Kajian Model Pengelolaan Sumber Daya Air Berbasis Mikro DAS Bandung Utara-DAS Citarum

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

Cikawari4

DestinasiaNews - Salah satu Kawasan di DAS Citarum yang cukup tinggi luasan lahan kritisnya adalah Kawasan Bandung Utara (KBU). Keberadaan lahan kritis di kawasan ini akibat adanya pola budidaya pertanian yang tidak ramah lingkungan, diantaranya di Kecamatan Cimenyan.

Pada dasarnya kerusakan suatu DAS dapat dicirikan dengan tidak seimbangnya neraca air, sehingga pada musim hujan akan banjir karena tidak adanya vegetasi yang menahan air larian. Dan pada musim kemarau akan kekeringan karena tidak ada hutan yang berfungsi sebagai cadangan air.Skema kerusakan DAS berlaku pula di dalam bagian dari DAS yaitu pada Sub DAS sampai ke Mikro DAS.

Cikawari2

Dengan demikian upaya yang dilakukan untuk memperbaiki neraca air supaya sistematis dan terukur haruslah dimulai dari daerah tangkapan air hujan yang terkecil yaitu skala mikro DAS melalui pengembangan Permodelan Mikro DAS, yaitu suatu contoh pengelolaan DAS dalam skala lapang yang digunakan sebagai tempat untuk memperagakan proses partisipatif pengelolaan sumberdaya alam, rehabilitasi hutan dan lahan, teknik-teknik konservasi tanah dan air, sistem usaha tani yang sesuai dengan kemampuan lahan, sosial, ekonomi, budaya dan kelembagaan masyarakat.Demikian cuplikan kajian singkat DPKLTS (Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda) yang disampaikan Taufan Suranto Desember lalu di Cikawari, Kab. Bandung.

Dalam rangka mengawali proses jangka panjang permodelan mikro DAS di Wilayah Sungai Citarum yang sistematis dan terukur, maka Satgas PPK DAS Citarum bekerjasama dengan Direktorat Kehutanan dan Konservasi Sumber Daya Air Bappenas dan BPDASHL Citarum Ciliwung KLHK akan melakukan kegiatan “Kajian Model Pengelolaan Sumber Daya Air berbasis Mikro DAS di Kawasan Bandung Utara - DAS Citarum”. Adapun lokasi yang dipilih adalah di mikro DAS Cisanggarung Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menghasilkan dokumen kajian model pengelolaan sumber daya air berbasis mikro DAS di Wilayah Sungai Citarum.

Kegiatan ini untuk melakukan pengumpulan data hidrologis dan sosial masyarakat di kawasan mikro DAS Cisanggarung. Membuat peta delineasi batas mikro DAS Cisanggarung sebagai wilayah permodelan Menyusun rekomendasi rencana pengelolaan sumber daya air terpadu di kawasan mikro DAS CisanggarungMenyusun mekanisme kelembagaan multi-pihak Mikro DAS Cisanggarung untuk menjalankan Rencana Aksi Menyusun dokumen Laporan Akhir Kajian Model Pengelolaan Sumber Daya Air di Mikro DAS Cisanggarung.

Hadir pula Ketua Harian Satgas PPK Citarum, Direktur PEPDAS KLHK, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat, Biro Perekonomian Setda Jawa Barat, Dan Sektor Satgas Citarum, Kelompok Tani Tricipta, Kelompok Tani Kahuripan II, Media Massa Kompas, Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat (PKSM).

Menurut Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat, Ir. H. Epi Kuatiawan, MP, “Kawasan Bandung Utara merupakan bagian dari DAS Citarum secara penggunaan lahan perlu dilakukan upaya konservasi lahan, baik dari sisi penurunan erosi, maupan dalam penanganan lahan kritis di Jawa Barat.”

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

Cikawari3

Konsep penanganan yang dilakukan harus pendekatan keinginan masyarakat dengan mengedepankan prinsip nilai ekonomi dalam keberlangsungan pengelolaan lahan, lanjutnya.

Secara prinsip lokasi di wilayah Kp. Cikawari, Desa Mekarmanik, merupakan daerah dalam produksi tanaman pertanian, yang menjadi salah satu unggulan adalah tanaman bawang yang merupakan produksi penyangga suplai nasional. Tindakan konservasi tanah dan lahan secara swadaya telah dilaksanakan oleh masyarakat, yang secara langsung telah berdampak terhadap hasil produksi tanaman pertanian maupun tanaman jeruk lemon kalifornia, yang merupakan bantuan bibit dari kontribusi masyarakat Jawa Barat melalui Gerakan Tanam Pelihara Pohon (GTPP).

Direncanakan dilokasi tersebut akan dibuat beberapa demplot agroforestry atau UPSA dan Pemodelan Mikro DAS dengan kolaborasi dari KLHK, Pemerintah Daerah, dan bila dimungkingan penggunaan dana CSR PT. Jasa Tirta II. Rencana lokasi yang sudah diinventarisir oleh Satgas Citarum Harum.dtn/dpklts.-

 

 

 

Cikawari5

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.


emgz2

Artikel lain...

Yayasan HCI Fokus pada Lingkungan Hidup & Ketahanan Pangan, Bangun Kampung Cibarani

Yayasan HCI Fokus pada Lingkungan Hidup & Ketahanan Pangan, Bangun Kampung Cibarani

destinasiaNews - Musyawarah yang di laksanakan di kampung Cibarani, kelurahan Hegarmanah, kecamatan Cidadap, kota Bandung oleh pengurus yayasan Harapan Cipta...

Syaidina Arif – Susah merawat daripada mendapatkan !

Syaidina Arif – Susah merawat daripada mendapatkan !

  destinasianews – “Alhamdulillah, saya dikelilingi oleh orang-orang yang positif. Ada juga yang negatif, tapi saya yakin bisa merubahnya. Asal...

Asprumnas Teken MoU Dengan Kopkar Jamar Bhakti VI Dalam Pembangunan dan Pengembangan Perumahan

Asprumnas Teken MoU Dengan Kopkar Jamar Bhakti VI Dalam Pembangunan dan Pengembangan Perumahan

destinasiaNews – Asosiasi Pengembang dan Pemasar Perumahan Nasional (Asprumnas) jalin kerjasama dengan Koperasi Karyawan Jasa Marga (Kopkar Jamar) Bhakti VI...

Indigo Suka Dengar "Takbir" di Jalan Lengkong

Indigo Suka Dengar "Takbir" di Jalan Lengkong

DestinasiaNews Peristiwa ini teringat seketika, saat ada bincangan dengan seorang “indigo” beberapa waktu lalu. Dia bilang, setiap melewati Jalan Lengkong suka...

Kurangi Sampah Visual

Kurangi Sampah Visual

DestinasiaNews - Perangkat Smartphone, (telepon selular/ponsel) di Indonesia sudah bukan lagi piranti yang mahal atau mewah, tapi sudah menjadi kebutuhan...

Pengunjung

06304088
Hari ini
Kemarin
1951
2842