Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

IMG 20190920 110010

destinasiaNews – Bakal calon rektor Unpad 2019 – 2024 Dr. Toni Toharudin kelahiran Tasikmalaya 1 April 1970, yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Madrasah, ditemui Kamis sore (19/9/2019) di salah satu café di bilangan Jalan Teuku Umar Kota Bandung, kembali menjelaskan program unggulan 4S besutannya – “Biar Unpad segera masuk ke area 500 universitas terbaik world class.”
 
Menurutnya, ada ada 4 Skema atau ia sebut sebagai program Masagi. Ini terdiri atas Sigma, Siaga, Sigap, dan Salam. Dibedah lagi, Sigma itu ada Sigma Ready (Research & Study) dan Sigma Edu. Sigma Ready berkaitan dengan program Unpad untuk memberikan grand kepada para Guru Besar, contohnya Sigma Platinum skemanya 4-1-1 (4 member 1 tour leader internal 1 leader external).
 
"Diperlukakannya 1 Leader External karena Unpad ingin didukung oleh peneliti-peneliti luar negeri  yang terkenal dengan Grand 1 Miliar per 2 tahun," imbuhnya.
 
Leadernya adalah Guru Besar atau Doktor dengan output 3 Jurnal International bereputasi, semuanya akan dilakukan controling seperti activity based budgeting supaya bisa terkontrol. Dari sisi external akan diberikan user account untuk mengontrol jalannya program, sedangkan untuk Sigma Gold yaitu untuk Doktoral meningkatkan kualifikasi dosen ke level S3.
 
Sigma Silver untuk para dosen muda membiasakan penelitian, Sigma Globe memberikan kesempatan kepada Guru Besar dan peneliti yang sudah mumpuni untuk refresh pergi ke Perguruan Tinggi International. Sigma Edu berkaitan dengan Unpad tapi melihat ke level bawah untuk menarik mahasiswa International dari negara tetangga, seperti Malaysia atau negara-negara ASEAN dan Afrika.
 
“Kita ingin tarik mahasiswa International supaya frekuensi atau jumlah mahasiswa International di Unpad lebih banyak, untuk percepatan ranking 500 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia”, tegasnya. Program yang lain seperti Siaga, merupakan program untuk merangsang mahasiswa berprestasi di tingkat nasional maupun international.
 
Para mahasiswa akan dibimbing, dipersipakan dan dibekali anggaran. Jika berprestasi maka mahasiswa tersebut akan diberikan reward yang bebas dipakai dalam beberapa semester.
 
Ada lagi Siaga Pimnas dan Sigap sebagai program untuk menarik uang di luar rupiah murni. Maka dari itu Unpad harus mencari uang sendiri, berupa vitalisasi aset dan produk hasil reset yang bisa dijual.
 
Dosen Sejahtera & Harapan Toni
 
Menurut Toni, program Salam dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan dosen dan karyawan dengan skema “better fixed salaries“. Jadi harus ada fiks minimal yang didapat untuk kesejahteraan dengan syarat-syarat khusus.
 
Dosen harus mengeluarkan output reseach supaya dapat fixed salaries. Pendapatan lain akan diukur by product, ketika dosen menghasilkan sesuatu yang bagus dan mengangkat nama Unpad, maka akan memperoleh reward.
 
Kepada redaksi, Toni Toharudin berharap, Program 4S Masagi memperoleh apresiasi dari anggota Senat secara proporsional.
 
"Mudah-mudahan Jumat (20/9/2019) dalam Rapat Tertutup Senat Akademik akan meyakinkan mereka dan mendapat hasil terbaik sehingga bisa masuk 6 Besar," harapnya sambil menambahkan -   “500 Best World Class Univerversity, Ditangan !”  (HS/IS/dtn).
 


emgz2

Artikel lain...

Kemendagri Gelar Lomba Inovasi Daerah "New Normal Life

Kemendagri Gelar Lomba Inovasi  Daerah "New Normal Life

destinasiaNews - Kementerian Dalam Negeri akan menggelar lomba inovasi daerah dalam penyiapan dan rencana pelaksanaan tatanan normal baru produktif dan...

Kadislaikad : Profesionalisme Keterampilan dan Kemampuan Harus Ditingkatkan

Kadislaikad : Profesionalisme Keterampilan dan Kemampuan Harus Ditingkatkan

destinasiaNews - Peringati hari ulang tahun ke 3, Kepala Dinas Kelaikan Angkatan Darat (Kadislaikad) Brigjen TNI P. Gunung Sarasmoro mengatakan...

Di Akhir Ramadhan JBN Kembali Salurkan Paket Lebaran Untuk Wartawan dari Pengusaha Kuliner

Di Akhir Ramadhan JBN Kembali Salurkan Paket Lebaran Untuk Wartawan dari Pengusaha Kuliner

    destinasiaNews - Jurnalis Bela Negara (JBN) untuk yang keenam kalinya menyalurkan paket Lebaran untuk para Wartawan Bandung yang...

JBN Salurkan Sembako dari DR Yerry Yanuar Untuk Wartawan Terdampak Covid-19

JBN Salurkan Sembako dari DR Yerry Yanuar Untuk Wartawan Terdampak Covid-19

destinasiaNews - Jurnalis Bela Negara (JBN) di masa Pandemi Virus Corona (Covid-19) kembali menyalurkan paket bahan pokok untuk para Wartawan...

Polda Jabar Peduli Pandemi Covid-9, Bagikan 1.200 Paket Sembako untuk Guru Ngaji

Polda Jabar Peduli Pandemi Covid-9, Bagikan 1.200 Paket Sembako untuk Guru Ngaji

    destinasiaNews – Berlokasi di Sekretariat tiga wadah kegiatan guru non formal atau guru ngaji yang tergabung pada FKDT...

Pengunjung

05349738
Hari ini
Kemarin
1606
4693