Evaluasi Banjir Bandang Cijambe Kota Bandung, Gerakan Hejo: Tertibkan KBU !

BB Cjb

destinasiaNews  – Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo ditemui di kediamannya di Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun, Cimenyan, Kabupaten Bandung (3/4/2019), angkat bicara terkait kejadian banjir bandang di Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujungberung Kota Bandung pada Senin (1/4/2019). Intinya, ia sangat merasa prihatin.

 

“Ini kesekian kali terjadi di Kota Bandung.  Klasik, penyebabnya tanggul sungai Cijalopang yang menyempit jebol.  Tambahan, area di atasnya seharusnya jadi daerah resapan, malah dibeton?! Sudah lama saya katakan ini, itu terjadi saat terlibat revisi Perda KBU bersama unsur DPRD Jabar dan dinas terkait,” papar Eka yang hari itu didampingi Dr. Neneng Nenih selaku salah satu pakar geografi di kepengurusan DPP Gerakan Hejo.

 

“Saya makin terkejut, daerah di atas Cijambe di kaki Gunung Wayang kini gundul. Di bawahnya, tumbuh aneka perumahan. Saya kira tidak usah pakar lingkungan, orang awam secara kasat mata saja bisa mengevaluasi,” ujarnya sambil menambahkan –“Saat revisi Perda KBU (Kawasan Bandung Utara), perketat perijinan, lakukan tindakan hukum secara tegas di lapangan. Dan, jangan tebang pilih. Nyatanya, saran kami nyaris tak didengar oleh para pembuat kebijakan.”

 

Selepas memaparkan penyebab awal banjir bandang di Cijambe Kota Bandung yang mengakibatkan ratusan siswa SDN Aji Tunggal Bandung terjebak, dan katanya ini baru terjadi dalam 30 tahun terakhir, Eka menyatakan:

”Tak mustahil, kejadian serupa akan terjadi, selama resapan di atasnya tidak ditertibkan. Ini yang kita khawatirkan. Harapan ada tindakan berjangka panjang.”

 

Saling Menyalahkan

 

Secara terpisah pegiat lingkungan hidup Ahmad Suwardi dari Citarum Center ketika dihubungi perihal mengapa  terjadi banjir bandung Cijambe di Kota Bandung yang mengejutkan banyak kalangan?

BB Cjb2

”Tegas saja yang paling fatal, saat era Dada Rosada (Walikota Bandung, 2003 – 2013). Ijin beberapa perumahan di KBU diobral, pengawasan bangunan sangat lemah. Pimpinan yang selanjutnya, bisanya hanya mengatakan katempuhan buntut maung, sampai sekarang.  Disesalkan tak ada solusi mendasar.”

 

Ditanya solusi jitu atas kondisi ‘saling menyalahkan’,dan seakan lepas tanggung-jawab, pun tindakan penanggulangan bencana saat ini kerap berulang di Kota Bandung seperti di daerah Pagarsih, area Terminal Cicaheum, Jl. Dr. Setia Budhi, Terusan Pasteur, menurut Ahmad dewasa ini penanganan dewasa ini layaknya pencitraan.  Tegas menurutnya, beberapa hari setelah kejadian bencana, memang ada tanggap darurat. Dalam pengamatannya, semua pihak justru berlomba turun ke lapangan:

 

“Lihat saja di daerah bencana. Ada PMK, PMI, BPNB, dan Unit Rescue dari berbagai kalangan, semua seakan tampil prima di lapangan.  Sayang, ditengarai mereka ini turun hanya demi aksi sesaat. Yang lebih penting, justru tertibkan KBU, tanami pohon keras, tindak tegas penyalahgunaan ijin lingkungan,” tutupnya. (HS/HRS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Niscaya, Makan Ikan Bikin Tubuh Makin Tahan dari Serangan Corona, ini Rahasianya

Niscaya, Makan Ikan Bikin Tubuh Makin Tahan dari Serangan Corona, ini Rahasianya

OPINI   destinasiaNews-- Saat ini pandemi Covid-19 sedang melanda dunia, hampir semua negara terkonfirmasi menderita infeksi virus yang memakan korban...

Proyek Hunian Terbaru Crown Group, Bidik Pasar Indonesia

Proyek Hunian Terbaru Crown Group, Bidik Pasar Indonesia

Untuk kali pertama, Crown Group meluncurkan proyek terbarunya di Indonesia lebih awal dibandingkan negara lainnya. destinasianews -  Pertama dalam sejarah...

Hurubatu Grill Garden Kembali Dibuka dengan Konsep Baru "Grill and Prost"

Hurubatu Grill Garden Kembali Dibuka dengan Konsep Baru "Grill and Prost"

destinasianews – Sudah hampir enam bulan lamanya Hurubatu Grill Garden – The Papandayan Hotel terpaksa tutup mengikuti anjuran pemerintah sejak merebaknya...

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda

destinasianews - Acara Ngopi Bareng JBN (Jurnalis Bela Negara) Rabu, 5 Agustus 2020 di Sheraton Bandung Hotel & Tower jalan...

Wakaf Salman ITB Targetkan Donasi GARUDA 750 Paket Smartphone Se-Bandung Raya

Wakaf Salman ITB Targetkan Donasi GARUDA 750 Paket Smartphone Se-Bandung Raya

   destinasianews - Wakaf Salman berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Salman ITB, dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung...

Pengunjung

05666767
Hari ini
Kemarin
3688
3995