SIM Pelajar Temporer Diusulkan Diskusi Panel FPSH Jabar

fpsh pwk2

destinasiaNews - Bertempat di Aula Yudistira Pendopo Kabupaten Purwakarta, 500 Pelajar perwakilan SMA,SMK dan MA di Kabupaten Purwakarta mengikuti Pembekalan dari tim pembinaan Kesadaran Hukum dan Ham Provinsi Jawa Barat, setelah melantik 1.400 pelajar sebagai Pelajar Sadar Hukum dan Ham oleh Kepala kanwil Kemenkumham Jawa Barat Liberti Sitinjak bertempat di Pasanggrahan Padjajaran Rabu (06/03/19).

Kegiatan Pembinaan dari Tim Kesadaran hukum dan HAM dibuka oleh kabid HAM Kanwil Kemenkumham Jawa Barat, Hasbullah Fudail. Dalam sambutannya mengatakan, “Kegiatan kolaborasi ini adalah yang terbaik sepajang berjalanna kegiatan Tim Pembinaan Kesadaran Hukum dan Ham,” katanya. Kita melihat kesadaran Hukum dan Ham identik dengan Pendidikan Intelektual yang harus berjalan kesinambungan.

Dalam kesempatan itu FPSH (Forum Pelajar Sadar Hukum-Ham) Jawa Barat juga menyelenggarakan Diskusi Panel yang bertema Membangun Negeri Melalui Pendidikan Berkarakter Yang Sadar Hukum-Ham untuk Purwakarta Istimewa dimoderatori oleh Ketua FPSH HAM Jawa Barat Nandi, dan panelis teridiri dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Yonarmed Purwakarta, Polres Purwakarta, BNNK Karawang, Disporabud Purwakarta dan Kementerian Hukum HAM Jawa Barat.

fpsh pwk

Hasbullah Fudailmembuka pandangan peserta diskusi bahwa dengan memberikan contoh di lapangan pelajar membutuhkan sebuah persamaan dalam menggunakan kendaraan bermotor. Di sisi lain ketika pelajar membutuhkan akses ke sekolah tidak ada angkutan umum, kemudian sudah cukup umur tapi saat di perjalan pelajar tersebut ditilang. Untuk itu berdasarkan pengamatan bersama dan diskusi dengan Tim dan Pengurus FPSH HAM Jawa Barat mencanangkan untuk memberikan masukan untuk merevisi UU No 22 Tahun 2009 dan memasukan usulan bahwa Pelajar diberikan hak untuk mendapatkan SIM (Surat Izin Mengemudi)Temporer selama dia mengikuti kegiatan KBM dan Kegiatan yang berhubungan dengan akses pendidikan.

SIM Pelajar Temporer tersebut hanya berlaku bagi pelajar selagi berkendaraan dalam jam kegiatan sekolah. Dan teknisnya diatur kemudian.

Para peserta diskusi nampak sangat antusias dengan materi yang disampaikan masing-masing panelis, dan memberikan dukungan terhadap gagasan dikeluarkannya SIM Temporer yang dapat membantu terwujudnya Karakter Pelajar yang Mantap dalam mematuhi undang-undang.

Diskusi tersebut juga menggariskan bahwa kesadaran hukum adalah tugas kita semua, tidak bisa diwakilkan, harus dimulai dari diri sendiri. Pelajar harus bersiap memahami hukum dan memperjuangkan revisi UU No 22 Tahun 2009 dengan memberikan hak kepada Pelajar untuk mendapatkan SIM Pelajar Temporer.

Dari disiplin pemahaman hukum inilah akan melahirkan budaya hukum dalam masyarakat dalam membiasakan diri hidup tertib dan teratur dikenalkan dari sejak dini secara terus-menerus. Selain itu, dapat menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban dengan mematuhi aturan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Tindak lanjut kegiatan ini akan dilaksanaan peringatan kesadaran hukum di Jawa Barat bersama Gubernur Jawa Barat dalam rangka Hari Pendidikan nasional.

(Dtn-ar/ Humas FPSH HAM Jabar).-


emgz2

Artikel lain...

DanSubSektor 9 - 21 Ciparay Citarum Harum, Sungai Cirasea, Ciparay Kembali Dibersihkan

DanSubSektor 9 - 21 Ciparay Citarum Harum, Sungai Cirasea, Ciparay Kembali Dibersihkan

destinasiaNews – Kembali dari wilayah anak sungai Citarum yakni Cirasea di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, ada geliat program Citarum Harum....

Ini Dia Progres Normalisasi Sungai Citepus oleh Satgas Citarum Harum SubSektor 06 – 21 Per 22 Juli 2019

Ini Dia Progres Normalisasi Sungai Citepus oleh Satgas Citarum Harum SubSektor 06 – 21 Per 22 Juli 2019

destinasiaNews – Lagi dan lagi, target harian normalisasi sungai Citepus, Dayeuhkolot Kabupaten Bandung sepanjang 200 meter tercapai. Ini digarap dengan...

Pelda Cece S, DanSubSektor 9 – 21 di Ciparay: Jagalah Kehormatan Sungai Cirasea

Pelda Cece S, DanSubSektor 9 – 21 di Ciparay: Jagalah Kehormatan Sungai Cirasea

destinasiaNews – Simple namun mengena, mungkin itulah kata yang tepat dari ujaran DanSubSektor 9 – 21, Pelda Cece S yang...

Yusep Sudrajat, DanSektor 21 Citarum Harum di 'Botram' Jembatan Biru : Bebas Meliput, Asal ...

Yusep Sudrajat, DanSektor 21 Citarum Harum di 'Botram' Jembatan Biru : Bebas Meliput, Asal ...

destinasuaNews - Komandan Sektor 21 Kol Inf Yusep Sudrajat kembali menegaskan, sejatinya tak ada pembatasan bagi wartawan untuk meliput kegiatan...

Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 11 Lagadar: Bersihkan Sampah & Rumput Anak Kali Cimahi

Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 11 Lagadar: Bersihkan Sampah & Rumput Anak Kali Cimahi

destinasiaNews – “Prioritas kami hari ini, bagaimana sesegera mungkin membersihakn sampah dan rumput liar yang akan mengganggu jalannya air di...

Pengunjung

03722429
Hari ini
Kemarin
1370
5766