Dari Eks Stasion Radio Malabar Gunung Puntang Terkait Perhutani ke-60, Sahrul Gunawan & Musisi Anji: Kembangkan Pariwisata Lebih fresh !

Hut Perhut 60a

destinasiaNews  – Ada yang khas destiners, ini terjadi pada peringatan Perhutani ke-60 yang berlangsung pada Senin, 29 Maret 2021 di kawasan wisata eks Radio Malabar yang legendaris itu di Gunung Puntang,  Desa Campaka Mulya, Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung.  Gelarannya, tentu  berlandaskan protokol kesehatan karena terkait  pandemi Covid-19,  wujudnya memadukan  zoom meeting dengan pertemuan  secara fisik secara terbatas.

Hadir hari itu  Wakil Bupati Bandung terpilih Sahrul Gunawan, musisi pelantun tembang ‘Dia’ Anji yang sudah total ‘mukim’ di Malabar Gunung Puntang sejak Agustus 2020, lalu ada  Eka Santosa Ketua Umum DPP Gerakan Hejo, dan tuan rumah ADM Perum Perhutani KPH Bandung Selatan Tedi Sumarto, termasuk Abah Ilin Dahsyah yakni teua adat alias Olot dari Kampung Adat Cikondang di Pangalengan. Praktis, , semuanya paamprok jonghok (bertatap muka langsung) di pelataran eks Radio Malabar yang hari itu memunculkan nuansa baru:  

“Spesialini  peringatan Perhutani kali ini, tadi  dirayakan secara khusus dari kantor pusat kami di Jakarta, diikuti oleh keluarga besar Perhutani di pulau Jawa. Kami gemakan dan wujudkan tema rise & growth yaitu semangat bersatu untuk bangkit dan tumbuh. Artinya, harus  menjadi pengelola hutan yang berkelanjutan, serta bermanfaat bagi masyarakat,” kata Tedi Sumarto dengan menambahkan –“Sosok Perhutani saat ini dan mendatang harus berbeda dan lebih brasa di segala lini.”  

Sementara itu Sahrul Gunawan yang hadir sekitar pukul 10.00 WIB seusai sambutan dari pihak direksi Perhutani dari Jakarta melalui zoom meeting, mengemukakan rencana program yang akan lebih memberdayakan para pegiat kepariwisataan dan budaya di Kabupaten Bandung. 

”Tiga bulan lebih sebelum masa kampanye lalu, saya pelajari tentang potensi pengembangan industri kepariwisataan di Kabupaten Bandung. Solusinya, tinggal memadukan kembali potensi yang tercerai-berai selama ini,  menjadi suatu kekuatan baru. Yakin kita bisa mewujudkannya lebih terasa di lapangan untuk mensejahterakan masyarakat.”

Wujudkan Segera …  

Hut Perhut 60

Secara khusus, usai peringatan Perhutani ke-60 secara resmi bersama  Kantor Pusat Perhutani di Jakarta, berlanjut diskusi khusus secara in formal antara para tokoh di atas yang diikuti di antaranya  oleh HM Arifin, Ketua Paguyuban LMDH Bandung Selatan,  pebisnis kepariwisataan Asep dan Budiawan  dari ‘Kreasi Alam Parahyangan’, Rudi ‘Rahayu’ Rambo pegiat lingkungan dari Gerakan Hejo yang juga berkiprah di bidang off road dan otomotiv, serta Abah  Ilin.   

“Cita-cita sinergitas seperti yang digemakan Pak Bupati terpilih Sahrul Gunawan tadi, perlu diwujudkan dalam tempo cepat di Kabupaten Bandung. Perhutani dengan citra baru, pebisnis kepariwisataan, dan para aktivis yang berwawasan budaya berbasis masyarakat adat, serta lingkungan yang berkelanjutan segera dirangkai di lapangan,  jangan lagi hanya sekedar wacana,” kata Eka Santosa sambil mengatakan – “Kami sudah bosan dengan janji-janji dan sekedar wacana. Pasangan Bupati terpilih, yakinlah bisa memadukan potensi ini. Munculkan kebaruan  yang progressif dan berdaya guna bagi masyarakat.”  

Pantauan redaksi, Tedi Sumarto sore harinya masih di hari yang sama secara terpisah, berhasil menemui Bupati terpilih HM Dadang Supriatna yang akrab disapa Kang DS di Bale Endah seusai meninjau korban angina ribut di Kecamatan Cimenyan:

“Selain mengucapkan selamat atas Harlah Perhutani ke-60, Kang DS kembali menyoroti keinginan untuk menghijaukan lahan kritis di Hulu Sungai Citarum. Upaya Perhutani menggandeng investor yang akan menggali kepariwisataan di Kabupaten Bandung, juga diapresiasi.” 

Sementara itu musisi Anji,  dalam kesempatan peringatan Perhutani ke- 60, dirinya bertekad untuk lebih mensinergikan kerjasamanya di bidang kepariwisataan dan pengembangan budaya lokal dan nasional bersama  Perhutani di Bandung Selatan:

“Masih banyak proyek bagaimana meningkatkan segi ekonomi utamanya bagi Bandung Selatan. Mengisi kunjungan wisataan potensial (selebgram, artis, youtuber, dll). Sebaiknya mereka hadir di Gunung Puntang pada week day. Biarlah week end diisi oleh wisatawan regular,” ujarnya dengan memungkas –“Modalnya, Pemkab dan Perhutani serta insan kepariwisataan lainnya bekerjasama dengan baik di segala lini.” 

Last but not least menurut Rudi ‘Rahayu’ Rambo selaku pegiat kepariwisataan di bidang minat khusus, momenteum bertemunya Eka Santosa, Sahrul Gunawan, musisi Anji, dan Tedi Sumarto:

”Juga tentunya pertemuan ini diketahui Kang DS sebagai Bupati terpilih, semoga  tak hanya menjadi wacana belaka. Wujudkan dunia baru kepariwisataan di Kabupaten Bandung yang serba baru dan lebih membumi serta fresh bagi warganya.” (HS/HRS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

The Papandayan Rayakan Ulang Tahun Ke-31

The Papandayan Rayakan Ulang Tahun Ke-31

destinasiaNews – Hotel The Papandayan, Bandung akan merayakan hari jadinya yang ke-31 pada 30 April 2021. Selama sebulan penuh, The...

Jurnalis Bela Negara Siap Gelar Rakernas dan Deklarasi JBN

Jurnalis Bela Negara Siap Gelar Rakernas dan Deklarasi JBN

destinasiaNews - Jurnalis Bela Negara (JBN) rencananya di bulan Juni 2021 akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Deklarasi JBN...

Pemenang Pemilihan Puteri Remaja & Putri Cilik Jawa Barat 2021, Siapakah Mereka ?

Pemenang Pemilihan Puteri Remaja & Putri Cilik Jawa Barat 2021, Siapakah Mereka ?

destinasiaNews  – Puluhan peserta pada Pemilihan Puteri Remaja & Puteri Cilik Indonesia Tingkat Provinsi Jawa Barat 2021 yang berlangsung pada...

Wakil Bupati Kukuhkan FPSH HAM Kabupaten Sukabumi

Wakil Bupati Kukuhkan FPSH HAM Kabupaten Sukabumi

DestinasiaNews - Wakil Bupati Sukabumi Drs. H. Iyos Somantri M.Si kukuhkan pengurus dan snggota Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM...

Dari Eks Stasion Radio Malabar Gunung Puntang Terkait Perhutani ke-60, Sahrul Gunawan & Musisi Anji: Kembangkan Pariwisata Lebih fresh !

Dari Eks Stasion Radio Malabar Gunung Puntang Terkait Perhutani ke-60, Sahrul Gunawan &  Musisi Anji: Kembangkan Pariwisata Lebih fresh !

destinasiaNews  – Ada yang khas destiners, ini terjadi pada peringatan Perhutani ke-60 yang berlangsung pada Senin, 29 Maret 2021 di kawasan...

Pengunjung

06648157
Hari ini
Kemarin
3407
4178