Wow - Gina Sadeli Pimpin The Universal Line Dance Cabang Kota Bandung – Dansa Sehat Lahir Bathin  

IMG 20180405 WA0009
destinasiaNews -  Rona dan suasana Convention Hall Puri Cipaganti di Jl. Cipaganti kota Bandung pada Rabu, 4 April 2018, ada yang tak biasa. Tengoklah di  lantai dua gedung ini, ada ratusan kaum ibu paruh baya memenuhi segala sudut. Wow ternyata, hari itu Gina Sadeli (59) yang katanya sudah bercucu 5 dari 4 putra-putrinya, ia dan rekannya menggelar helatan khusus. Ia dilantik sebagai Ketua  The Universal Line Dance (ULD) Cabang Kota Bandung.
 
Galibnya, line dancIe atawa dalam bahasa Indonesia bisa disebut dansa berderet. Ini seperti tari Poco-poco dan Sajojo. Secara medis dan ditinjau dari unsur leisure, kegiatan ini masuk kategori olahraga ringan namun menyenangkan lahir bathin. Para konsultan kesehatan dan psikolog, tidak jarang menganjurkan mempraktikkan jurus-jurus dansa berderet.
 
“Biar Hepi dan tidak pikun. Gerakan pada setiap lagu berirama Cha Cha Cha, Bosanova, Jazz, Rock, hingga Soul, R & B, serta lainnya, punya format tersendiri. Jadi, daya ingat pun selalu terasah,” papar Gina Sadeli yang tampak selalu sumringah didampingi suaminya Mugi Sujana yang juga sebagai Pembina ULD Cabang Kota Bandung.
 
Terdaftar menurut catatan Gina Sadeli, anggota ULD diluar 30 orang pengurus:”Sekitar 200 lebih yang aktif. Bagi yang berminat gabung, datang dan daftar saja di tempat kami berkegiatan.”  
 
Uraian D Mulyati Abun yang mengaku sebagai Pembina ULD Cabang Kota Bandung, yang tampak bangga punya 10 incu(cucu):”Dulu saya suka   olah raga aerobic, dan tenis, sekarang renang,  diseling dengan line dance atau dansa berderet. Alhamdulillah, tak terkena penyakit terutama tak pikun atau ku’uleun  (tak responsive). Pegel-pegel juga tak ada,” ujarnya dengan nada riang nan gembira.
 
Bonusnya bagi sesiapa yang hadir hari itu di Puri Cipaganti, pelantikan yang dihadiri pengurus ULD tingkat pusat,  tingkat Jawa Barat, dan kota-kota lainnya di Jabar, pada akhir sesi diisi kegiatan demo line dance dari berbagai  komunitas yang ada di Bandung. Momen, inilah yang ditunggu mayoritas para ibu tadi.
 
“Tak sabar saya ingin tampil,” spontan terlontar dari seorang ibu paruh baya di sebelah tempat duduk di barisan belakang.  
 
Segeralah Mengisi Program
 
Momen yang ditunggu itu tiba. Berbagai komunitas ULD yang biasa berkegiatan di sudut-sudut kota Bandung, seperti di Bumi Sangkuriang, Braga City Walk, Bumi Samami, serta di Car Free Day, sempat unjuk kabisa di Puri Cipaganti. Spontan, tempik sorak dan tepuk tangan silih berganti membahanakan ‘ball room’ Puri Cipaganti. Tampaknya, mereka mengapresiasi ke setiap grup penampil.    
 
“Nah, ini bagusnya line dance itu sangat terbuka. Dansanya tak bersentuhan seperti dansa biasanya. Busana pun formal, tak ada etika yang dilanggar,” urai pasangan yang tampak selalu ceria dan setia, tak lain Adang Suhara (72), dan Ny. Sriyani Purwati (67).  
 
Titik puncak acara yang menarik lainnya, Pembina ULD Cabang Kota Bandung Mugi Sujana yang tak lain tokoh Ketua Ormas BBC, memberikan kata sambutan. Ia paparkan dengan roman kalem dan berwibawa, katanya ada penyakit esensial yang selalu melanda sebuah organisasi.  
 
”Bila kepengurusan sudah terbentuk, jangalah ‘tukcing’. Maksudnya, setelah terbentuk lalu cicing alias diam. Idealnya, bila terbentuk segera membuat program jangka menengah atau panjang. Lanjutnya, kita praktikkan bersama-sama.” (HS)
 


emgz2

Artikel lain...

Upaya Cegah Pikun, Komunitas Handycrafts Bandung Gelar Workshop Kemikomi

Upaya Cegah Pikun, Komunitas Handycrafts Bandung Gelar Workshop Kemikomi

destinasiaNews - Kota Bandung tercatat sebagai salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network. Dikukuhkan oleh Organisasi Pendidikan,...

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

destinasiaNews– Heboh pemberitaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo yang sempat memanggungkan pasangan ‘Raja’ Toto Santosa dan ‘Ratu’ Fanni Aminadia, yang...

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

destinasiaNews– Melanjut maraknya kegiatan reboisasi lahan kritis di KBU (Kawasan Bandung Utara), sedikitnya 2.900 bibit tanaman keras, pada hari Sabtu...

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

destinasiaNews – Walikota Bandung Oded M Danial dakam kunjungannya ke Komunitas Bandung Hydromarket (KBH) di Sekertariatnya Jl. Pirus Galuh 3,...

Satgas Citarum Sektor 21-12 Giat Bebersih di Aliran Anak Sungai Ciwidey Kampung Patrol

Satgas Citarum Sektor 21-12 Giat  Bebersih di Aliran Anak Sungai Ciwidey Kampung Patrol

  destinasiaNews. – Kegiatan bebersih sungai dalam program Citarum harum maka aktifitas Satgas Citarum Harum Sektor 21 subsektor 12 Soreang...

Pengunjung

04760416
Hari ini
Kemarin
2700
4246