DanSektor 3 Kol. Inf. Parulian Marpaung Tinjau IPAL Pabrik Tekstil di Desa Tanjungwangi, Pacet: Beri Satu Bulan,  Pembenahan

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

IMG 20190718 214154

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

destinasiaNews -  Kolonel Infantri Parulian Marpaung selaku DanSektor 3 Satgas Citarum Harum, dalam kunjungan harian pada Kamis, 18 Juli 2019 ke salah satu wilayah binaannya di Desa Tanjungwangi Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung, memberikan kesempatan satu bulan lamanya sejak kunjungan hari itu:
 
“Yakinkan kami, bahwa air buangan dari limbah pabrik tenun atau tekstil ini aman atau ramah bagi lingkungan. Sebelum dibuang ke out let air itu harus yakin aman bagi mahluk hidup ikan. Biasanya, ikan mas atau koi. Saya beri waktu satu bulan sejak sekarang,” kata Parulian Marpaung menjelaskan hasil peninjauannya ke para jurnalis di lokasi.
IMG 20190718 213925 
Hari itu rombongan DanSektor 3 Satgas Citarum Harum, menyambangi pabrik tekstil penghasil kain sarung (samping: Bhs. Sunda), yang dikenal oleh warga setempat sebagai pabrik KS Tex di RT 03 RW 02 Kampung Cipadaulun Desa Tanjungwangi, Pacet. Luas pabrik ini menurut H. Sofyan yang sehari-hari bertugas menangani limbah dari IPAL pabrik ini:
 
“Luasnya sekitar 10 hektar, dengan 60 karyawan, kapasitas limbah per hari rata-rata 15 – 30 M3. Soal limbah ini pun tak ajeg. Ini tergantung banyaknya orderan. Limbah diolah memakai kimia tentunya, tiga tahun lalu disarankan oleh DLH (Kab. Bandung) memakai tanaman eceng gondok. Ya, seperti sekarang ini.”
 
Yang masih menjadi bahan pertanyaan rombongan Parulian Marpaung, limbah yang walaupun telah melalui bak penampungan sekitar 10 X 20 M2 yang diisi oleh tanaman eceng gondok, hari itu langsung disalurkan ke sawah yang berkontur terasering.
 
“Inilah yang jadi pertanyaan kita. Saya lihat air yang dibuang melalui out let langsung ke sawah, kasat mata masih berwarna agak kehitam-hitaman. Sayangnya, semua data (administrasi) yang katanya setiap bulan selalu dicek DLH, adanya di kantor. Kantornya, tutup hari ini karena pemiliknya H. Ade dan H. Budi sedang ke Jakarta,” jelas Parulian Marpaung.
 
“Benar, H. Ade dan H. Budi sedang mengurus orderan ke Jakarta,” timpal Sofyan yang berjanji akan memenuhi semua hal yang disarankan Parulian Marpaung –“Dalam satu bulan semua akan beres. Silahkan dari Satgas Citarum Harum mengawasi kami. Kami dukung sepenuhnya program Citarum Harum.”  
 
Utamakan Pembinaan
 
Secara terpisah kepada para pewarta, Parulian Marpaung yang dalam pendekatannya ke para pemilik pabrik tekstil atau penghasil limbah lainnya, pada tahap awal ini akan mengutamakan model persuasif:
 
”Penyadaran akan pentingnya ekosistem yang sehat dan seimbang dalam segala kegiatan industri khususnya,perlu dimiliki oleh penduduk segala usia di Sektor 3 ini. Pendekatan secara bertahap, mudah-mudahan revitalisasi sungai Citarum bisa lebih cepat dari yang dicanangkan 7 tahun itu,” pungkasnya sambil menekankan – “Betapa penting melakukan komunikasi sosial ke generasi muda di wilayah ini. Makanya, terjadwal cukup padat program sosialisasi Citarum Harum ke beberapa sekolah dan kelompok-kelompok masyarakat.” (HS/dtn) 
 

 

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.


emgz2

Artikel lain...

Yayasan HCI Fokus pada Lingkungan Hidup & Ketahanan Pangan, Bangun Kampung Cibarani

Yayasan HCI Fokus pada Lingkungan Hidup & Ketahanan Pangan, Bangun Kampung Cibarani

destinasiaNews - Musyawarah yang di laksanakan di kampung Cibarani, kelurahan Hegarmanah, kecamatan Cidadap, kota Bandung oleh pengurus yayasan Harapan Cipta...

Syaidina Arif – Susah merawat daripada mendapatkan !

Syaidina Arif – Susah merawat daripada mendapatkan !

  destinasianews – “Alhamdulillah, saya dikelilingi oleh orang-orang yang positif. Ada juga yang negatif, tapi saya yakin bisa merubahnya. Asal...

Asprumnas Teken MoU Dengan Kopkar Jamar Bhakti VI Dalam Pembangunan dan Pengembangan Perumahan

Asprumnas Teken MoU Dengan Kopkar Jamar Bhakti VI Dalam Pembangunan dan Pengembangan Perumahan

destinasiaNews – Asosiasi Pengembang dan Pemasar Perumahan Nasional (Asprumnas) jalin kerjasama dengan Koperasi Karyawan Jasa Marga (Kopkar Jamar) Bhakti VI...

Indigo Suka Dengar "Takbir" di Jalan Lengkong

Indigo Suka Dengar "Takbir" di Jalan Lengkong

DestinasiaNews Peristiwa ini teringat seketika, saat ada bincangan dengan seorang “indigo” beberapa waktu lalu. Dia bilang, setiap melewati Jalan Lengkong suka...

Kurangi Sampah Visual

Kurangi Sampah Visual

DestinasiaNews - Perangkat Smartphone, (telepon selular/ponsel) di Indonesia sudah bukan lagi piranti yang mahal atau mewah, tapi sudah menjadi kebutuhan...

Pengunjung

06304031
Hari ini
Kemarin
1894
2842