Puspen Mabes TNI Gelar Pelatihan Kedaruratan Wartawan (2)

Jurnalis tempur 2

Memasuki Kawah Candradimuka di Sanggabuana

Destinasianews - Pukul 16.00 wib seluruh peserta berangkat menuju daerah latihan Kostrad Sanggabuana, Desa Mekar Buana, Kecamatan Tegal Wara, Kabupaten Sanggabuana Karawang, Jawa Barat. Ada 4 bis Mabes TNI ditambah 2 mobil dari Puspen TNI, 1 mobil ambulance dan 2 motor provider mengantar peserta menuju “Kawah Candradimuka” yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh para wartawan.

Menjelang pukul 19.00 wib, bis memasuki kawasan pelatihan Kostrad, beberapa peserta baru terbangun dari tidurnya, karena perjalanan yang ditempuh hampir 3 jam. Suasana tempat pelatihan gelap, hanya cahaya dari beberapa bangunan di lokasi pelatihan.

Jurnalis tempur Pelatih aTiba– tiba “Priiii..iiit!” Terdengar perintah keras dan tegas dari pelatih “Cepat siaga di lapangan, jangan ada yang bercanda ! Cepaaatttt !”, tegas pelatih. Dan, mulailah didikan disiplin militer diterapkan.

Sejak kedatangan mereka di zona “tanpa ampun” itu, tidak ada waktu untuk istirahat. Para pewarta dibariskan di tengah lapang kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok lagi.

Suasana pelatihan militer pun dimulai. Suara – suara tegas khas militer terdengar bersahut – sahutan. Sudah ditekankan, “Ini latihan untuk mengasah mental dan fisik!” Apa boleh buat…..

Saat itu juga para wartawan diajarkan bagaimana sikap tiarap dan berguling mencari tempat aman saat mendengar alarm bahaya. Dan tanda bahaya itu berupa suara tembakan dan ledakan ! Entah granat, entah dinamit atau tnt… Untunglah, semangat bisa terjaga karena mereka dilatih juga yel-yel penyemangat khas jurnalis.

Masih di lapangan, para peserta kemudian disuruh berbaris untuk mengambil makan malam. Peserta mengambil jatah makanan denga piring khas militer seperti terbuat dari seng, berbentuk sedemikian rupa sehingga terdapat empat tempat nasi dan lauk pauk. Menurut istilah tentara, itulah yang disebut “Ompreng.”

Disini terjadi lagi suasana “gaduh.” Awalnya para peserta yang lebih dulu, karena lelah dan lapar, dan terburu-buru mengambil makanan dengan seenaknya. Akibatnya sejawat mereka di antrean belakang tidak mendapatkan lauk dan sayur selengkap mereka. Yang di belakang hanya kebagian nasi, kerupuk dan air minum kemasan. Mereka sempat protes kepada pelatih. Tapi, ini dunia militer, Bung ! Tidak ada protes. Pelatih tetap saja memerintahkan ke tenda, tempat makan bersama dilakukan. Jurnalis tempur edit1a

Di tenda, para peserta tidak diperbolehkan makan dahulu “Tunggu teman –teman yang lain, kalian harus bisa merasakan setia kawan!” teriak tegas pelatih.

Setelah semua peserta berkumpul , makanpun belum boleh dimulai. Peserta benar-benar dididik disiplin bahkan untuk urusan makan. “Tarik kursi masing-masing tidak pakai suara!” perintah pelatih. Namun karena suara tarikan kursi masih ramai, pelatih lalu mengulang kembali. Sudah duduk, masih juga belum boleh mulai makan. “Sekarang angkat tangan yang merasa lauknya lebih dari satu ! Hayo, sebelum saya tunjuk akan ada hukumannya.” Beberapa wartawan langsung mengangkat tangan.. ”Segera kasih temannya yang belum dapat. Hitungan kelima harus sudah rata terbagi ! ” Uuugh !

“Ini melatih kalian agar lebih bersikap toleransi terhadap teman, walau situasi darurat jangan pernah melupakan teman kita,” ujar pelatih. Setelah berdoa, makanpun dimulai... Masing-masing diharuskan menyuapi teman di sebelah kirimya untuk menunjukkan sikap peduli teman.

Baru sekitar dua sendok tersuap, tiba-tiba..”Buuum!” terdengar suara ledakan dan tembakan yang merupakan alarm darurat.

“Darurat ! Darurat ! Darurat! ” teriak pelatih lalu peserta berlarian menuju lapangan dan tiarap... Tak lama terdengar suara peluit 3 kali. “Aman, aman, amaaan !” teriak peserta , lalu kembali ke tenda makan.

Ada perintah lagi. “Dalam hitungan kelima, semua makanan di piring harus habis !” Kalang kabutlah para wartawan itu, berusaha menghabiskan santapannya.

“Gila ! Gue keselek nih...!” kata Fidel dari media online, sambil terus minum.

Jurnalis tempur 3

Hal ini mengajarkan kita agar dapat disiplin dalam makan baik pengambilan makan seperlunya saja bahkan sampai selesai makan, masing-masing diharuskan mencuci tempat makan sendiri. Selesai makan, peserta kembali berbaris di lapangan untuk mendapatkan pendidikan mengenai wawasan kebangsaan oleh komandan pelatihan medan, Lettu. Inf. Agus Priyanto. “Pelajaran yg gue ambil malam ini, gue nggak akan geragas lagi kalo ambil makanan he he..,” ujar Ijul wartawan media online…. (HRS/AR) ..... to be continue 


emgz2

Artikel lain...

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

Pemimpin Dari Birokrat Untuk Bandung Barat Masih Ideal

DestinasiaNews.com, Bandung Barat – Pertarungan politik merebut kursi Bandung Barat satu semakin menggeliat, Kali ini organisasi  DPC Taruna Merah Putih...

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

Manusia Pohon Aiptu Nunuh & Kapolsek Ibun Asep Dedi – Kembali, Tanam 2.500 Pohon

destinasiaNews – Menyongsong pengingatan hari pohon se dunia, kembali “Manusia Pohon” Aiptu Nunuh  dan kapolsek Ibun Iptu Asep Dedi menghijaukan...

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

Gerakan Hejo Garut & ‘Barudak’ XTC,  Plus Angin Metal Head, Tanam 1000 Pohon -  Biar, Air Terkendali …

destinasiaNews – Katakanlah ini ‘goup’ atau resminya DPD Gerakan Hejo Kabupaten Garut, seakan-akan ‘gak ada abiznya’ – Terus menghijaukan tatar...

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

Demiz Ditanya Wakilnya, Kala Berkunjung ke Partai Berkarya Jabar: Akan Diselesaikan Secara Adat

destinasiaNews – Ujung dari acara kunjungan Dedy Mizwar Wakil Gubernur Jabar ke Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun...

Obsatar Sinaga: Dedy Mizwar Kunjungi Partai Berkarya Jabar, Ada Apa?

Obsatar Sinaga: Dedy Mizwar Kunjungi Partai Berkarya Jabar, Ada Apa?

destinasiaNews – Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Barat, terkait rencana kehadiran Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar ke...

Pengunjung

01694538
Hari ini
Kemarin
591
2180