Forum Penyelamat Olahraga Jawa Barat – Pertanyakan Penggunaan Dana Hibah KONI Jabar Rp. 325 M

koni 1Destinasianews - “Besok (Jumat, 23/1/2015 – red) saya dan rekan akan melaporkan ke Gubernur Jabar. Semua akan dibeberkan tuntas dugaan penyelewengan dana hibah KONI Jabar 2011 – 2014. Semoga saja Pak Gubernur berkenan menerima kami,” tegas Eka Santosa, Ketua Forum Penyelamat Olahraga (FPOR) Jawa Barat. Eka Santosa yang juga dalam kapasitasnya sebagai Dewan Kehormatan KONI Jabar, menyatakan hal ini dengan lantang dihadapan puluhan awak media di Graha Tirta Siliwangi, Hari Kamis, 22 Januari yang menggelar Musyawarah Masyarakat Olahraga (MMO) Jawa Barat.

Kepada destinasianews.com, H. Bob Gunawan, salah satu pimpinan MMO Jawa Barat ketika ditemui di Gedung Pelti Jabar di Jl. Ambon No 2 Bandung pada Jumat, 23 Januari 2015, menyatakan:”Pertemuan dengan Gubernur hari ini ditunda dulu. Alasannya, beliau padat jadwalnya hari ini”.

Rekomendasi MMO Jabar

koni 2Adapun rekomendasi MMO Jabar yang digelar 22 Januari 2015 diantaranya mempertanyakan 5 hal: 1. Rekayasa, manipulasi, dan money politik secara sistematis dalam Agenda Rapat Anggota KONI Jawa Barat Tahun 2014 menjadi MUSORPROVLUB, melanggar AD/ART KONI yang dilaksanakan pada 13 – 14 September 2014 sehingga hasil MUSORPROVLUB cacat hukum. 2. Ketua Umum KONI Jawa Barat terpilih (Kolonel TNI Aktif/pejabat struktural) hasil MUSORPROVLUB, diduga melanggar Undang-undang SKN No 3 tahun 2005 dan Undang-undang RI no 34 tentang Tentara Nasional Indonesia pasal 47. 3. Laporan Pertanggungjawaban kinerja dan khususnya keuangan KONI Provinsi Jawa Barat periode 2011 – 2014 sebesar Rp. 367 miliar yang tidak melalui proses audit internal dan diduga melanggar AD/ART KONI. 4. Perubahan RAPAT ANGGOTA KONI TAHUN 2014, menjadi MUSOPROVLUB diduga tidak adanya upaya untuk mempertanggungjawabkan keuangan sebesar Rp. 367 miliar, sehingga melanggar AD/ART KONI yang dapat berakibat menjadi masalah pidana korupsi. 5. Penggunaan Dana Hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat kepada Pengurus KONI Jawa Barat 2011 -2014, yang diduga bermasalah, maka tidak sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku.

Atas dasar rekomendasi MMO Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat dimohon untuk melakukan langkah-langkah: 1. Mendesak KONI Jawa Barat 2011 – 2014 untuk segera melakukan Musyawarah Olahraga Provinsi Jawa Barat sesuai AD/ART KONI, UU SKN No 3 Tahun 2005, dan Surat Keputusan KONI Pusat No. 46 tahun 2014 tertanggal 5 Mei 2014 tentang Pengesahan PLT Ketua Umum KONI Jawa Barat untuk melaksanakan tugas sampai MUSORPROV bulan Desember 2014. 2. Mendesak agar dana hibah yang diberikan kepada KONI Provinsi Jawa Barat periode 2011 – 2014, untuk dipertanggungjawabkan dalam MUSPROV KONI Jawa Barat. 3. Sehubungan dengan poin 1 dan 2, kami meminta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, untuk menangguhkan pencairan Dana Hibah 2015 yang dialokasikan kepada KONI Provinsi Jawa Barat. 4. Kami mendukung terwujudnya catur sukses PON XlX tahun 2016, di Jawa Barat sebagai tuan rumah. 5. Dengan tidak mengurangi rasa homat, apabila hal-hal tersebut di atas tidak segera ditindaklanjuti, maka kami (FPOR Jawa Barat – red) akan melakukan langkah-langkah hukum.

“Sayangnya, Pak Gubernur Jabar hingga saat ini mungkin belum mengetahui detil persoalan ini. Jadinya, kami pun belum tahu reaksinya, harusnya hari ini kita tahu,” jawab Bob Gunawan ketika ditanyakan sudah tahukah Gubernur Jabar perihal dugaan penyimpangan ini. Saat itu juga Bob Gunawan memberikan lembaran Rekapitulasi Dana Hibah KONI Jawa Barat 2011 – 2014.

Lembaran rekapitulasi ini bagi kalangan awam berisikan data dugaan penyelewengan yang mencengangkan:”Cermati saja, pada no uraian 25 yang mencantumkan Persiapan & Penyelenggaraan PORDA 2014. Tahun 2013 dikeluarkan dana Rp. 2.076.062.500 dan tahun 2014 Rp. 7.323.750.00 dengan jumah Rp. 9.399.812.500. Belum yang lainnya seperti pelatihan oleh pelatih Korea (uraian no 9 – red.), sejak 2012 – 2014 digelontorkan dana Rp. 19.193.504.270. Intinya dana hibah ini idealnya harus sedikitnya 80% untuk pembinaan cabang olahraga, yang terjadi justru sebaliknya”, tambah Bob Gunawan sambil memberikan lembaran ini.

Tokoh Lain MMO Jabarkoni 3

Pantauan destinasianews.com lantangnya kelompok MMO Jabar mempertanyakan penggunaan dana hibah KONI Jawa Barat 2011 – 2014 selain didukung Eka Santosa, juga didukung tokoh olahraga Jabar seperti H. Suryatna Subrata, Danny setiawan (mantan Gubernur Jabar), Mayjen TNI Purn. Zainury Hasyim, HM Misbach (PGI), Engkon Komara (mantan Bupati Ciamis), Memet Hamdan, Drs. H. Sudrajat Prawira S, MPd, H Agus Sihombing, SH, MH, dan banyak lainnya.

Menurut Nurhadi, Ketua Harian DPW LSM CADAS (Ciri Aspirasi Dari Abdi Sanagara) yang selama ini getol mencermati dan menindaklanjuti berbagai penyelewengan di Jabar dalam konteks pembelaan hak sipil dan lingkungan hidup:”Dugaan penyelewengan yang ditemukan FPOR, amat menyakitkan kita. Pantas saja prestasi olahraga kita jalan di tempat. Aktivitas jual-beli atlit yang selama ini terdengar samar-samar, kini nyata terjadi. Segera saja pidanakan siapa pun yang terlibat,” ujarnya dengan nada geram ketika dimintai pendapatnya di Sekertariat Jl. Diponegoro No 23. (HS/dtn).


emgz2

Artikel lain...

Asprumnas Transpormasi Menjadi Perwiranusa, Tetap Konsisten Dukung Sejuta Rumah Untuk Indonesia

Asprumnas Transpormasi Menjadi Perwiranusa, Tetap Konsisten Dukung Sejuta Rumah Untuk Indonesia

destinasiaNews - Asosiasi Pengembang dan Pemasar Rumah Nasional (ASPRUMNAS) sebagai wadah profesi para pengembang Rumah Rakyat di Indonesia tetap konsisten...

Jurnalis Citarum Harum – Dorong Percepatan Sungai Citarum Bersih Abadi

Jurnalis Citarum Harum – Dorong Percepatan Sungai Citarum Bersih Abadi

destinasiaNews -  “Saya hanya mau sungai Citarum hari ini dan seterusnya bersih abadi. Tak sudi program Citarum Harum gagal seperti...

Maman Cawabup KBB nomor 1 Bersama Indonesia Timur Bersatu

Maman Cawabup KBB nomor 1 Bersama Indonesia Timur Bersatu

destinasiaNews - Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada 2018 ini, dihuni sekitar 1,6 juta jiwa. Faktanya, kini di KBB  dihuni oleh...

PJB & Gerakan Hejo – Sinergi, Tebar Cinta Lingkungan

PJB & Gerakan Hejo – Sinergi, Tebar Cinta Lingkungan

destinasiaNews – Sehari itu (16/2/2018) kegiatan Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo sejak pagi hingga malam seakan tiada jeda....

Maman Menjadi Bapak Asuh Penyanyi Jalanan

Maman Menjadi Bapak Asuh Penyanyi Jalanan

  destinasiaNews - Musisi dan penyanyi Jalanan yang tergabung dalam Kelompok Penyanyi Jalanan (KPJ), yang biasa mangkal di simpang atau...

Pengunjung

01839180
Hari ini
Kemarin
971
1361