Jodi Janitra, Calon Ketua Umum HIPMI Jabar: ‘Siap Mundur Bila 6 Bulan Tak Ada Progres’

IMG 9755 edit

Destinasianews - Bertempat di De Tuik Resto dan Resort di Jl. Bojong Koneng Atas No.8 Cikutra Bandung, pengusaha muda Jodi Janitra (27) berbincang akrab bersama FWO (Forum Wartawan Online) Bandung. Inti perbincangannya mengarah pada kesiapan dirinya sebagai bakal calon Ketua Umum BPD (Badan Pengurus Daerah) HIPMI (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia). “Siap mundur, bila 6 bulan tak ada progres”, demikian ucapnya dengan penuh keyakinan.

Jodi yang kini menjabat pada posisi Kompartemen Bidang Pengembangan Usaha Pemula BPD HIPMI Jabar, mengulas secara mendalam niat dirinya melalui sejumlah program yang bernas. Secara umum Ia kemukakan kesiapan dalam hal: Indonesia menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada Desember 2015, perubahan revolusioner dan kultur organisasi HIPMI Jabar, perluasan peluang dan kemitraan bisnis di segala lini, dan optimalisasi SDM serta SDA yang terbilang kaya dibanding negara-negara pesaing bisnis kita.”Sebaiknya kita tak usah mengeluh, sebaliknya fokuslah pada solusinya”, demikian ujarnya tatkala dengan runtun Ia ramalkan dalam waktu dekat, kemungkinan nilai satu dollar Amerika menjadi Rp. 15.000, sekali pun.

“Saat dollar naik , justru kita harus mensubstitusi barang impor. Fenomena impor ini bisa menjadi peluang”, tegas Jodi yang secara argumentatif mendeskripsikan melimpahnya bahan baku di negara kita. “Alam kita subur-makmur, manfaatkanlah karunia Tuhan ini dengan maksimal”.

Who is Jodi?

Menarik disimak siapa Jodi yang selama 11 tahun terakhir ini kerap disandingkan sikapnya yang terkadang “nyleneh – kreatif ” dimata rekan bisnisnya. Paling anyar, ide mendirikan cafe di sekitar Bandung Indah Plaza (BIP) di Jalan Merdeka yang berazaskan Public Funding , diapresiasi lembaga OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Menurut kabar, modal yang telah terkumpul dari “fund rising” ini sekitar Rp. 2,3 miliar. Hebatnya, cafe ini hanya butuh Rp. 2 miliar. “Model pengembangan modal semacam ini akan lebih saya galakkan di daerah, manakala terpilih”, ujarnya yang juga mengagankan HIPMI Jabar kelak berkonsentrasi 70% pada bisnis dan sisanya urusan politik. “Bukan sebaliknya”.

IMG 9763editSaat ini Jodi dikenal sebagai pengusaha kuliner dan cafe di Bandung dan Jabar, sebelumnya sejak 2008 Ia bergabung dengan HIPMI Jabar sejak 2008. Terakhir sejak 2012 menjadi pengurus HIPMI Jabar. Disamping itu Ia punya jam terbang cukup lama pula di organisasi Karang Taruna Kota Bandung dengan jabatan Bendahara.

“Sejak lama saya senang berorganisasi. Menata kehidupan memang jalannya tak selamanya lurus. Semua itu saya senangi, termasuk hambatan dan tantangannya”, begitu ujarnya yang secara terbuka mengaku, hanya dua bulan saja menjadi mahasiswa - pantaslah Ia menyandang “jebolan” STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung) hingga kini. “Yang lain jangan ikut-ikutan seperti saya yah?”, begitu tuturnya soal “jebolan STPB” ini yang diiringi derai tawa puluhan hadirin.

Lainnya, Jodi kini kondang sebagai pemilik cafe Bober yang menjadi trend setter diantara cafe yang kerap disatroni kalangan muda Bandung. Tak sungkan Ia riwayatkan pula, bisnisnya yang kini berkembang, kala itu hanya bermodalkan Rp. 4 juta pinjaman dari ayahnya. ”Sempat timbul-tenggelam kala itu. Bersyukur kini saya terus move on”.

Kisah hidupnya sebagai DJ (disck jockey) pada era 2004 – 2009 sempat pula Ia jalani. Jatuh bangun Cafe Bober , salah satunya karena kegiatan ini, hal ini demimenutupi tekornya usaha kala itu, kata Jodi. ”Ini pembelajaran berharga memantapkan usaha cafe dan kuliner.Terpenting, bisa mengetahui selera anak muda dengan lebih akurat”.

Siap Bertarung

Kesiapan Jodi menjadi “Ketua HIPMI Jabar” bukan main-main, menjelang Musda XV BPD HIPMI Jabar yang dijadwalkan berlangsung di Garut (25 – 27/8/2015), Ia nyatakan kesiapannya menjadi ketua baru periode 2015 – 2018. Santernya beredar isyu, Ia mengantongi dukungan sekitar 80% dari suara yang ada.

“Saya siap bertarung dengan sportif, tentunya”, tutup Jodi yang kini kondang juga sebagai pemegang proyek Angkot Bersubsidi (Mang Abud). Asal tahu saja 10 Mang Abud ini, sering bersliweran di kota Bandung dengan tampilan menonjol dilengkapi WiFi, TV LED untuk iklan, serta CCTV di bagian belakang angkot. “Ini modalnya dari dividen Cafe Bober”. Nah, ini dia sekilas tentang apa dan mengapa Jodi Janitra. Akhirul kata, siapa mau pilih Dia untuk “perahu” HIPMI Jabar bernuansa baru? (HRS/SA/HS/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Apa Kata Walhi Jabar: 58 Tahun Hari Tani, Nasib Petani & Reforma Agraria Jalan di Tempat !

Apa Kata Walhi Jabar: 58 Tahun Hari Tani, Nasib Petani & Reforma Agraria Jalan di Tempat !

destinasiaNews - Hari ini 24 September 2018, adalah 58 tahun perayaan hari tani di negeri kita. Landasanya,  ini terhitung lahir...

Bandung Music Council KasihTabik ke Orkestra Bandung Philharmonic – Gelar Repertoir ‘Legenda

Bandung Music Council KasihTabik ke Orkestra Bandung Philharmonic – Gelar Repertoir ‘Legenda

destinasiaNews  – Terkait rencana gebyar gelaran musik klasik musim ke-4 dari Bandung Philharmonic pada Minggu, 23 September 2018, Erlan Effendy Ketua...

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Siap Tingkatkan Minat Baca (2)

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Siap Tingkatkan Minat Baca  (2)

destinasiaNews – Secara administratif letak lapak buku bekas ‘ Destik, menurut Andri selaku Koordinator pelapak buku bekas di sini, masuk...

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Era Digital Datang, Surutlah Minat Baca ! (1)

Lapak Buku Bekas ‘Destik’ – Era Digital Datang, Surutlah Minat Baca ! (1)

destinasiaNews – Pertengahan September 2018 kala itu masih di musim kemarau. Kebetulan penulis sedang mengurus sebuah keperluan di pusat Kota...

Rayakan Ultah Kota Bandung ke 208 Tran Studio Gelar Konser Ari Lasso

Rayakan  Ultah Kota Bandung ke 208 Tran Studio Gelar Konser Ari Lasso

destinasiaNews - Kawasan Terpadu  TSB (Trans Studio Bandung) dalam menyambut ulang tahun Kota Bandung ke -208,  menawarkan aneka promo dan...

Pengunjung

02550266
Hari ini
Kemarin
4745
5907