Tanggulangi Banjir Rutin Majalaya, Sektor IV Citarum Benahi Sempadan Kali – Bongkar Dinding Pabrik

IMG 20180429 163949
destinasiaNews – Batas kesabaran Didi warga Desa Biru RW 04 RT 01 Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung, Jawa Barat, hari Minggu, 28 April 2018 seperti tersalurkan. Pasalnya, penyempitan dan pendangkalan sejumlah kali di sepanjang jalan Laswi Majalaya dalam dua dekade terakhir, sebagai salah satu penyebab banjir rutin di daerahnya dibongkar paksa.
 
“Hari ini baru satu dulu sempadan di di pabrik tekstil PT Sinar Agung, temboknya dimudurkan sekitar 2,5 meter. Besok, pabrik di sebelahnya juga dibongkar,” papar Kolonel Inf. Kustomo, Komandan Sektor IV Citarum Harum yang didampingi Joko Dwi Priyono, ST.MSi, PPNS sebagai Humas BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) Citarum.
IMG 20180429 163924 
Hari itu Kustomo dengan pembawaannya yang tegas dan berwibawa berhasil secara simbolis membawa alat berat bantuan BBWS Citarum, meruntuhkan sebagian tembok di kawasan pabrik tekstil PT Sinar Agung.
 
”Kenapa hanya simbolis meruntuhkannya? Ini karena pemilik pabriknya, dua hari lalu ketika saya datangi, mau membongkar secara sukarela. Begitu juga nanti 16 pabrik lainnya di Majalaya akan melakukan hal yang sama.”
 
Bagi Camat Majalaya, Ajat Sudrajat, masih di lokasi pembongkaran menyatakan apresiasi:”Ini program revitalisasi Sungai Citarum yang menurut saya terbaik. “Soalnya, bapak-bapak TNI hadir langsung setiap saat di lapangan dengan karya nyata. Semoga banjir di kawasan ini akan berkurang.”
 
Temuan Buangan Limbah  
 IMG 20180429 164350
Sebelum dilakukan pembongkaran simbolis tempok di pabrik tekstil PT Sinar Agung, pada hari itu tim Citarum Harum memasuki kawasan kali atau anak sungai Citarum  tepatnya outlet Cikacembang milik PT CBIP. “Tuh, lihat betapa mereka seenaknya buang limbah cair. Itu warnanya hitam dan berbau. Inilah salah satunya yang mencemari Sungai Citarum, jelas Kustomo dihadapan puluhan awak media dan beberapa Kepala Desa di antaranya Biru, Pada Ulun, dan Sukamukti.
 
Tampak semua yang hadir melihat dengan mata kepala sendiri, perihal pembuangan limbah cair dari pabrik tekstil PT CPIB, hanya bisa mengurut dada.
 
“Seperti inilah Sungai Citarum dikotori selama bertahun-tahun. Anehnya aparat setempat sepertinya cuek ajeh” lontar beberapa awak media dengan muka kesal –“Untung ada program Citarum Harum…”. (HS/SA) 
IMG 20180429 164009
 


emgz2

Artikel lain...

Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

destinasiaNews - Usai pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 27/6/2018 lalu, Tim Peneliti dari Pusat Studi Politik...

Crown Group Pasarkan Hunian Vertikal ke Indonesia

Crown Group Pasarkan Hunian Vertikal ke Indonesia

destinasiaNews – Sebuah perusahaan terkemuka dari Australia, yang memiliki se-gudang pengalaman dan penghargaan yaitu Crown Group Holdings (Crown Group), merupakan...

TUNA LOVERS at EMPAT DARA 2

TUNA LOVERS at EMPAT DARA 2

destinasiaNews – Destiners, khususnya bagi yang tinggal di daerah Sukabumi – Jawa Barat, apalagi yang mengaku Tuna Lovers, sudahkah mencoba...

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

destinasiaNews – Berlokasi di Kawasn Ekowisata dan Budaya Alam Santosa tepatnya di Pasir Impun, Cimenyan Kabupaten Bandung, ngaring (berkumpul) sejumlah...

PESTA RAKYAT 9TH - Celebrate Our Physics

PESTA RAKYAT 9TH - Celebrate Our Physics

destinasiaNews – Hallo Destiners! Sadarkah kita, bahwa perkembangan sains dan teknologi melaju dengan cepat di segala aspek kehidupan sekarang ini?...

Pengunjung

02241325
Hari ini
Kemarin
637
2750