Anggota DPR RI, Muhammad Farhan Kupas Tuntas ‘Public speaking di Dunia Digital’

Farhan ZM1

destinasiaNews -Perhelatan yang digagas kolaborasi antara DPR RI dan Kominfo bekerjasama dengan Sumber Kreasi, menggelar Ngobrol Bareng Legislator dengan mengusung tema ‘Public Speaking di Dunia Digital’. Acara yang dikemas secara daring melalui aflikasi zoom meeting ini diikuti 240 peserta, berlangsung pada hari Sabtu, 14/5/2022, mulai pukul 10:00 hingga 12:00 WIB.

Pada gelaran yang dipandu moderator Maya Karim ini menghadirkan nara sumber antara lain: mantan presenter kondang juga Anggota DPR RI Muhammad Farhan SE., asal kota Bandung; Samuel A Pangerapan, BSc. Dirjen Aptika Kemkominfo; dan Dr (Cand) Verdy Firmantoro, S.I. Kom, M.I.Kom. Dosen Komunikasi Politik FISIP UHAMKA.

Menurut Anggota DPR RI, Muhammad Farhan, mengawali pembicaraan meeting zoom sebagai nara sumber pertama, bahwa bagi siapapun bisa menjadi public speaker yang andal dan sukses, “Saya pun saat menjadi presenter lebih banyak mendengarkan dan membaca untuk memperkaya mata acara yang saya bawakan,” terangnya.

Selanjutnya, Muhammad Farhan, mengatakan, walaupun terbentang luas kesempatan bagi siapapun untuk berperan di dunia maya, utamanya: ”Tetap saja, harus ada ilmu dan panduannya, plus perlu punya kesadaran pribadi yang tinggi.”

Nara sumber lainnya yaitu Samuel A Pangerapan, Dirjen Aptika Kemkominfo, membeberkan bagaimana strategi bijak menjalankan public speaking di dunia digital, ia tak seperti menggurui para kawula muda yang antusias mencermati tuturannya.

Farhan ZM2

“Lakukan strategi public speaking yang efektip, di antaranya identifikasi tujuan dan sasaran, ciptakan iklim komunikasi yang supportif, gunakan metode partisipatif, munculkan sudut pandang edukatif berbasis critical thinking, lalu padukan dengan kompetensi yang mendukung serta punya daya tarik tersendiri. Lalu kemudian, gali dengan berbagai improvisasi sesuai rentang pengalaman kita,” terangnya.

“Dalam hal ini, diharapkan dapat tercipta talenta-talenta digital andal yang tepat dan bijak,” ujarnya menambahkan.

Tampil sebagai nara sumber terakhir, Verdy Firmantoro, Dosen Komunikasi Politik FISIP UHAMKA, mengatakan bahwa, melalui gelaran ini kita diharapkan akan lebih bijak dalam menapak dunia digital.

“Semua orang bisa menjadi public speaker. Namun untuk menjadi public speaker yang mumpuni, harus mampu memenuhi sedikitnya kebutuhan public, serta mampu pula kita membangun kapasitas diri yang memadai,” ujarnya.

“Harus pula paham logika media, logika digital, dan logika algoritma, yang setidaknya mengandung nilai emosional, serta empthati yang dapat dipertanggung-jawabkan,” pungkasnya.

Kegiatan meeting zoom ini pun ditutup oleh tampilan memukau dari kelompok acoustic band bernama Weebe Concept. (HRS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Haul ke 96 Tahun Abah Landoeng – Bu Sani, Hadirkan Ustadz Ahmad Salimul Apip Beberkan 5 Perkara Hidup

Haul ke 96 Tahun Abah Landoeng – Bu Sani, Hadirkan Ustadz Ahmad Salimul Apip Beberkan 5 Perkara Hidup

destinasiaNews – Siapa yang tak kenal Abah Landoeng (96) di Bandung dan sekitarnya? Ia dikenal sebagai pria tangguh yang hidup lebih...

Sempat Ada Barikade Kawat Berduri di Hotel Banana Inn Bandung, Pengacara Pengelola: Tidak Terima Disegel …

Sempat Ada Barikade Kawat Berduri di Hotel Banana Inn Bandung, Pengacara Pengelola: Tidak Terima Disegel …

destinasiaNews – Puluhan pasang mata yang berlalu lalang tepatnya di betulan  Jl. Dr. Setiabudi No. 191, Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota...

Atlet Perbakin Kab. Bandung Barat Sabet Medali Emas

Atlet Perbakin Kab. Bandung Barat Sabet Medali Emas

DestinasiaNews - Seperti tahun-tahun sebelumnya, dalam rangka menyambut Dirgahayu ke-76 tahun Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) kembali menyelenggarakan...

Workshop Kelas Dunia bagi Masyarakat Desa Bali bersama Kemenparekraf RI dan Baliwood Indonesia, pelatihan SFX Silicone Prosthetic Ethnic berkarakter Lokal di Desa Film Baliwood Land.

Workshop Kelas Dunia bagi Masyarakat Desa Bali bersama Kemenparekraf RI  dan Baliwood Indonesia, pelatihan SFX Silicone Prosthetic Ethnic berkarakter Lokal di Desa Film Baliwood Land.

desdtinasiaNews–Bagi pecinta film, pastinya sudah faham dengan istilah special effects makeup atau SFX makeup. Makeup khusus yang mampu membuat wajah...

E-Lisung, Komponen Pelengkap Urban Farming

E-Lisung, Komponen Pelengkap Urban Farming

DestinasiaNews -Festival Buruan SAE (Sehat Alami Ekonomis) di Sein Farm, Ujungberung, Kota Bandung baru saja usai. Di festival yang berlangsung...

Pengunjung

08848680
Hari ini
Kemarin
1082
3646