Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Terapkan Pola Penthaheix, Genjot Hijaukan Lahan Kritis Kawasan Bandung utara

CSa

destinasiaNews  – Kelompok Tani Hutan (KTH) Giri Senang selaku tuan rumah dalam konteks tindak lanjut Gerakan Nasional (GN) Pemulihan DAS (Daerah Aliran Sungai), kali ini di KBU (Kawasan Bandung Utara) tepatnya di Kampung Legok Nyenang Desa Giri Mekar, Cilengkrang, Kabupaten Bandung pada Senin, 27 Januari 2020 melakukan penanaman 8.500 pohon buah dan tanaman keras.

“Ini aplikasi agro forestry (tumpang sari), akan menjadikan lahan kritis KBU sebagai area wisata buah-buahan unggulan kelak. Ini pun bisa dianggap sebagai pelengkap dari hasil hutan di KBU Cilengkrang yang sudah terkebal yaitu kopi Palasari,” papar Kepala Dinas Kehutanan Jabar, Epi Kustiawan yang disebutnya pula sebagai inovasi kolaborasi terbaik di KBU.

Lebih jauh masih kata Epi: “Program kali ini, sesuai dengan harapan warga, kami lengkapi dengan tanaman jeruk lemon California serta penghasil lebah madu. Tujuannya, bertahap tingkat perekonomian warga daerah KBU meningkat."

Sementara itu Bupati Bandung, Dadang M Naser, yang didampingi pelaku usaha yang tergabung pada PT. Sarbi Group, Ateng Sutisna selaku salah satu penyumbang bibit tanaman di kegiatan ini, juga Dansektor 22 Satgas Citarum Harum Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, serta beberapa unsur dari IPKINDO (Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia) DPW Jabar, menyatakan:

"Terimakasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ini kolaborasi masif menghijaukan KBU, plus aplikasi pola tanam yang baik oleh petani. Ini memadukan tanaman kopi dan kaliandra sebagai sabuk gunung. Nantinya, akan menghasikan madu dan makanan ternak. Pastilah akan bermanfaat besar, meningkatkan perekonomian warga.” 

Sementara itu Dansektor 22 Satgas Citarum Harum, secara khusus disela-sela kegiatan ini menyatakan:

CSb

“Optimis melalui pola pembangunan berbasis pentahelix (pemerintah, masyarakat, akademisi, pengusaha, dan media bersatu), sejumlah program yang kita tuju, bisa tercapai. Contohnya, di Giri Mekar KBU ini, kita lihat paduan aneka unsur penthahelix telah menunjukkan kinerja baik. Kita tinggal pelihara bersama.”

Selaras dengan pentingnya upaya memelihara pohon yang telah ditanam di KBU yang kritis dan menjadi salah satu sumber bencana alam banjir dan longsor di area Bandung Raya,  Koordinator Forum Relawan Pohon (FRP) ‘CADAS’, Nurhadi yang didampingi tokoh setempat di Giri Mekar yang saat aktif selaku Penasihat Kelompok Tani Hutan (KTH) Giri Senang, Suherman:

“Hal penting lainnya, usai penanaman pohon hari ini, perlu dikontrol dalam beberapa hari ke depan bagaimana pemeliharaannya. Bukan tidak percaya, yang sudah-sudah pada program penanaman pohon massal banyak mengalami kegagalan. Karenanya, kami siap membantu, agar kegagalan itu terhindar,” Memang KBU yang kritis ini, pemulihannya harus digenjot,” tutupnya. (HS/HRS/dtn) 


emgz2

Artikel lain...

Melongkok Serlok Bantaran di Cikapundung

Melongkok Serlok Bantaran di Cikapundung

DestinasiaNews – Di tengah hiruk-pikuk laju program Citarum Harum ada geliat di salah satu anak sungainya, yakni Sungai Cikapundung yang...

Gerakan Hejo & Dispora Jabar, Memotivasi Pemuda Lebih Peduli Terhadap Lingkungan Hidup

Gerakan Hejo & Dispora Jabar, Memotivasi Pemuda Lebih Peduli Terhadap Lingkungan Hidup

  destinasiaNews – Berlokasi di Hotel Sabda Alam Kabupaten Garut sejak 17 hingga 19 Februari 2020, Dinas Pemuda dan Olahraga...

RSKB Halmahera Siaga, Perkenakan Fasilitas DBC – Mengatasi Nyeri Punggung Bawah

RSKB Halmahera Siaga, Perkenakan Fasilitas  DBC – Mengatasi Nyeri Punggung Bawah

destinasiaNews  -  Warta paling anyar, Rumah Sakit Khusus Bedah (RSKB) Halmahera Siaga melalui Klinik Utama Halmahera Medika, pada Sabtu (15/2/2020)...

Muhammad Farhan Anggota DPR RI Lakukan ‘Kundapil’ di Cijawura kota Bandung, Singgung Peran Posyandu & Zero Stunting

Muhammad Farhan Anggota DPR RI Lakukan ‘Kundapil’ di Cijawura kota Bandung, Singgung Peran Posyandu & Zero Stunting

destinasiaNews – Suka cita warga menyambut kehadiran Anggota DPR RI dari Partai NasDem Dapil Jabar l (Bandung-Cimahi) pada hari Minggu...

BLC Konsisten Berbagi Ilmu Dengan Menggelar Workshop Ecoprint

BLC Konsisten Berbagi Ilmu Dengan Menggelar Workshop Ecoprint

destinasiaNews – Komunitas penyuka seni kriya Bandung yang menamakan dirinya Business Ladies Club  ( BLC ), kembali menggelar Workshop Ecoprint...

Pengunjung

04899347
Hari ini
Kemarin
1026
5371