Audiensi Komisi lV DPRD Jabar, FPKP2

audiensikom4 3DestinasiaNews - Melalui pengaturan cukup piawai akan lalu-lintas diskusi yang dipimpin Ali Hasan, Ia pun membuka kesempatan bagi dua anggotanya untuk memaparkan pandangannya. Yod Mintaraga dan Waras Warsito, sempat s mukakan pandangan kritis yang mampu mengayomi keluhan utusan FPKP2, karena audiensi ini disepakati tak bersifat “poko’e”. “Saya apresiasi dengar curah pendapat ini, karena disini tak ada menang-menangan. Sepakat kita memerlukan pembangunan infrastruktur. Mengingat potensi Kabupaten Sukabumi, sangatlah luar biasa”, ujar Yod yang katanya paham betul bekat pengalamannya selama 23 tahun terakhir bergelut di bidang kepariwisataan.

Jawaban OPD 

Sesi selanjutnya, giliran OPD dari Dishub Provinsi Jawa Barat, yakni Dedi Supriadi dan Abduh Hamzah, menjelaskan sekaligus berusaha menjawab dari paparan FPKP2. “Kami sudah berkoordinasi dengan Dirjen Perhubungan Laut, hingga lahirlah MoU. Studi kelayakan pada 2011 terpilih 3 lokasi di Jabar Selatan, Bojong Salawe, Pakenjeng, dan Palabuhanratu”, urai Dedi.

Berlanjut Abduh menjelaskan anggarannya untuk pembangunan sisi darat telah menelan Rp 15 M pada 2015 – “Tak mungkin dihentikan ini”.

Kemudian, dijelaskan adanya addendum sehubungan masukan dan koreksi ANDAL. “Sampai hari ini masih dalam proses sesuai hasil rakor di Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya di Jakarta (30/12/2015 – red). Kami justru menunggu undangan rakor kembali dari Kemenko …”.

Lainnya dari Disbudpar Provinsi Jawa Barat, Agus Hanafiah gamblang menekankan PLPR sangat dibutuhkan sebagai penyangga kawasan Geopark Ciletuh.

Kunjungan Lapangan

karangpamulang1Sesi selanjutnya, berlangsung dialog antar pihak yang cenderung memperkuat posisi masing-masing, yang dimata Ali Hasan dikatakan,  ”Sebaiknya, kita jadwalkan kunjungan ke lapangan pada 22 – 23 Maret mendatang, jangan menjadi debat kusir …”. Yod dalam hal ini menimpal, ”Sebaiknya kita buktikan saja di lapangan. Bila perlu kta dukung PLPR di Loji Simpanan. Dan anggarannya, kita kawal dari sini …”.

Ali Hasan menekankan pentingnya kunjungnan di atas sehubungan ada semacam keraguan dari pihak OPD ketika ditanyakan terkait tiga hal yang dikhawatirkan oleh FPKP2, ”Andai  dermaga yang debatable ini terwujud, masing-masing peran historis, sosial, dan hilangnya wisata unggulan di Karang Pamulang, dijaminkah hal ini masih ada?

Jawaban dari OPD kali ini, setelah ditunggu beberapa saat, tak kunjung muncul, secara meyakinkan. Terkesan malah, para OPD tampak pasif, ”Ya, sudahlah, jawabannya mari kita lihat saja di dua lokasi nanti di Karang Pamulang dan pantai Loji Kecamatan Simpenan”. Seketika, pertemuan ini ditutup dengan tepuk tangan yang diinisiasi oleh representasi FPKP2. (SA/dtn)  


emgz2

Artikel lain...

FK-TANI Siap Dukung dan Kawal Produksi Nasional Jagung via Sumedang, Target Mandiri Tahun 2025

FK-TANI Siap Dukung dan Kawal Produksi Nasional Jagung via Sumedang,  Target Mandiri Tahun 2025

destinasiaNews – Kunjungan rombongan pengurus DPP (Dewan Pimpnan Pusat) FK-TANI (Forum Komunikasi Tani & Nelayan Indonesia) untuk kesekian-kalinya, pada Rabu,...

Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Temui Ceu Popong: Kami Harus Berguru …

Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat Temui Ceu Popong: Kami Harus Berguru …

destinasiaNews – Ketua DPRD Jawa Barat Brigjen TNI (Purn) Taufik Hidayat, S.H.,M.H., pada 4 Januari 2022 berkunjung ke kediaman mantan...

Dankodiklatad beserta Ketua Persit KCK PG Kodiklatad hadiri Ganesha The Wedding, Intimate Wedding Showcase

Dankodiklatad beserta Ketua Persit KCK PG Kodiklatad hadiri Ganesha The Wedding, Intimate Wedding Showcase

destinasiaNews - Toha Kodiklatad atau yang dikenal dengan Gedung Kologdam merupakan bangunan bersejarah berlokasi strategis dan memiliki daya tarik tersendiri,...

Akhirnya, BRI Pusat Tanggapi Tuntutan Nasabah BRI Bandung Kopo

Akhirnya, BRI Pusat Tanggapi Tuntutan Nasabah BRI Bandung Kopo

destinasiaNews - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., akhirnya menanggapi tuntutan Nasabah BRI Bandung Kopo bernama Revki  A. Maraktiva yang...

PAW Kepengurusan di DHC BPK 45 Kota Bandung

PAW Kepengurusan di DHC BPK 45 Kota Bandung

DestinasiaNews - Dalam upaya meningkatkan peran dan tupoksi Badan Pembudayaan Kejuangan 45 (BPK45) khususnya sosialisasi Jiwa Semangat Nasionalisme 45, Pengurus...

Pengunjung

08125921
Hari ini
Kemarin
760
5999