Toni Toharudin Aplikasikan Program Unggulan 4S Sukses, Andai Terpilih Rektor Unpad – 500 Best World Class Univerversity, Ditangan !

IMG 20190920 110010

destinasiaNews – Bakal calon rektor Unpad 2019 – 2024 Dr. Toni Toharudin kelahiran Tasikmalaya 1 April 1970, yang kini menjabat sebagai Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) Madrasah, ditemui Kamis sore (19/9/2019) di salah satu café di bilangan Jalan Teuku Umar Kota Bandung, kembali menjelaskan program unggulan 4S besutannya – “Biar Unpad segera masuk ke area 500 universitas terbaik world class.”
 
Menurutnya, ada ada 4 Skema atau ia sebut sebagai program Masagi. Ini terdiri atas Sigma, Siaga, Sigap, dan Salam. Dibedah lagi, Sigma itu ada Sigma Ready (Research & Study) dan Sigma Edu. Sigma Ready berkaitan dengan program Unpad untuk memberikan grand kepada para Guru Besar, contohnya Sigma Platinum skemanya 4-1-1 (4 member 1 tour leader internal 1 leader external).
 
"Diperlukakannya 1 Leader External karena Unpad ingin didukung oleh peneliti-peneliti luar negeri  yang terkenal dengan Grand 1 Miliar per 2 tahun," imbuhnya.
 
Leadernya adalah Guru Besar atau Doktor dengan output 3 Jurnal International bereputasi, semuanya akan dilakukan controling seperti activity based budgeting supaya bisa terkontrol. Dari sisi external akan diberikan user account untuk mengontrol jalannya program, sedangkan untuk Sigma Gold yaitu untuk Doktoral meningkatkan kualifikasi dosen ke level S3.
 
Sigma Silver untuk para dosen muda membiasakan penelitian, Sigma Globe memberikan kesempatan kepada Guru Besar dan peneliti yang sudah mumpuni untuk refresh pergi ke Perguruan Tinggi International. Sigma Edu berkaitan dengan Unpad tapi melihat ke level bawah untuk menarik mahasiswa International dari negara tetangga, seperti Malaysia atau negara-negara ASEAN dan Afrika.
 
“Kita ingin tarik mahasiswa International supaya frekuensi atau jumlah mahasiswa International di Unpad lebih banyak, untuk percepatan ranking 500 Perguruan Tinggi Terbaik Dunia”, tegasnya. Program yang lain seperti Siaga, merupakan program untuk merangsang mahasiswa berprestasi di tingkat nasional maupun international.
 
Para mahasiswa akan dibimbing, dipersipakan dan dibekali anggaran. Jika berprestasi maka mahasiswa tersebut akan diberikan reward yang bebas dipakai dalam beberapa semester.
 
Ada lagi Siaga Pimnas dan Sigap sebagai program untuk menarik uang di luar rupiah murni. Maka dari itu Unpad harus mencari uang sendiri, berupa vitalisasi aset dan produk hasil reset yang bisa dijual.
 
Dosen Sejahtera & Harapan Toni
 
Menurut Toni, program Salam dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan dosen dan karyawan dengan skema “better fixed salaries“. Jadi harus ada fiks minimal yang didapat untuk kesejahteraan dengan syarat-syarat khusus.
 
Dosen harus mengeluarkan output reseach supaya dapat fixed salaries. Pendapatan lain akan diukur by product, ketika dosen menghasilkan sesuatu yang bagus dan mengangkat nama Unpad, maka akan memperoleh reward.
 
Kepada redaksi, Toni Toharudin berharap, Program 4S Masagi memperoleh apresiasi dari anggota Senat secara proporsional.
 
"Mudah-mudahan Jumat (20/9/2019) dalam Rapat Tertutup Senat Akademik akan meyakinkan mereka dan mendapat hasil terbaik sehingga bisa masuk 6 Besar," harapnya sambil menambahkan -   “500 Best World Class Univerversity, Ditangan !”  (HS/IS/dtn).
 


emgz2

Artikel lain...

Yana Mulyana Apresiasi Revitalisasi Gang Cikapundung RW 08 Kel. Braga Bandung sebagai DTW di Gelaran CSR WEGE

Yana Mulyana Apresiasi Revitalisasi Gang Cikapundung RW 08 Kel. Braga Bandung sebagai DTW di Gelaran CSR WEGE

  destinasiaNews  - Yana Mulyana Wakil Walikota Bandung mengapresiasi rintisan pembangunan atau revitalisasi Teras Braga di gelaran Corporate Social Responsibility...

Satgas Citarum Harum Sektor 21- 02 Giat Rutin di Sungai Citarik Dan Cikeruh

Satgas Citarum Harum Sektor 21- 02 Giat Rutin di Sungai Citarik Dan Cikeruh

destinasiaNews –Agenda kegiatan Anggota Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 02 Cileunyi, Selasa (15/10/2019) tetap semangat bergiat melaksanakan tugas rutinnya...

Maliq & D'Essentials Tutup Rangkaian The Papandayan Jazz Fest 2019 dengan Sempurna

Maliq & D'Essentials Tutup Rangkaian The Papandayan Jazz Fest 2019 dengan Sempurna

destinasiaNews – Hari terakhir The Papandayan Jazz Fest 2019 memicu antusias para penikmat musik tanah air. Tidak hanya dari kota Bandung,...

Jurnalis Bela Negara Sambangi Pabrik Air Minum Viva Celebrity – Pelihara & Tingkatkan Kerjasama

Jurnalis Bela Negara Sambangi Pabrik Air Minum Viva Celebrity – Pelihara & Tingkatkan Kerjasama

destinasiaNews – Dise-sela jadwal harian yang cukup padat, rombongan yang tergabung dalam ‘perkumpulan’  Jurnalis Bela Negara (JBN), akhirnya  meluangkan waktu menyambangi...

MWA Unpad Lantik Rina Jadi Rektor, Atip Latipulhayat di PTUN Bandung - Tidak Sah, Batal Demi Hukum

MWA Unpad Lantik Rina Jadi Rektor, Atip Latipulhayat di PTUN Bandung - Tidak Sah, Batal Demi Hukum

destinasiaNews  – Suasana ruang sidang di PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara) di Jl. Diponegoro No. 34 Kota Bandung, pada Selasa,...

Pengunjung

04221297
Hari ini
Kemarin
2611
5351