi kuliner yang punya rasa khas di kota Bandung. Salah satunya warung Pak Suyud ini. Mereka bernostalgia …”

 

Yani SGP sendiri, ketika tahu yang mengantar Ayahnya adalah Adalah Abah Landoeng (92).”Ya, Abah Landoeng sendiri adalah guru saya, saat di SMPN 5 Bandung dahulu. Pasti klop-lah. Mereka ini bersahabat dalam kegiatan lingkungan dan anti korupsi di Jawa Barat.”

 

Kisah Tungku Gowes

Perihal tungku gowes yang khas dan diawaki seseorang, tatkala Ibu Sani mengolah kulinernya, menurut Abah Landoeng:”Justru aroma bahan bakar arang, itulah yang jadi pembeda dengan kuliner masa kini yang serba gas bahan bakarnya.”

 

Tidak heran, warung yang dibuka setiap hari kecuali Minggu, sejak pukul 11 siang hingga petang, kerap didatangi pelanggan khusus. “Hampir semua pelanggan di sini sudah kenal siapa ibu bapaknya. Terkadang, sekarang pelanggan itu anak-anaknya ketika ibu bapaknya masih berkuliah di Bandung dulu,” jelas Abah Landoeng.

 

Kata Konsumen 

“Beda sekali rasanya dengan mie dan nasi goreng biasa. Ini ada aroma arang, jadinya nikmat,” kata Ny. Irwina (47) yang siang itu bersama putra-putrinya, menikmati hidangan Ibu Sani bersama kerabatnya yang tinggal di daerah Dago kota Bandung.

 

mang ihinbah landoeng 2Kesimpulannya, bagi para pemburu kuliner djadoel di kota Bandung, silahkan diicip-icip street food di jaman millennia yang kental bercita-rasa buhun atawa klasik.

 

Sekadar info, dahulu kawasan Jl. Mangga ini sohor dengan sebutan ‘Pasar Tjeplak’. Penasaran kan? Ternyata, kuliner ini masih diburu Mang Ihin Gubernur Jawa Barat yang sohor dengan Rakgantang (Gerakan Gandrung Tatangkalan). Nah, silahkan berburu kuliner legenda Bandung sejak era Konperensi Asia Afrika 1955 – “Dulu itu sama Pak Suyud seperangkat alat masaknya, masih dipikul secara berkeliling di wilayah Cicadas hingga mangkal seringnya di Jl, Mangga ini,” pungkas Abah Landoeng yang tampak fresh pada usianya yang lanjut.

 

Boleh curiga, Abah Landoeng tampak fresh di usianya, tersebab mie dan nasi goreng Bu Sani – Pak Suyud?  (HS)


emgz2

Artikel lain...

Peringatan Bandung Lautan Api Lebih Afdol di Stadion Siliwangi. Mengapa?

Peringatan Bandung Lautan Api Lebih Afdol di Stadion Siliwangi. Mengapa?

DestinasiaNews – Di setiap bulan Maret Kota Bandung memiliki tradisi memperingati peristiwa Bandung Lautan Api (BLA). Peristiwa BLA itu sendiri...

BPNB Jabar Selenggarakan Jetrada 2019 ke Cirebon dan Indramayu

BPNB Jabar Selenggarakan Jetrada 2019 ke Cirebon dan Indramayu

Destinasianews – Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Jawa Barat kembali menggelar kegiatan rutin tahunan Jejak Tradisi Daerah (Jetrada) ke daerah...

Indonesia-Australia Gelar Dialog Lintas Agama di Bandung: “Memunculkan Kesepahaman”

Indonesia-Australia Gelar Dialog Lintas Agama di Bandung:  “Memunculkan Kesepahaman”

  destinasiaNews - Bertempat di De Paviljoen Hotel di Jalan RE Martadinata No. 68 Bandung, pada Rabu, 13 Maret 2019,...

Yello Hotel Paskal Hadirkan Amarga Exhibition, Peringati International Woman’s Day

Yello Hotel Paskal Hadirkan Amarga Exhibition, Peringati International Woman’s Day

  destinasiaNews - YELLO Hotel Paskal kembali menjadi wadah kegiatan kreatif anak muda di Bandung. Dalam rangka memperingati International Woman’s...

SIM Pelajar Temporer Diusulkan Diskusi Panel FPSH Jabar

SIM Pelajar Temporer Diusulkan Diskusi Panel FPSH Jabar

destinasiaNews - Bertempat di Aula Yudistira Pendopo Kabupaten Purwakarta, 500 Pelajar perwakilan SMA,SMK dan MA di Kabupaten Purwakarta mengikuti Pembekalan...

Pengunjung

03084935
Hari ini
Kemarin
3111
2920