Kompetisi Seduh Kopi Meriahkan Kota Bandung

KOPI DTN 1 CopyDestinasiaNews - Untuk mengapresiasi para penggiat kopi di Bandung maupun di kota lainnya di indonesia, Manual Brew Community (MBC) menyeienggarakan Bandung Brewers Cup (BBRC) 2016. Bandung adalah salah satu daerah yang tingkat penumbuhan produksi dan konsumsi kopinya dinilai cukup signifikan.

BBRC 2016 adalah kegiatan rutin tahunan dari Manuai Brew Community (MBC) dimana BBRC 2016 adalah kegiatan ke 2. BBRC adalah sebuah kompetisi seduh kopi menggunakan alat manual (manual brew) yang pesertanya diperuntukan untuk umum, baik barista yang merupakan delegasi dari coffee shop maupun home barista dari Bandung ataupun dari luar kota Bandung (nasional). Seluruh kopi yang digunakan dalam tahap penyisihan kompetisi ini adalah kopi yang berasal dari Jawa Barat.

Pada Press Conference Bandung Brewers Cup 2016, Senin, (5/12/2016), di Noah’s Barn jalan Dayang Sumbi Bandung. Hadir, Ketua Dewan Juri BBrC 2016 Adi W. Taroepratjeka, Koordinator Acara BBrC 2016 Andi Widjaja, Pemenang IBrC 2015 Ryan Wibawa, dan Koordinator Humas BBrC 2016 Sylvie.

KOPI DTN 2 Copy“Biasanya kompetisi seduh kopi menggunakan alat manual formatnya Battle,” kata Andi Widjaja di awal paparannya, “Namun Bandung Brewers Cup 2016 dipastikan mengadaptasi format nasional dan menggunakan sistem Scoring,” ujarnya.

Ketua Dewan Juri BBrC 2016 Adi W. Taroepratjeka mengatakan, Bandung Brewers Cup 2016 diadakan untuk ajang silaturahmi dan meningkatkan teknik seduh para Barista, “Peserta BBrC 2016 paling jauh berasal dari Yogyakarta,” ungkapnya.

Mengenai penilaian juri, Adi mengatakan, para peserta harus menyeduh biji kopi asal Lembang yang diberikan para juri, “Namun para peserta diperbolehkan membawa biji kopi sendiri,” ungkapnya.

Mengenai bisnis kopi di Bandung Adi mengungkapkan, terdapat 200 kedai kopi yang menyajikan kopi seduh manual, “Namun masih banyak yang dagang kopi tetapi tidak tahu dagangannya sendiri, mereka tidak tahu biji kopi tersebut fresh atau tidak, dan tidak tahu kopinya berasal dari mana,” ujarnya..

Sylvie Koordinator Humas BBrC 2016 mengatakan, BBrC 2016 diadakan di Kota Bandung karena Bandung merupakan salah satu daerah yang tingkat pertumbuhan produksi dan konsumsi kopinya cukup signifikan.

KOPI DTN 3 CopyKompetisi ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 8 dan 9 Desember 2016 yang bertempat di Noah’s Barn, Jl. Dayang Sumbi No.2 Bandung. Pada tanggal 8 Desember, acara akan dimulai dari pk. 10 pagi sampai dengan pk. 7 malam, sementara pada tanggal 9 Desember acara akan dimulai dari pk. 10 pagi sampai dengan pengumuman pemenang kurang lebih pada pukul 8 malam. Tim juri yang diketuai oleh Bapak Adi. W Taroepratjeka beserta 12 juri lainnya merupakan para penggiat dan pelaku kopi di Indonesia, terdiri dari para Q-Grader, Roaster dari Indonesia, sementara salah satunya adalah Ahmad Hidayat dari Singapore.

Pendaftaran telah dibuka pada tanggal 10 November 2016 melalui registrasi online pada situs www.manualbrewcommunity .com dan telah ditutup pada hari yang sama dikarenakan kuota 64 peserta telah terisi dengan sangat cepat. Dari data peserta yang akan bertanding, kurang lebih 60% berasal dari kota Bandung dan sekitar, sementara 40% berasal dari luar kota Bandung

KOPI DTN 4 CopySelain acara kompetisi tersebut di atas, akan ada bincang bincang kopi bersama farmer dan roaster pada hari pertama dan sessi sharing bersama Ahmad Hidayat dan Ryan Wibawa di hari kedua. Acara hiburan juga akan turut meramaikan jalannya kegiatan tersebut, dengan menampilkan musisi Sarah & Soul, Cozy Street Corner, Star Syndrome, Fire Dance dan Eddi Brokoli sebagai host.(SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Masyarakat Akuakultur Indonesia Helat International Confrence Aquaculture Indonesia 2018 di Yogyakarta

Masyarakat Akuakultur Indonesia Helat International Confrence  Aquaculture Indonesia 2018 di Yogyakarta

destinasiaNews – Untuk kesekian kalinya Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI), kembali menggelar Konferensi Internasional ‘ICAI 2018 - International Conference of Aquaculture...

Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

Pemilih Pada Pilkada Jabar 2018 Cenderung Rasional

destinasiaNews - Usai pesta demokrasi pemilihan Kepala Daerah Jawa Barat (Pilkada Jabar) 27/6/2018 lalu, Tim Peneliti dari Pusat Studi Politik...

Crown Group Pasarkan Hunian Vertikal ke Indonesia

Crown Group Pasarkan Hunian Vertikal ke Indonesia

destinasiaNews – Sebuah perusahaan terkemuka dari Australia, yang memiliki se-gudang pengalaman dan penghargaan yaitu Crown Group Holdings (Crown Group), merupakan...

TUNA LOVERS at EMPAT DARA 2

TUNA LOVERS at EMPAT DARA 2

destinasiaNews – Destiners, khususnya bagi yang tinggal di daerah Sukabumi – Jawa Barat, apalagi yang mengaku Tuna Lovers, sudahkah mencoba...

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

Bacaleg DPRD Provinsi & DPR RI Partai Berkarya,, Bebenah Diri Jelang Pileg 2019 – ‘Kuantitas Bacaleg Berlebih’

destinasiaNews – Berlokasi di Kawasn Ekowisata dan Budaya Alam Santosa tepatnya di Pasir Impun, Cimenyan Kabupaten Bandung, ngaring (berkumpul) sejumlah...

Pengunjung

02251199
Hari ini
Kemarin
751
3240