Indonesia-Australia Gelar Dialog Lintas Agama di Bandung: “Memunculkan Kesepahaman”

 

Dialog LA Ind Ausie1

destinasiaNews - Bertempat di De Paviljoen Hotel di Jalan RE Martadinata No. 68 Bandung, pada Rabu, 13 Maret 2019, berlangsung  Dialog Lintas Agama pertama antara para pemuka Indonesia dan Australia.

 "Kami sepakat bergandeng tangan memperjuangkan perdamaian dunia dengan cara meningkatkan dan membangun hubungan baik jangka panjang antar agama dan kebudayaan. Ini untuk menekan persepsi-persepsi negatif antar identitas yang berbeda, dan mengatasi radikalisme, " demikian papar Cecep Herawan, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri.  Cecep mengungkapkan ini saat pembukaan acara ini dimulai.

Sementara itu Gary Quinlan,  Duta Besar Australia untuk Indonesia,  masih di pembukaan acara ini sembari mengingatkan momen saling berkunjung antar pemimpin ke dua negara pada tahun 2018, tepatnya pada 31 Agustus 2018, mengungkapkan:

“Australia dan Indonesia memahami bahwa demokrasi yang maju dan kuat yang saat ini dinikmati oleh kedua negara adalah berkat kemajemukan masyarakatnya."

Pantauan redaksi kegiatan yang baru pertama di Kota Kembang Bandung, diikuti sekitar 80 peserta dari kedua negara. Mereka ini terdiri dari pejabat pemerintahan, tokoh dan intelektual lintas agama, praktisi media, perwakilan kelompok pemuda, dan para tokoh berbagai agama di Bandung.

Dialog LA Ind Ausie

Forum dialog yang berlangsung dalam suasana penuh interaktif, para peserta mendiskusikan isu-isu penting seperti Democracy, Religion and Pluralism; Freedom of Expression: Spreading Peaceful Messages and Combatting Misuse of Media; serta Addressing the problems: Strengthening Cooperation and Advocating Policy towards Inclusive Society.

Yang tampak digodok secara khusus di forum ini, menghasilkan kesepakatan untuk memajukan dan meningkatkan kerjasama di bidang pendidikan, media, kepemudaan dan peran serta kontribusi perempuan untuk perdamaian.

Secara bergiliran masing-masing kedua belah pihak,  di antaranya mewakili Indonesia hadir Dr. Pradana Boy (Wakil Staf Khusus Presiden untuk Isu Keagamaan Internasional), Dr. Ahmad Munjid (Peneliti Senior pada Center for Security and Peace Studies UGM), Zulfiani Lubis (Pemimpin Redaksi IDN Times), Dr. Saefudin Syafi’I (Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama – Kementerian Agama), dan K.S. Arsana (Ketua Prajaniti Hindu Indonesia).

Sementara, pembicara yang menjadi delegasi dari Australia,  hadir di antaranya Pendeta Samuel Green (Ketua Bidang Hubungan Lintas Agama pada Gereja Anglikan Australia), Umesh Chandra (Tokoh Hindu pada Universitas Queensland) dan Elizabeth Vaag (Biarawati).

Acara Lanjutan

Dialog LA Ind Ausie2

Diluar forum dialog ini, pada esok harinya tanggal 14 Maret 2019 dilakukan acara lanjutan berupa Kuliah Umum dan pemutaran film serta kunjungan lapangan ke situs-situs keagamaan.

Sementara itu Dr. Zuleyha Keskin, Direktur pada Islamic Sciences and Research Academy (ISRA) cabang Melbourne, terjadwal memberikan Kuliah Umum di Universitas Kristen Maranatha dengan tema the Use of Social Media for Interfaith Dialogue and Spreading Peace. Menarinya, pada kesempatan yang sama, dilakukan pemutaran dan diskusi film dokumenter pendek berjudul Da’wah yang disutradarai oleh sutradara asal Italia, Italo Spinelli. Film ini berkisah tentang kehidupan sehari-hari di pesantren di Indonesia.

Lainnya, setelah serangkaian acara ini, dilakukan kunjungan lapangan ke Gang Ruhana (Desa Toleransi) dan Masjid Lautze. Kunjungan ini bertujuan demi memperkenalkan kepada delegasi Australia, kondisi nyata kehidupan antar umat beragama di Indonesia.

Sekedar informasi, Dialog Lintas Agama ink sejatinya telah menjadi fitur tetap diplomasi publik Indonesia sejak 2004.  Tercata hingga kini, Indonesia telah memiliki 31 mitra Dialog Lintas Agama bilateral.   Menurut catatan ini pula, Australia merupakan mitra Dialog Lintas Agama bilateral yang ke-32. (HS/HRS/dtn


emgz2

Artikel lain...

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

Subsektor 10-21 Pelihara Bantaran Sungai Dengan Membabat Tanaman Liar

destinasiaNews - Para prajurit satgas Citarum Harum dalam mengemban tugasnya untuk mengembalikan ekosistem DAS Sungai Citarum, mereka juga melakukan beberapa...

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

Berani Beda? Rasakan Kejutan Bukber  Ramadhan di THE 1O1 Bogor Suryakancana

destinasiaNews - Tidak terasa bulan Ramadhan hanya tinggal beberapa minggu saja. Saat bulan Ramadhan, tentu saja momen yang paling dinantikan...

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

Rohim, Koeliling Bandoeng Pikoel Kerorpoek Djadoel – Ta’ Lengket di Lidah

DestinasiaNews – Selakoe djournalist pinggiran jang ta’ mampoe hatsilkeun reportage ‘kekinian’ jang bernas, sekali tempo sewaktoe penoelis mengaso di seboewah...

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019....

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra...

Pengunjung

03197593
Hari ini
Kemarin
3289
4485