Dubes RI untuk Polandia Beri Tips Sukses Ke Mahasiswa Widyatama

IMG 20191105 WA0018
destinasiaNews - Siti Nugraha Mauludiah Dubes Indonesia untuk Polandia menjadi pemateri saat digelar stadium general atau kuliah umum di Universitas Widyatama yang diadakan oleh Fakultas Bahasa.
 
Nining sapaan akrab Duta Besar Indonesia untuk Polandia itu, memberikan tips khusus untuk mencapai kesuksesan, dan menceritakan perjalanan singkat karirnya. 
 
Hal itu ia sampaikan di hadapan sekitar 600 mahasiswa Universitas Widyatama Kota Bandung, yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Widyatama jalan Cikutra No 204 A, Senin (4/11/2019) pagi hingga siang.
 
Acaranya sendiri berjalan menarik, termasuk saat sesi tanya jawab.
 
Menurutnya ada enam hal yang harus dipegang teguh dan diaplikasikan oleh para mahasiswa Widyatama untuk meraih kesuksesan, yaitu be happy, set your goals, be innovate, be a good team, time management serta time a health live.
 
Di samping itu harus memiliki cita-cita yang tinggi, dengan perencanaan dan kemampuan yang terukur.
 
Lebih lanjut kata Nining, mahasiswa sekarang harus lebih inovatif, di samping itu harus bisa mengikuti perkembangan jaman.
 
Dirinya pun sangat setuju dengan program Mendikbud Nadim Makarim, yang mengharuskan generasi muda bisa paham teknologi, bahasa coding dan menguasai bahasa Inggris dan bahasa asing.
IMG 20191105 WA0016 
Karena menurut Nining yang pernah menjadi Konsulat Jendral di Negeri Tirai Bambu Cina, saat ini teknologi informasi sangat pesat berkembang, menjadi tradisi baru. Segala sesuatunya terhubung dengan dunia online, menggunakan hp android. Baik itu membeli makanan, membeli baju, sepatu, naik ojek dan lainnya.
 
Ia pun menitik beratkan agar para mahasiswa Widyatama menguasai bahasa Inggris dan bahasa asing.
 
Apalagi di era global, keterbukaan dan revolusi industri 4.0 para mahasiswa harus mampu menerima perubahan dan memanfaatkannya secara positif. 
 
Di samping itu paham juga dengan ICT (Information and Communication of Technology/Teknologi Informasi dan Komunikasi).
 
"Mahasiswa sekarang harus bisa menjadi entrepreneur sesuai dengan perkembangan jaman (relevan). Tidak lagi berpatokan harus menjadi pegawai negeri, seperti jaman saya," kata Nining alumni bahasa Fakultas Unpad tahun 1990.
 
Saat awak media menayakan mengenai kualitas SDM bangsa Indonesia, menurutnya SDM bangsa Indonesia tidak kalah oleh bangsa lain dalam persaingan global. 
 
Namun yang harus ditingkatkan lagi yaitu kreativitasnya. Hal itu harus didukung dengan sistem pendidikan yang memberikan ruang lebih untuk berkreativitas. Di tambah dengan kemampuan analisanya (data).
 
Masih kata Nining, orang yang menguasai dunia adalah yang memiliki data contohnya Alibaba.
 
Dari info yang diperoleh majalahsora.com Alibaba merupakan perusahaan yang dimiliki Jack Ma adalah konglomerat multinasional Cina yang memiliki spesialisasi dalam e-commerce, ritel, Internet, kecerdasan buatan, dan teknologi.
 
Sementara itu Prof. H. Obsatar Sinaga Rektor Widyatama yang hadir pada acara itu mengatakan bahwa kegiatan yang dihelat oleh Fakultas Bahasa Widyatama, merupakan hal umum yang dihelat oleh kampusnya.
 
Sebelumnya beberapa Dubes Indonesia untuk negara lain, silih berganti memberikan kuliah umum di hadapan para mahasiswa Widyatama.
 
Banyak pelajaran positif yang akan diraih oleh para mahasiswanya terutama untuk memberikan motivasi, tips meniti karir, memperluas wawasan serta pergaulan secara global. 
 
Di samping itu memberikan pengalaman mereka dalam mempromosikan negara Indonesia di luar negeri.
 
Obi pun menambahkan bahwa mahasiswa selain harus memiliki wawasan global juga mengingatkan agar bijak dalam menggunakan medsos.
 
"Saya ingatkan jangan menggunakan medsos yang salah dalam memposting sesuatu. Karena dunia kerja akan melihat medsos juga. Kalau nggak baik dan suka jahil di medsos tidak tidak akan diterima (kerja)," tegasnya.
 
Menurutnya  etos kerja juga akan dinilai berdasarkan akun, karena hal itu ada hubungannya dalam pola-pola pekerjaan. [hs]
 


emgz2

Artikel lain...

Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Terapkan Pola Penthaheix, Genjot Hijaukan Lahan Kritis Kawasan Bandung utara

Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Terapkan Pola Penthaheix, Genjot Hijaukan Lahan Kritis Kawasan Bandung utara

destinasiaNews  – Kelompok Tani Hutan (KTH) Giri Senang selaku tuan rumah dalam konteks tindak lanjut Gerakan Nasional (GN) Pemulihan DAS (Daerah...

Upaya Cegah Pikun, Komunitas Handycrafts Bandung Gelar Workshop Kemikomi

Upaya Cegah Pikun, Komunitas Handycrafts Bandung Gelar Workshop Kemikomi

destinasiaNews - Kota Bandung tercatat sebagai salah satu dalam jaringan kota kreatif UNESCO Creative Cities Network. Dikukuhkan oleh Organisasi Pendidikan,...

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

UPI Akui Fasilitasnya Digunakan ‘Sunda Empire’, dan Membantah Ada Keterlibatan

destinasiaNews– Heboh pemberitaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo yang sempat memanggungkan pasangan ‘Raja’ Toto Santosa dan ‘Ratu’ Fanni Aminadia, yang...

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

‘Duet’ Dansektor 22 Citarum Harum & Kadishut Prov Jabar, Tanami Lahan Kritis di Cimenyan KBU

destinasiaNews– Melanjut maraknya kegiatan reboisasi lahan kritis di KBU (Kawasan Bandung Utara), sedikitnya 2.900 bibit tanaman keras, pada hari Sabtu...

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

Oded M Danial Kunjungi Komunitas Bandung Hydromarket: Swasembada Sayur & Tekan Stunting

destinasiaNews – Walikota Bandung Oded M Danial dakam kunjungannya ke Komunitas Bandung Hydromarket (KBH) di Sekertariatnya Jl. Pirus Galuh 3,...

Pengunjung

04776774
Hari ini
Kemarin
3416
3794