SIM Pelajar Temporer Diusulkan Diskusi Panel FPSH Jabar

fpsh pwk2

destinasiaNews - Bertempat di Aula Yudistira Pendopo Kabupaten Purwakarta, 500 Pelajar perwakilan SMA,SMK dan MA di Kabupaten Purwakarta mengikuti Pembekalan dari tim pembinaan Kesadaran Hukum dan Ham Provinsi Jawa Barat, setelah melantik 1.400 pelajar sebagai Pelajar Sadar Hukum dan Ham oleh Kepala kanwil Kemenkumham Jawa Barat Liberti Sitinjak bertempat di Pasanggrahan Padjajaran Rabu (06/03/19).

Kegiatan Pembinaan dari Tim Kesadaran hukum dan HAM dibuka oleh kabid HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Hasbullah Fudail. Dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan kolaborasi ini adalah yang terbaik sepajang berjalanna kegiatan Tim Pembinaan Kesadaran Hukum dan Ham,” katanya. Kita melihat kesadaran Hukum dan Ham identik dengan Pendidikan Intelektual yang harus berjalan kesinambungan.

Dalam kesempatan itu FPSH (Forum Pelajar Sadar Hukum-Ham) Jawa Barat juga menyelenggarakan Diskusi Panel yang bertema Membangun Negeri Melalui Pendidikan Berkarakter Yang Sadar Hukum-Ham untuk Purwakarta Istimewa dimoderatori oleh Ketua FPSH HAM Jawa Barat Nandi, dan panelis teridiri dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Yonarmed Purwakarta, Polres Purwakarta, BNNK Karawang, Disporabud Purwakarta dan Kementerian Hukum HAM Jawa Barat.

fpsh pwk

Hasbullah Fudailmembuka pandangan peserta diskusi bahwa dengan memberikan contoh di lapangan pelajar membutuhkan sebuah persamaan dalam menggunakan kendaraan bermotor. Di sisi lain ketika pelajar membutuhkan akses ke sekolah tidak ada angkutan umum, kemudian sudah cukup umur tapi saat di perjalan pelajar tersebut ditilang. Untuk itu berdasarkan pengamatan bersama dan diskusi dengan Tim dan Pengurus FPSH HAM Jawa Barat mencanangkan untuk memberikan masukan untuk merevisi UU No 22 Tahun 2009 dan memasukan usulan bahwa Pelajar diberikan hak untuk mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi)Temporer selama dia mengikuti kegiatan KBM dan Kegiatan yang berhubungan dengan akses pendidikan.

SIM Pelajar Temporer tersebut hanya berlaku bagi pelajar selagi berkendaraan dalam jam kegiatan sekolah. Dan teknisnya diatur kemudian.

Para peserta diskusi nampak sangat antusias dengan materi yang disampaikan masing-masing panelis, dan memberikan dukungan terhadap gagasan dikeluarkannya SIM Temporer yang dapat membantu terwujudnya Karakter Pelajar yang Mantap dalam mematuhi undang-undang.

Diskusi tersebut juga menggariskan bahwa kesadaran hukum adalah tugas kita semua, tidak bisa diwakilkan, harus dimulai dari diri sendiri. Pelajar harus bersiap memahami hukum dan memperjuangkan revisi UU No 22 Tahun 2009 dengan memberikan hak kepada Pelajar untuk mendapatkan SIM Pelajar Temporer.

Dari disiplin pemahaman hukum inilah akan melahirkan budaya hukum dalam masyarakat dalam membiasakan diri hidup tertib dan teratur dikenalkan dari sejak dini secara terus-menerus. Selain itu, dapat menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban dengan mematuhi aturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tindak lanjut kegiatan ini akan dilaksanaan peringatan kesadaran hukum di Jawa Barat bersama Gubernur Jawa Barat dalam rangka Hari Pendidikan nasional.

(Dtn-ar/ Humas FPSH HAM Jabar).-


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197624
Hari ini
Kemarin
3320
4485