Aksi Simpatik Pramuka Jabar Dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019

pemilu1

DestinasiaNews – Di tengah pelaksanaan Pemilu 2019 di seluruh Indonesia, Pramuka Jabar diterjunkan sesuai fungsinya dalam Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019.

"Sesuai buku saku yang kita bagikan, para pemantau memang harus menunjukkan sikap kerelawanan," ujar Adang Durahman, ketua Pemantau Pramuka Saka Adhyasta Pemilu Jabar.

pemilu4

Pramuka Saka Adhyasta terdaftar sebagai Lembaga Pemantau dengan jumlah 1.657 anggota di 27 Kota/Kabupaten di Jawa Barat. Tidak hanya itu, Pramuka Jabar juga aktif membantu kelancaran proses pemilihan dengan membantu para disabilitas, orang tua bahkan mendampingi kunjungan petugas TPS ke rumah-rumah pemilih yang sedang sakit. Semua demi terjaminnya hak pilih warga.

Sejak TPS dibuka pukul 07.00 WIB, Pramuka langsung beraksi. Ada yang ikut mengantar jompo berangkat ke TPS. Ada yang jadi juru penerang. Menjelaskan daftar caleg. Juga jumlah partai serta lima jenis surat suara. "Ini pertama kalinya Pramuka terlibat aktif dalam hajat demokrasi bangsa," tegas Adang.

Pramuka terpanggil karena Satya dan Darma. Rela menolong dan tabah. Itulah sesanti hidup Pramuka. Ikut serta membangun masyarakat. Itu janjinya. Kerelawanan jadi jalan hidup. Demi segala sesuatu yang hidup.

“Aksi Pramuka Jabar saat jadi Pemantau Pemilu akan jadi laporan resmi ke Kwarnas Gerakan Pramuka dan Bawaslu RI,” pungkas Kak Adang. (dtn/ar).


emgz2

Artikel lain...

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda

Kepala Bakesbangpol Kota Bandung: Optimalisasi Pembinaan Ideologi Pancasila Pada Generasi Muda

destinasianews - Acara Ngopi Bareng JBN (Jurnalis Bela Negara) Rabu, 5 Agustus 2020 di Sheraton Bandung Hotel & Tower jalan...

Wakaf Salman ITB Targetkan Donasi GARUDA 750 Paket Smartphone Se-Bandung Raya

Wakaf Salman ITB Targetkan Donasi GARUDA 750 Paket Smartphone Se-Bandung Raya

   destinasianews - Wakaf Salman berkolaborasi dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) Salman ITB, dan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Bandung...

HAKI Diperlukan Untuk Lindungi Merek Dagang

HAKI Diperlukan Untuk Lindungi Merek Dagang

    destinasianews– Jurnalis Bela Negara (JBN) menyelengarakan kegiatan Ngopi Bareng JBN dengan tema “Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Bagi Insan...

Brawijaya Clinic Bandung, Lengkapi Lini Pelayanan Kesehatan Terintegrasi

Brawijaya Clinic Bandung, Lengkapi Lini Pelayanan  Kesehatan Terintegrasi

Terbagi atas tiga tipe ruangan yaitu kelas VIP, kelas deluxe, dan kelas I dengan total lima tempat tidur yang siap...

Berharap Kaum Milenial Ikut Memperingati Hari Veteran Nasional

Berharap Kaum Milenial Ikut Memperingati Hari Veteran Nasional

DestinasiaNews - Jelang memperingati Hari Veteran Nasional (Harvetnas) yang diperingati setiap tanggal10 Agustus hingga saat ini sesiapa yang peduli memperingatinya...

Pengunjung

05646856
Hari ini
Kemarin
2611
4268