Deddy Corbuzier Tanggepin ‘Sexy Killer’ di Youtube - It Will Never Changes Anything, Katjoewali Gila en Brani …

dc1OPINI

Oleh: Harri Safiari

 

destinasiaNews – Mendjelang achir April 2019 gondjang-gandjing atawa keramean dari gambar idoep (film/video) documentaire berdjoedoel ‘Sexy Killers’ (90 menit) boewatan Watchdoc, roepanja misih sisaken banjak goendjingan. Bajangken, tjoeman bebrapa ari belon doewa atawa tiga minggoe moentjoel di Youtube, manoesia Indonesia en seboeana malah, hatsilken ada lebi dari 15 juta klik – fantastische !

 

“Katakanlah, biasa tonton Youtube saperti ini ada 4 orang, sekali klik. Berarti ada 60 juta pasang mata lihat ini documentaire. Bagoeslah boewat bangsa Indonesia..” oengkep pesohor Deddy Corbuzier jang soeda 4 ari laloe sedjak 19 April 2019, tanggepannya menoeai 1,754.952 viewer di Youtube dengen djoedoel – Sexy Killer Dalam 10 Menit Merusak Jokowi dan Prabowo? 

 

Sepengetahoean orang oemoem, documentaire Sexy Killer jang diboewat selama satoe taoen koeliling Nusantara dalem tadjoek ‘Ekspedisi Indonesia Biru’, mampoe bikin banjak kedjoetan - kerna bisa oengkep asal-muoeasal harta karoen pedjabat dan orang2 kaja raja di ini negeri. Rata2 jang kasi komentar alias die opmerking – Betapa brengseknja para pemimpin  atawa prinsen en staatsleiders  di ini negeri!

 

Dalem oenggahan ini Deddy Corbuzier poen sempet moentjoelken sematjem pemboeka kata pridatonja, dengen roemoesan so’al positif – negatif jang ta’ tjondong kiri en kanan. ”Film ini mampu membongkar keburukan pemerintah kita, siapa pun itu,” oedjarnja dengen tambahken tekanan – “Siapa pun yang menjabat, pemerintahan kita itu bobrok.”

 

Tjoekoep panjang lebar en dalem Deddy Corbuzer jang ini kali bertindak saperti pedjoang lingkoengan idoep jang gigih. Bikin djelas posisi ra’jat ketjil jang selaloenja djadi korban. Kadjadihan kasoes tambang batoebara di Kalimantan Timoer sempet dioelas tentang moeasal en asal-oesoel tanah – lazimnja ini lahan kapoenjahan transmigran, petani, atau nelajan setempat. Nahamoen, demi tambang batoebara ia digali, dibikin loebang besar jang dalem dan tidak direklamasi - niet teruggevorderd !

 

Odjoengnja saperti ada konspirasi atawa samenzwering jang ada fihak ke pengoeasa, pemilik oewang tjoekong2  besar, en pemerintah daerah setempat. Nahamoen, achirnja saperti lazim di negara berkembang, toch?!  Ra’jat ketjil selaloenja djadi korban pembangoenan.

 

Deddy Corbuzier poen jang baroe2 ini sempet ‘dilabrak’pedangdoet masjhoer Lucinta Luna kerna ada toedingan ta’ mahoe masoepken dirinja di Hitam Putih  TV Show, kasi apresiasi kepada Watchdoc. Misih kata Deddy Corbuzier, walaoepoen documentaire ini sempet moentjoelken debat Capres 2019. Sajang seriboe sajang ka doea2nja saperti seija-sekata  - so’al dampak negatif tambang batoebara, hanja sebates djandji en rhetoric belaka, ”Makanya, saya komentarai film ini setelah Pilpres. Khawatir, waktu itu jadi kampanye Golput. Intinya, kita harus sadar listrik yang kita nikmati saat ini, ada yang berasal dari tambang batubara, semuanya bermasalah. Selama ini selalu ditutup-tutupi, ” oedjar Deddy Corbuzier sambil tambah imbaoe oentoek djaga lingkoengan idoep dan ta’ boleh boewang sampah sembarangan.

 

 

Gila en Brani ?

dc2Pantaoean ini video Deddy Corbuzier jang ini ari ke-5 soeda ditonton ampir 2 djoeta orang, tepatnja 1.9 juta viewers, toeroet masoep ada 17.396 - an   opmerkingen (komentar). Toelis opmerkingen jang mengakoe Street Anomaly – This is the power of global elites, they are small but solid, only the solidity of People Power can end it. Selain itoe ada toelis oleh Aris Ridho – Paling kesel pas denger gubernurnya nomong “nasib”. Loetjoenja, ada opmerkingen lain boewat Gubernur Kaltim saperti ditoelis Yuda Prasetya – Semoga Gubernur Kaltim nasibnya kecemplung kubangan bekas tambang. (hiks hiks hiks …- red).

 

Last but not least menghadepin situatie ‘konjol’ ini, Deddy Corbuzier walaoepoen saperti tampak frustratie. Dirinja, dengen lebih dari satoe kali omong, Penyelesaiannya harus dari diri kita sendiri. Ya, peduli lingkungan. Harus ada orang dari sisi politik yang berani. Harus ada orang gila yang berani mengkampanyekannya. Dan mereka itu harus ada di pemerintahan sendiri !”

 

Satoe hal laen dari video ini, agar soepaja kita lebi djaoe mengerti apa itoe kekatjaoean oeroesan sumber daja alam oleh pemerintah tak laen sebaeknja pentjrongi sadja itoe barang, tonton sampe toentes Sexy Killers!

 

Rasahnja penoelis ada timbang-menimbang saperti pro bikin tegak morele boodschap ala Watchdoc en Deddy Corbuzier  – Pokoknja, haroes ada orang gila en brani. Dari itoe adanja koedoe dari fihak pamarentah sendiri. Bila andelken fihak loewar, moengkin agak soesah en lama. Masalahnja – korban soedah berdjatoehan teroes en teroes, tiada fihak bisa bikin stop inspanningen - niets kan distop ! (HS/SF/dtn)

 

#deddycorbuzier #sexykillers #lucintaluna #bahasadjadoel


emgz2

Artikel lain...

Susi Pudjiastuti - Gerakan Hejo, Setuju Perbaikan Lingkungan Kab. Pangandaran: Perusaknya, Tenggelamkan !

Susi Pudjiastuti - Gerakan Hejo, Setuju Perbaikan Lingkungan Kab. Pangandaran: Perusaknya, Tenggelamkan !

  destinasianews - Hari kedua pada  3 Juni 2020 rombongan DPP Gerakan Hejo dari Bandung yang melakukan kunjungan khusus ke Kabupaten...

Pembakar Aula Balegede Pasir ImpunTertangkap, BOMA Jabar Apresiasi Apresiasi Kinerja Polisi

Pembakar Aula Balegede Pasir ImpunTertangkap, BOMA Jabar Apresiasi Apresiasi Kinerja Polisi

destinasianews - Merebaknya informasi tentang tertangkapnya terduga pelaku pembakaran (9/6/2020) aula ikonik Jabar yang dikenal dengan nama (aula) Balegede yang...

Baliwood Land dan LIPI Jalin Kerjasama, Yuk Ikutan ‘Virtual’ Seminar Potensi Desa

Baliwood Land dan LIPI Jalin Kerjasama, Yuk Ikutan ‘Virtual’ Seminar Potensi Desa

destinasiaNews – Tatkala UU Desa disahkan pada tahun 2014, pemerintah secara konsisten memberikan perhatian besar atas pembangunan desa. Hal ini tampak...

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng ‘Mendadak’ Diskusi dengan Eka Santosa BOMA Jabar di Bandung, Apa Agendanya ?

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng ‘Mendadak’ Diskusi dengan Eka Santosa BOMA Jabar di Bandung, Apa Agendanya ?

destinasiaNews  – Entah apa dan siapa yang merancang, ternyata ada angin baik,Munculnya seakan tiba-tiba saja. Adalah, dua tokoh nasional Ganjar...

Trie Utami & Irianti Erningpraja Tak Hanyut oleh Pandemi Covid-19, Lahirkan Musik Anuhyang yang Sarat EEDM …

Trie Utami & Irianti Erningpraja Tak Hanyut oleh Pandemi Covid-19, Lahirkan Musik Anuhyang yang Sarat EEDM …

destinasiaNews- Apa itu Anuhyang? Dipastikan, itu pertanyaan yang terbersit di antara kita, apalagi bagi yang telah mengenal musisi Trie Utami...

Pengunjung

05505557
Hari ini
Kemarin
2745
3859