Evaluasi Banjir Bandang Cijambe Kota Bandung, Gerakan Hejo: Tertibkan KBU !

BB Cjb

destinasiaNews  – Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo ditemui di kediamannya di Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun, Cimenyan, Kabupaten Bandung (3/4/2019), angkat bicara terkait kejadian banjir bandang di Kelurahan Pasirendah, Kecamatan Ujungberung Kota Bandung pada Senin (1/4/2019). Intinya, ia sangat merasa prihatin.

 

“Ini kesekian kali terjadi di Kota Bandung.  Klasik, penyebabnya tanggul sungai Cijalopang yang menyempit jebol.  Tambahan, area di atasnya seharusnya jadi daerah resapan, malah dibeton?! Sudah lama saya katakan ini, itu terjadi saat terlibat revisi Perda KBU bersama unsur DPRD Jabar dan dinas terkait,” papar Eka yang hari itu didampingi Dr. Neneng Nenih selaku salah satu pakar geografi di kepengurusan DPP Gerakan Hejo.

 

“Saya makin terkejut, daerah di atas Cijambe di kaki Gunung Wayang kini gundul. Di bawahnya, tumbuh aneka perumahan. Saya kira tidak usah pakar lingkungan, orang awam secara kasat mata saja bisa mengevaluasi,” ujarnya sambil menambahkan –“Saat revisi Perda KBU (Kawasan Bandung Utara), perketat perijinan, lakukan tindakan hukum secara tegas di lapangan. Dan, jangan tebang pilih. Nyatanya, saran kami nyaris tak didengar oleh para pembuat kebijakan.”

 

Selepas memaparkan penyebab awal banjir bandang di Cijambe Kota Bandung yang mengakibatkan ratusan siswa SDN Aji Tunggal Bandung terjebak, dan katanya ini baru terjadi dalam 30 tahun terakhir, Eka menyatakan:

”Tak mustahil, kejadian serupa akan terjadi, selama resapan di atasnya tidak ditertibkan. Ini yang kita khawatirkan. Harapan ada tindakan berjangka panjang.”

 

Saling Menyalahkan

 

Secara terpisah pegiat lingkungan hidup Ahmad Suwardi dari Citarum Center ketika dihubungi perihal mengapa  terjadi banjir bandung Cijambe di Kota Bandung yang mengejutkan banyak kalangan?

BB Cjb2

”Tegas saja yang paling fatal, saat era Dada Rosada (Walikota Bandung, 2003 – 2013). Ijin beberapa perumahan di KBU diobral, pengawasan bangunan sangat lemah. Pimpinan yang selanjutnya, bisanya hanya mengatakan katempuhan buntut maung, sampai sekarang.  Disesalkan tak ada solusi mendasar.”

 

Ditanya solusi jitu atas kondisi ‘saling menyalahkan’,dan seakan lepas tanggung-jawab, pun tindakan penanggulangan bencana saat ini kerap berulang di Kota Bandung seperti di daerah Pagarsih, area Terminal Cicaheum, Jl. Dr. Setia Budhi, Terusan Pasteur, menurut Ahmad dewasa ini penanganan dewasa ini layaknya pencitraan.  Tegas menurutnya, beberapa hari setelah kejadian bencana, memang ada tanggap darurat. Dalam pengamatannya, semua pihak justru berlomba turun ke lapangan:

 

“Lihat saja di daerah bencana. Ada PMK, PMI, BPNB, dan Unit Rescue dari berbagai kalangan, semua seakan tampil prima di lapangan.  Sayang, ditengarai mereka ini turun hanya demi aksi sesaat. Yang lebih penting, justru tertibkan KBU, tanami pohon keras, tindak tegas penyalahgunaan ijin lingkungan,” tutupnya. (HS/HRS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Upaya Cegah Pikun, Komunitas Handycrafts Bandung Gelar Workshop Kemikomi

Upaya Cegah Pikun, Komunitas Handycrafts Bandung Gelar Workshop Kemikomi

destinasiaNews - Kota Bandung tercatat sebagai salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network. Dikukuhkan oleh Organisasi Pendidikan,...

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

destinasiaNews– Heboh pemberitaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo yang sempat memanggungkan pasangan ‘Raja’ Toto Santosa dan ‘Ratu’ Fanni Aminadia, yang...

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

destinasiaNews– Melanjut maraknya kegiatan reboisasi lahan kritis di KBU (Kawasan Bandung Utara), sedikitnya 2.900 bibit tanaman keras, pada hari Sabtu...

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

destinasiaNews – Walikota Bandung Oded M Danial dakam kunjungannya ke Komunitas Bandung Hydromarket (KBH) di Sekertariatnya Jl. Pirus Galuh 3,...

Satgas Citarum Sektor 21-12 Giat Bebersih di Aliran Anak Sungai Ciwidey Kampung Patrol

Satgas Citarum Sektor 21-12 Giat  Bebersih di Aliran Anak Sungai Ciwidey Kampung Patrol

  destinasiaNews. – Kegiatan bebersih sungai dalam program Citarum harum maka aktifitas Satgas Citarum Harum Sektor 21 subsektor 12 Soreang...

Pengunjung

04763598
Hari ini
Kemarin
1527
4355