Pakar Budi Daya Ikan Lepas Pantai Negeri Vietnam Sambangi Aquatec Padalarang – Dapatkan Solusi Serangan Taifun

Jaring Apung

destinasiaNews - PT. Gani Arta Dwitunggal produsen AgroPro (pertanian) dan Aquatec (perikanan) di Jalan Raya Batujajar KM 2.8 Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Jabar, pada Jumat, 23 November 2018 disambangi pakar budi daya perikanan lepas pantai dari negeri Vietnam.

“Banyak hal kami bahas. Utamanya, soal bagaimana mengatasi taifun yang tiap tahun melanda budi daya perikanan lepas pantai (offshore) mereka. Kebetulan produk kami Aquatec, sudah cukup lama punya teknologi mengatasi hal ini,” papar Andi J Sunadim, S.Mn, General Manager PT. Gani Arta Dwitunggal.  

Para tamu PT. Gani Arta Dwitunggal terdiri atas  Mr. Nguyen Ba Thong, Science Technology Coordinator VSA (Vietnam Seaculture Association), dan Ms. Le Hong Lien, Administrator VSA. Rombongan tamu ini, menurut Andi merupakan pakar perikanan yang cukup berpengaruh dalam pembuatan kebijakan di negaranya, terutama budi daya ikan lepas pantai.

Menurut Andi, kehadiran tamunya ini hari itu sempat dibawa berkeliling ke pabriknya. Selama kunjungan itu, mereka tampak semakin mengagumi keunggulan teknologi budidaya ikan di lepas pantai dari demo varian KJA merek Aquatec, yang sudah dipakai di beberapa negara. Berkali-kali mereka katakan KJA bundar offshore submersible itu, bisa digunakan sebagai solusi dari serangan taifun di negaranya.

“Yang banyak dibahas itu utamanya KJA (keramba jaring apung) bundar offshore, dan KJA bundar submersible. Produk terakhir ini, bisa ditenggelamkan tatkala ada taifun. Lalu, diapungkan kembali dengan cepat dan mudah,” terang Andi.

Merasa Yakin

Satu hal tindak lanjut dari kunjungan ini, pihak tamunya akan lebih intensif memperkenalkan produk Aquatec di negaranya.

“Saya berhubungan dengan mereka, ketika sama-sama menghadiri  Offshore Mariculture Conference Asia 2018 di Singapura. Waktu itu, sekilas mereka telah melihat cara kerja KJA submersible. Sekarang di Padalarang, semakin yakin, produk kita punya banyak keunggulan, tentu dengan harga sangat bersaing,” jelas Andi yang dalam waktu dekat akan mengekspor kembali KJA Submesible ke berbagai negara.

Secara terpisah redaksi mengontak pegiat MAI (Masyarakat Aquakultur Indonesia) perwakilan Jawa Barat, Ir. Mohamad Husen yang biasa disapa Husen Lauk. Menurutnya, produk KJA yang dihasilkan PT. Gani Arta Dwitunggal, memang sudah lama go international.

“Di Hainan, China, malah sudah teruji. Jadi penyelamat budi daya perikanan lepas pantai. Utamanya KJA bundar lepas pantai submersible. Ini genuine karya anak bangsa. Sayang, di dalam negeri, masih dilihat sebelah mata,” papar Husen Lauk sambil memungkas – “Ironi, sepertinya kita masih berorientasi produk luar negeri minded, bingung saya.” (HS/dtn)  


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197614
Hari ini
Kemarin
3310
4485