Gabungan Mahasiswa Gelar KKN Tematik ‘Get Citarum Harum’ dan Gebyar Edukasi 3R

KKN Citarum 2Destinasianews – Sebanyak 2.800-an mahasiswa melakukan upacara mengawali Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik “Get Citarum Harum” dan Gebyar Edukasi 3R (Reduce, Reuse, and Recycle). Berlangsung di Cilampeni, Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung (31/7/2018). Suasananya pun terasa begitu gebyar. Mereka akan melaksanakan program pengabdian untuk masyarakat ini selama 40 hari ke depan.

 

Seluruh mahasiswa ini berasal dari UPI, Unpad, ITB. Telkom University, serta dari luar Jawa Barat seperti DKI Jakarta, UGM (Jateng), dan Unair (Jatim). Pembukaan tersebut dihadiri para pejabat terkait dari tingkat nasional, hingga regional. Misinya bertekad membersihkan Sungai Citarum yang dikenal selama ini sebagai salah satu sungai terkotor di dunia.

 

Menurut Kol. Czi Aby Ismawan, Komandan Sektor 8 Satgas Citarum Harum, peserta KKN ini akan ditempatkan di bagian hulu, tengah, serta hilir Sungai Citarum.

 

Sementara itu, Kol. Inf. Sulistiono, Komandan Sektor 10 Satgas Citarum Harum yang hadir berbaur dengan para mahasiswa di acara ini menuturkan, “Kami sangat terbantu oleh kehadiran mahasiswa KKN Tematik ini. Perubahan secara mental masyarakat tentang sampah, limbah pabrik serta lingkungan, itu yang kita butuhkan. Ini perlu untuk warga itu sendiri, sekarang atau masa depan”.

 

KKN Citarum 4Rektor UPI Prof. DR. H RD Asep Kadarohman selaku “duet” tuan rumah bersama Komandan Sektor 8 Satgas Citarum Harum, mengingatkan mahasiswa peserta KKN membantu seoptimal mungkin pulihnya Sungai Citarum sebagai sumber daya kehidupan. Dan berharap para mahasiswa bersama warga setempat, hendaknya saling berbagi belajar kehidupan. Ini demi perubahan tata lingkungan yang lebih baik bagi generasi sekarang dan mendatang.

 

Menteri Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi: Prof. H. Mohamad Nasir Ph.D.,Ak, dalam kesempatan terpisah menyatakan targetnya dalam 1 atau 2 tahun dari target 7 tahun sesuai Perpres No. 15 Tahun 2018.

 

”Kita akan lihat adanya perubahan yang signifikan. Idealnya, dalam 7 tahun ke depan, menjadi sungai terbersih di Indonesia. Betapa perlunya koordinasi antar perguruan tinggi dan dan kementerian terkait,” ujarnya.

 

M Nasir juga menambahkan, ”Banyak riset unggulan dari perguruan tinggi tentang penjernihan air, pengolahan limbah, misalnya. Ini perlu dana yang cukup untuk diterapkan di lapangan, sebaiknya sinkronkanlah ini. Melalui KKN tematik ini kita gelar, kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat”.

 

Pangdam lll/Siliwangi, Mayjen TNI Besar Harto Karyawan dalam sesi menanam pohon menyebutkan, “Semoga tujuh tahun ke depan, pohon flamboyan ini tumbuh subur. Nantinya, kawasan Citarum bisa menjadi obyek wisata yang mendunia, seperti mekarnya bunga Sakura di Jepang. Semoga tumbuh subur”.

 

KKN citarum 1Petinggi lainnya Deputi IV Menko Maritim, Safri Burhanudin yang merasa kecewa, karena tidak berfungsi secara optimal IPAL Komunal yang dikelola PT MCAB di Cisirung, Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, kepada redaksi menyatakan apresiasi atas kegiatan KKN Tematik ini.

 

Menurutnya waktu tiga bulan sejak Mei 2018 yang dikumpulkan oleh para Dan Sektor tentang pabrik pencemar lingkungan, dan Agustus 2018 adalah periode penting untuk penegakan hukum di lapangan.

 

“Khusus kasus PT. MCAB yang baru-baru ini saya kunjungi, ini kan lahannya milik Pusair (Puslitbang Sumber Daya Air, Kemen PU), sekarang sedang dilakukan pengurusan serah terima dengan Pemerintah Kabupaten Bandung. Semoga saja persoalan ini segera seselai,” tutup Safri.

 

Acara pun ditutup setelah dilakukan dialog jarak jauh dengan para mahasiswa KKN di beberapa sektor Satgas Citarum Harum, dilakukan gelaran seni dan budaya, demo olah raga dayung, dilanjut simbolisasi penanaman pohon keras di bantaran Sungai Citarum.*** (IG/HS)


emgz2

Artikel lain...

Wow, Rektor Unpad & Produsen Aquatec Petik Hasil Maksimal Panen Budidaya Kerapu di Pangandaran

Wow,  Rektor Unpad & Produsen Aquatec Petik Hasil Maksimal Panen Budidaya Kerapu di Pangandaran

destinasiaNews - Boleh dibilang kegiatan produktif ini nyaris tak banyak orang tahu, padahal ini merupakan 'giant step for Indonesian's development'....

Jadi Juri Unjuk Kabisa Wanoja Jajaka Budaya Jabar, Eka Santosa - Kembangkan Budaya Kita

Jadi Juri Unjuk Kabisa Wanoja Jajaka Budaya Jabar, Eka Santosa - Kembangkan Budaya Kita

destinasiaNews - Boleh dikata ini penampilan tokoh Jabar Eka Santosa yang sedikit tak 'lazim' akhir-akhir ini? Gerangannya kali ini penuh dengan...

Gerai GORO DAYUNG di Bandung Munculkan Antusiasme Peserta Munas ISMI ke-2

Gerai GORO DAYUNG di Bandung Munculkan Antusiasme Peserta Munas ISMI ke-2

destinasiaNews - Sejumlah peserta Musyawarah Nasional (Munas), Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) ke-2 di Hotel Grand Asrilia Bandung, pada Sabtu,...

LAKSI Dukung Kapolri - Tegakkan Hukum Bagi Pelaku Hoax

LAKSI Dukung Kapolri - Tegakkan Hukum Bagi Pelaku  Hoax

destinasiaNews - Terkait pemeriksaan terhadap Ketua Dewan Kehormatan PAN, M Amien Rais. Dalam hal ini sebagai saksi, pada kasus dugaan...

Pengunjung

02654255
Hari ini
Kemarin
1343
4849