Jurnalis ‘Mangprang JPC’ Disekutukan Persoalan Berat Citarum, Beginilah Jadinya

Tim JPC di lapanganDestinasianews– Ini sedikit ihwal sedikit bocoran bagaimana para jurnalis beda-beda mazhab bersatu, bersekutu di JPC – Jurnalis Peduli Citarum. Hingga 27 Juni 2018 terdaftar sekitar 45 jurnalis ‘mangprang’ JPC. Dikatakan mereka ‘mangprang’, karena urat takutnya sudah putus – mengungkap kebenaran tentang betapa buruknya penanganan DAS (Dae

rah Aliran Sungai) Citarum sebagai urat nadi kehidupan puluhan juta warga Jabar.

 

JPC lahir seiring terbitnya Perpres No 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum. Yang diperjuangkan itu, bagaimana merevitalisasi sungai sepanjang hampir 297 km dari Cisanti hingga ke Muara Gembong di utara Jabar, pulih seperti sungai yang seharusnya berperan layak minum, layak bagi ekosistem, bahkan layak untuk berenang.

 

Saat rapat JPC yang kesekian kali di Sekertariatnya di Jl. Situ Cileunca No. 17 Kota Bandung, hadir sekitar 25 anggotanya. Sang Ketua JPC, Setio SH, MH yang akrab disapa Bang Tio, buka suara. Menurutnya, rapat kali ini semoga fokus pada sejumlah program kerja, dan arah JPC.

 

“Tujuannya, profesionalitas dan kinerja kita meningkat. Otomatis implementasi Perpres No 15 Tahun 2018 yang dirancang 7 tahun ke depan demi revitalisasi DAS Citarum, bisa tercapai.”

 

Hasil lainnya, jurnalis senior Herry KS, Adi Raksanagara, Isur Suryana, serta lainnya angkat bicara. Muaranya, hendak dibawa kemana JPC?

 

Ternyata, satu pun tak ada yang membangkang, sepakat memotivasi semua kalangan yang terlibat di program revitalisasi DAS Citarum. “Programnya bisa macam-macam, mendukung Kodam III Siliwangi dengan ribuan pasukannya menggerakkan masyarakat di bantaran Citarum. Menyatukan lintas sektor dari dinas maupun instansi terkait. Kita mamprang saja, toh ini lillahi ta’ala,” seru Adi Raksanagara yang diamini Isur Suryana sambil membetulkan topi lapangan yang ke mana pun selalu dikenakan.

 

“Ungkap semua kebenaran tentang DAS Citarum, agar masyarakat tahu dan merasa memiliki. Jangan seperti dulu, setiap pembenahannya, tak menyentuh warga setempat,” papar Suryadi yang di JPC kebagian tugas di Kesekretariatan.

 

Lainnya, menurut Pakde Fajar dari Bandungside.com, ”Selama di JPC ini, kita nyaman karena siapa pun itu jurnalisnya, di sini tidak ada mazhab-mazhaban. Yang menyekutukan kita hanya nasib DAS Citarum”.

 

Rekomendasi Rapat

 

Dari hasil godokan dan rembung-pendapat antara jurnalis senior dan junior yang seakan tanpa sekat, sejumlah rekomendasi program kerja jangka pendek dan menengah. Antara lain yang dihasilkan itu, meliputi penjadwalan liputan, pemerataan peliputan di lapangan yang menyangkut area Bandung Raya dan beberapa kabupaten/kota lainnya di Jabar yang dilalui DAS Citarum, pewadahan dan penyaluran materi pemberitaan seperti E – Magazine dan semacamnya, perkuatan di bidang kesekretariatan dan rilis pemberitaan, dan lainnya.

 

“Ini yang saya mau, makanya bergabung ke JPC. Kita merasa diwadahi dan dibimbing dengan baik di sini,” kata Arbim yang dalam kesehariannya  di JPC bisa wara-wiri antar Kota Bandung ke daerah di sekitarnya.

 

“Sejumlah rekomendasi ini jangan lama-lama diendapkan, besok lusa kita implementasikan. Semua tahu, para jurnalis ini sudah bekerja maksimal, melalui fasilitas yang ada, mari kita tingkatkan lagi,” pungkas Bang Tio dengan nada optimis.*** (IG/HS) 


emgz2

Artikel lain...

Baliwood Land, Akan Gelar Seminar Efek Make Up Artis Film

Baliwood  Land, Akan Gelar Seminar Efek Make Up Artis Film

destinasiaNews –Di era digital, teknologi memang bisa jadi sangat membantu dalam hal pembuatan film. Salah satu kontribusi nyata adalah lewat...

Menpar Arief Yahya, Menjadi Pembicara Utama Pada Seminar Transformasi Bisnis di MM-FEB Unpad

Menpar Arief Yahya, Menjadi Pembicara Utama Pada Seminar Transformasi Bisnis di MM-FEB Unpad

destinasiaNews - Fenomena revolusi industri 4.0 telah mentransformasi ekonomi, pekerjaan, dan bahkan masyarakat sendiri. Teknologi fisik dan digital yang digabungkan dengan...

Memperingati Hari Pahlawan, Presiden Jokowi Naik Sepeda Ontel Mengenakan Seragam Pejuang “Tempo Doeloe”

Memperingati Hari Pahlawan, Presiden Jokowi  Naik Sepeda Ontel Mengenakan Seragam Pejuang “Tempo Doeloe”

destinasiaNews– Setelah selesai menghadiri upacara memperingati Hari Pahlawan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Cikutra Kota Bandung, Jawa Barat,...

Presiden Jokowi Hadiri Deklarasi Jabar Kondusif Di Bandung, Tunggangi Motor Street Tracker

Presiden Jokowi Hadiri Deklarasi Jabar Kondusif  Di Bandung, Tunggangi Motor Street Tracker

destinasiaNews –Pada hari kedua kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandung, menghadiri acara Deklarasi Jawa Barat Kondusif, yang diikuti...

KBIH Hudiyal Huda Cileunyi Memulai Manasik Ibadah Haji Tahun Keberangkatan 2019

 KBIH Hudiyal Huda Cileunyi  Memulai Manasik Ibadah Haji Tahun Keberangkatan 2019

  destinasiaNews – Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh Yayasan Hudiyal Huda (Hud Hud), pada 10 November 2018 memuliai program...

Pengunjung

02785978
Hari ini
Kemarin
2635
2753