Ragam Racikan Minuman Kopi

cappucinoDestinasianews - Jika diseduh dengan benar, kopi dapat menjadi teman terbaik di kala santai. Secangkir kopi hangat bahkan akan sangat pas dinikmati bersama kudapan ringan. Ketika menyeruput kopi, setiap orang punya cara tersendirinya. Ada beberapa macam racikan minuman kopi yang biasa Anda pesan di kedai kopi sesuai selera. Berikut beberapa jenis racikan kopi :

  • Espresso dibuat dengan mesin brewing khusus. Biji kopi diletakkan di dalam mesin kemudian air dialirkan dengan tekanan tinggi. Akibatnya ekstrak kopi turut keluar bersama air. Hasilnya keluar dari lubang kecil pada bagian bawah mesin tersebut. Seluruh biji kopi yang tersisa di dalam mesin harus dibuang dan diganti dengan yang baru jika ingin membuat kopi yang berikutnya. Mesin pembuat espresso tersebut pertama ditemukan oleh Luigi Bezzera dari Italia pada tahun 1901. Di Italia, espresso diminum dalam takaran kecil setelah makan siang atau malam.
  • Cappuccino merupakan resep yang sangat populer. Kopi ini mempunyai tiga komposisi utama : espresso, susu (steamed milk), dan busa (foam). Cappuccino merupakan salah satu jenis hidangan kopi paling populer di dunia yang mempunyai ciri khas adanya foam setebal kurang lebih 2cm pada bagian permukaan dengan ditaburi butiran coklat. Bersumber dari Wikipedia, kopi ini adalah jenis yang paling sulit dihidangkan dengan benar. Orang Italia hanya minum cappuccino pada pagi hari, sebelum jam sebelas. Sementara di belahan dunia lain, cappuccino biasa diminum kapan saja.
  • Macchiato adalah espresso ditambah sedikit susu (steamed milk) yang tidak diaduk namun terkesan seperti ‘diendapkan’ di bagian atas espresso agar melapisinya (karena jumlahnya yang sedikit). Berbeda dengan cappuccino yang memang merupakan campuran espresso dan susu, pada macchiato susu berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran tipis. Selain sejumlah kecil susu (steamed milk), kadang digunakan milk foam. Hal ini untuk menandai bahwa kopi tersebut mengandung susu. Macchiato ini punya nama lengkap espresso macchiato.
  • Caffè Latte ditemukan bukan di Italia, adalah resep kopi yang populer di Amerika. Latte berasal dari bahasa Italia yang artinya susu. Jadi jika anda memesan latte di kafe-kafe Italia, anda akan mendapatkan segelas susu. Caffè latte (untuk membedakan dengan susu murni), terdiri atas sepertiga espresso dan dua per tiga susu, ditambah sedikit foam setebal 5-10 mm di atasnya. Minuman ini mungkin cukup disebut ‘kopi susu’ di Indonesia. Di Prancis namanya café au lait. Di Spanyol namanya café con leche. Dan di Portugal namanya café com leite.
  • Long Black populer di Australia. Kopi ini adalah ‘espresso encer’, yang dibuat dengan cara menuangkan espresso di atas air panas. Air panasnya dulu, baru espresso. Urutan tersebut dimaksudkan supaya tidak merusak crema yang terdapat pada espresso. Hidangan kopi model ini banyak menggunakan bahan bijih kopi yang berasal dari Ethiopia (Arabica) dan Sumatera. Jika anda menaruh espresso dulu baru air panasnya, maka disebut cafe americano. Yang membedakan antara Long Black dan Americano adalah urutan penyajiannya.
  • Frappucino diciptakan oleh Coffee Connection di Boston, hak cipta frappuccino ini kemudian dibeli oleh Starbucks. Istilah frappuccino berasal dari kombinasi frappe dan cappuccino. Frappe merupakan istilah untuk milk shake yang kental.
  • Kopi tubruk adalah biji kopi yang ditumbuk secara tradisional (masih banyak butiran kasarnya), diseduh lalu diminum saat masih panas. Butiran kasarnya agak digigit dan dihisap, itulah nikmatnya kopi tubruk butiran kasar.
  • Kopi khotok juga merupakan kopi tumbuk tradisional, direbus bersama air dan gula dalam rantang atau gerabah. Sensasinya tidak kalah nikmat dengan kopi racikan angkringan manapun.
  • Flat White ini berasal dari Australia dan New Zealand. Disajikan dengan tambahan steamed milk di bagian bawah pitcher ke single atau double espresso. Mirip dengan Latte.
  • Americano adalah jenis kopi espresso dengan lebih banyak air, sehingga rasa kopinya tidak begitu kuat. American style coffee atau Americano, disajikan dalam gelas besar.
  • Café Mocha yaitu nama lain dari mochacinno Dibuat dari espresso dan coklat panas (harus sangat kuat dan pekat), kemudian diberi susu panas berbuih. Di atasnya ditambah bubuk coklat, kayu manis dan whipped cream.
  • Lalu Marocchino yaitu espresso dengan sedikit susu panas dan coklat bubuk.
  • Granitta di caffe con panna mirip dengan macchiato, merupakan jenis minuman kopi dingin dengan whipped cream diatasnya.
  • Hammerhead berisi espresso dalam takaran cangkir regular, yang kemudian diisi beberapa tetes kopi. Peracik kopi biasa menyebutnya "tembakan dalam gelap".
  • Frappe biasanya disajikan dingin. Untuk membuatnya, kopi, gula, air, dan es disajikan dengan takaran satu hingga dua sendok teh. Minuman ini sering kali ditempatkan ke dalam gelas panjang dengan diberi es batu dan susu.
  • Irish Coffee adalah kopi hitam yang dicampur dengan minuman jenis liqeuer.
  • Kopi luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.dan kopi ini paling mahal didunia.
  • Kopi Joss sudah tidak asing bagi masyarakat Yogyakarta dan yang pernah tinggal di Yogyakarta dan tentu saja bagi orang-orang yang pernah menikmati. Kopi Joss ini memang termasuk jenis minuman yang mudah ditemui. Hampir setiap tempat makan menyediakan kopi. Namun hanya di Yogyakarta kita dapat menemui Kopi Jos dan tentu saja menikmatinya. Segelas kopi panas yang dimasuki arang dengan bara api. Dapat ditemui di angkringan daerah Stasiun Tugu. Di tempat tersebut banyak pilihan angkringan yang menyediakan Kopi Joss dengan keunggulan masing-masing angkringan. (SF/dtn/berbagai sumber

 


emgz2

Artikel lain...

Pemandian Cipanas Nagrak, Lembang Nan Virgin!

Pemandian Cipanas Nagrak, Lembang Nan Virgin!

Destinasianews – Destiners, apa yang baru di sekitaran daerah Lembang? Ada pemandian air panas alami disana. Tepatnya berada di perbatasan...

Susi Pudjiastuti, Menteri KKP di Unpad – Histeria Massa & Mafia Tenggelamkan …

Susi Pudjiastuti, Menteri KKP di Unpad – Histeria Massa & Mafia Tenggelamkan …

  destinasiNews  -  Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pada Jumat (18/8/2017) hadir di dua acara di Bandung. Paginya, ia...

KFJS ‘Ferry Mursyidan Baldan’ – Negeri Sehat Jiwa Raga yang Merah Putih !

KFJS ‘Ferry Mursyidan Baldan’ – Negeri Sehat Jiwa Raga yang Merah Putih !

destinasiaNews – Ini sepenggal kisah dari keluarga besar alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang punya nama khusus KAHMI Forever Jalan...

Berlanjut, PLPR Pelabuhanratu – “Diluruskan” di PTUN Bandung?

Berlanjut, PLPR Pelabuhanratu – “Diluruskan” di PTUN Bandung?

  destinasiaNews– Gerak maju pembangunan PLPR (Pelabuhan Laut Pengumpan Regional) di Karang Pamulang Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi. Galibnya, pembangunannya pernah digarap...

Hiparu Cup Korda Bandung A – Lahirkan Anjing Juara

Hiparu Cup Korda Bandung A – Lahirkan Anjing Juara

destinasiaNews – Hiparu, singkatan dari Himpunan Pelestari Anjing Pemburu yang lahir di Bandung sejak 2015, beranggotan ribuan penggemar anjing kampung...

Pengunjung

01560294
Hari ini
Kemarin
1006
1149