Penutupan Diklatsarmil Menwa Yon XI/UPI TA 2018/2019, Berlangsung Di Pantai Sayang Heulang Garut

Diksar1

destinasiaNews - Pendidikan merupakan pilar utama dalam mengembangkan sumber daya manusia dan masyarakat suatu bangsa. Pendidikan sangat penting bagi kita, karena tidak hanya memberi kita pengetahuan akan tetapi mengajarkan kita ada sopan santun, dan hal-hal yang benar.  Pendidikan memupuk kita menjadi individu dewasa, individu yang mampu merencanakana masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup dan pendidikan yang baik akan membuat kita lebih manusiawi.  Pendidikan dan Latihan Dasar Kemiliteran (Diklatsarmil) Menwa ini, merupakan wadah untuk menanamkan rasa cinta tanah air, bela negara dan melatih dasar-dasar kemampuan olah raga keprajuritan.

Hal tersebut disampaikan Komandan Batalyon Infanteri (Yonif) 303 Raider Kostrad/Setia Sampai Mati (SSM), Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos, dalam pidato amanatnya saat upacara penutupan Diklatsarmil Menwa Mahawarman Batalyon XI Universitas Pendidikan Indonesia (Menwa Mahawarman YON XI/UPI) angkatan XLVII Tahun Anggaran (TA) 2018/2019, berlangsung di Pantai Sayang Heulang Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Sabtu, 26 /1/2019.

Diksar2

Lebih jauh Komandan Yonif 303 Raider Kostrad/SSMLetkol Inf Taufik Ismail mengatakan bahwa Diklatsarmil yang telah dilaksanakan, merupakan dasar dari implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam sikap, keterampilan, kedisiplinan serta kepemimpinan penerus bangsa yang tentunya diharapkan dapat melanjutkan pembangunan pada masa yang akan datang.

“Dengan telah berakhirnya Diklatsarmil ini, untuk itu mari kita bersama-sama membangun dan memajukan negeri ini dengan profesionalitas, cekatan, tangguh, tanggap serta dengan disiplin yang tinggi," ujar Komandan Yonif 303 Raider Kostrad/ SSM di akhir amanatnya dan sekaligus menutup rangkaian kegiatan Diklatsarmil Menwa.

Direktur Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pendidikan Indonesia (Dirmawa UPI), Dr. H. Mupid Hidayat, M.A., memberikan sambutan salam hangat kepada seluruh pihak dan berpesan,Kebenaran tidak pernah tertukar perjalanan kehidupan bangsa. Sejarah membuktikan, kegiatan ini merupakan panggilan yang tidak perlu diperdebatkan.“  MenurutGreefin ada 3 hal pegangan setiap bangsa, yang pertama kuasai Information, Communication and Technology (ICT), karena berada direvolusi industry 4.0, kedua memiliki berfikir kritis/high order thingking, dan yang ketiga tidak bisa negara, bangsa akan kokoh, manakala lupa akan hak dan kewajiban bela negara, yang telah dijelaskan dalam permenristekdikti no 55 tahun 2018, bahwa perguruan tinggi sebagai pengawal ideologi bangsa, maka seluruh organisasi kemawahasiswaan (Ormawa) di kampus harus menjadi pelopor dalam rangka cinta tanah air termasuk memiliki pemahaman wawasan kebangsaan, tegasnya.

Diksar3

Komandan Menwa Batalyon XI/UPI, Reza Adriantika Suntara mengatakan, Diklatsarmil Menwa Yon XI/UPI angkatan XLVII TA 2018/2019 ini, diikuti 32 orang siswa, terdiri dari UPI Kampus Bumi Siliwangi, UPI Kampus Cibiru, UPI Kampus Sumedang, UPI Kampus Tasikmalaya, dan UPI Kampus Serang dan telah berhasil melewati proses Diklatsarmil Menwa selama 14 hari (13-26/1/2019), dilaksanakan di Markas Komando Yonif 303 Raider Kostrad/ SSM, Desa Cibuluh, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

Sebelumnya (10-13/1/2019) para siswa dipersiapkan secara fisik dan mentalnya di lingkungan UPI Kampus Bumi Siliwangi. Dengan pembekalan yang cukup dan keyakinan semangat yang tinggi, lalu seluruh siswa diberangkatkan untuk mengikuti Diklatsarmil Menwa di Markas Komando (Mako) Yonif Raider 303/SSM, Desa Cibuluh, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, Minggu, 13/1/2019, kata Reza

Materi yang diajarkan kepada siswa Diklatsarmil menwa Yon XI/UPI antara lain 1). Materi Ceramah tentang : a. Empat Pilar Kebangsaan; b. Pengenalan TNI; c. Kepemimpinan Lapangan, 2). Giat Jasmil : Senam Pagi, Orientasi Medan/PMO, Renang Militer/TIS, Senam Tali, Long March 80 KM, Beladiri Diri Militer (BDM), 3). Giat NIS/TIS : Patroli Intai, Patroli Penyergapan, Patroli Penghadangan, Pengetahuan Senjata, Navigasi Kompas Siang, PBB Senjata, Bongkar Pasang Senjata, Sanjak, dan Caraka Malam, papar Reza

Diksar4

Mulai tanggal 13 Januari 2019, 32 siswa dididik dan dibina di Mako Yonif Raider 303/SSM, Desa Cibuluh, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut, selama 4 hari (13-16/1/2019). Lalu kemudian melaksanakan Pertahanan Mars (Hanmars) menuju ke hutan Cikeris untuk menerapkan materi survival atau bertahan hdup di alam bebas, jelas Reza

Seiring berjalannya pendidikan, sampai tiba waktunya bagi para siswa untuk menjalankan Longmarch sejauh 80 kilometer, dimulai dari Hutan di Cikeris menuju pantai Sayang Heulang Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Dengan pembekalan ransel tempur, senjata yang disandang, serta tali togel yang melingkar ditubuh para siswa, selama 4 hari 3 malam, kegiatan longmach ini dilalui.  Sepanjang perjalanan tak henti-hentinya siswa menyerukan yel-yel untuk membangkitkan semangat. Dalam perjalan longmrch para siswa saling membantu, saling merangkul, saling mendukung, saling memberikan motivasi dan menghilangkan egonya masing-masing, satu sama lain menjadi sumber kekuatan selama perjalanan jauh ini.

Diksar5

Akhirnya sampai di Pantai Sayang Heulang tempat berakhirnya longmarch.  Hingga titik darah penghabisan, mereka melanjutkan latihan untuk menyambut orang-orang yang belum pernah bertemu selama berminggu-minggu dalam pendidikan ini.  Mereka menyiapkan demonstrasi tebaiknya untuk mereka tunjukan pada orang-orang tercintanya, seperti demo senam senjata, bela diri militer, bongkar pasang senjata, dan patroli drill contact.

Esok harinya (26/1/2019) usai acara penutupan, peragaan demontrasi para siswa satu persatu mulai ditampilkan, seperti senam senjata, bela diri militer, bongkar pasang senjata, dan patroli drill contact.  Penampilan mereka disambut riuh tepuk tangan para hadirin tamu undangan, bahkan tak sedikit dari mereka yang mengabadikan momen tersebut dengan telepon selulernya.

Selain itu, dipenghujung acara penutupan Diklatsarmil menwa, ada pemberian bantuan sosial, secara simbolis diserahkan oleh Ketua Ikatan Alumni Menwa Yon XI/UPI, Dr. Enjang Mulyana, M.Si., dan diterima oleh Camat Pameungpeuk yang diwakili oleh Sekretaris Camat Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Lalu kemudian dilanjutkan dengan acara pembaretan oleh orang tua masing-masing siswa.  Suasana ini sangat spesial, tak hanya tawa, kadang kala ada isak tangis terharu. Ini merupakan proses pendewasaan diri. Bagaimana belajar memegang rasa rindu ditengah tengah kegiatan yang padat dan jauh dari keluarga dan temannya.

Diksar7

Usai acara penutupan Reza mengatakan, “Saya selaku Komandan Menwa Batalyon XI/UPI, mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada Komandan Batalyon Infanteri 303 Raider Kostrad/SSM, Letkol Inf Taufik Ismail S.Sos, serta jajarannya atas kerjasama selama ini hingga kegiatan Diklatsarmil berjalan dengan lancar dan sukses, semoga kerjasama ini tetap terjalin kedepannya dan tidak hanya sebatas dalam Diklatsarmil saja.  Tak lupa, saya sampaikan terima kasih kepada para Alumni Menwa Yon XI/UPI atas segala dukungannya baik moril maupun materil yang tak henti-hentinya membimbing para juniornya. Serta kepada para pihak yang telah membantu kelancaran kegiatan Diklatsarmi ini, saya ucapkan terima kasih”

“Bagi para siswa yang telah mengikuti Diklatsarmil Menwa Yon XI/UPI angkatan XLVII TA 2018/2019, Selamat bergabung menjadi anggota Menwa Yon XI/UPI, semoga tetap menjalin kebersamaan sebagai wujud kekuatan, ketahanan berorganisasi,” kata Reza.

“Ada yang istimewa bagi saya, pada acara penutupan Diklatsarmil menwa tahun ini (2019), pasalnya dihadiri angkatan pertama (tahun 1960-an) Menwa Yon XI/UPI, yaitu Ibu Lilis, terima kasih Bu Lilis ! telah menyempatkan hadir di acara penutupan Diklatsarmil Menwa Yon XI/UPI ,” papar Reza dengan gestur bungah (bahagia,red).

Diksar6

Menurut pantauan destinasiaNews.com, acara penutupan dihadiri oleh: Komandan Batalyon Infanteri 303 Raider Kostrad/ SSM, Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos.; Direktur Direktorat Kemahasiswaan, Dr. H. Mupid Hidayat, M.A; Pembina Menwa Yon XI/UPI, Dr. H. Umarjani; Ketua IKA Alumni Menwa YON XI/UPI, Dr. Enjang Mulyana, M.Si.; Para Alumni Yon XI/UPI; Aparat setempat : Danramil 1119; Kapolsek; Babinsa; Camat Pameungpeuk, Kepala Desa Mancagahar, Kepala Desa Pameungpeuk, Kepala Desa Sirna Bakti, Ketua RW 02, Ketua RT 07, Ketua MUI Kec. Pameungpeuk; jajaran Komando Latihan dari Yonif 303 Raider Kostrad/SSM, Kapten Zaenal Arifin, Sersan Mayor Yudha K, Sersan Satu Edy Santoso, Prajurit Satu Agus Kurniawan, Prajurit Satu M. Prawira; Dan Satuan Menwa Se-Indonesia; Danyon VI; Komandan Patriot Bela Negara Kabupaten Garut; Komandan Menwa YON XI/UPI; Tokoh masyarakat : H. Asep Anb; Raden Dedi Soniagara; jajaran Komando Latihan Yon XI/UPI; Orang tua siswa Diklatsarmil Menwa Yon XI/ UPI angkatan XLVII  serta para undangan lainnya. (Eka,PenYon XI/HRS/dtn).


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 04-21 Lakukan Komsos Untuk Merubah Pola Hidup Warga

Subsektor 04-21 Lakukan Komsos Untuk Merubah Pola Hidup Warga

destinasiaNews - Untuk merubah pola hidup warga di sekitar bantaran sungai, prajurit satgas Citarum Harum selalu melakukan komsos kepada warga...

Satgas Citarum Subsektor 01-21 Selalu Himbau Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

Satgas Citarum Subsektor 01-21 Selalu Himbau Warga Menjaga Kebersihan Lingkungan

destinasiaNews - Satgas Citarum Harum Subsektor 01-21 Rancaekek dalam melaksanakan tugasnya, selain membersihkan aliran dan bantaran sungai dari sampah juga...

Kolonel Inf Yusef Sudrajat Bantu Tengahi Warga Dan Pabrik

Kolonel Inf Yusef Sudrajat Bantu Tengahi Warga Dan Pabrik

destinasiaNews - Permasalahan yang muncul dalam lingkungan masyarakat yang terdapat pabrik biasanya berupa limbah pabrik yang menimbulkan bau yang mengganggu...

Imam Prasojo Bitjaraken Toedingan Katjoerangan en Polemiek Quick Count Pemilu 2019

Imam Prasojo Bitjaraken Toedingan Katjoerangan en Polemiek Quick Count Pemilu 2019

  OPINI Oleh : Harri Safiari   destinasiaNews – Setoeroet artikelen jang dimoeat Kompas.com (22/4/2019) berdjoedoel: Imbauan Imam Prasodjo Terkait Tudingan...

Degap-degoep Oesai Pemilu 2019 – Bereboet Siapa Mahoe Djadi ‘Presiden’ RI

Degap-degoep Oesai Pemilu 2019 – Bereboet Siapa Mahoe Djadi ‘Presiden’ RI

destinasiaNews – Seoesai pesta democratie paling roemit sedoenia (17/4/2019), kapoetosan formaal menoeroet KPU baroe pada tarich 22 Mei 2019. Ternjata satelahnja,...

Pengunjung

03213917
Hari ini
Kemarin
2304
3958