Kompetisi Seduh Kopi Meriahkan Kota Bandung

KOPI DTN 1 CopyDestinasiaNews - Untuk mengapresiasi para penggiat kopi di Bandung maupun di kota lainnya di indonesia, Manual Brew Community (MBC) menyeienggarakan Bandung Brewers Cup (BBRC) 2016. Bandung adalah salah satu daerah yang tingkat penumbuhan produksi dan konsumsi kopinya dinilai cukup signifikan.

BBRC 2016 adalah kegiatan rutin tahunan dari Manuai Brew Community (MBC) dimana BBRC 2016 adalah kegiatan ke 2. BBRC adalah sebuah kompetisi seduh kopi menggunakan alat manual (manual brew) yang pesertanya diperuntukan untuk umum, baik barista yang merupakan delegasi dari coffee shop maupun home barista dari Bandung ataupun dari luar kota Bandung (nasional). Seluruh kopi yang digunakan dalam tahap penyisihan kompetisi ini adalah kopi yang berasal dari Jawa Barat.

Pada Press Conference Bandung Brewers Cup 2016, Senin, (5/12/2016), di Noah’s Barn jalan Dayang Sumbi Bandung. Hadir, Ketua Dewan Juri BBrC 2016 Adi W. Taroepratjeka, Koordinator Acara BBrC 2016 Andi Widjaja, Pemenang IBrC 2015 Ryan Wibawa, dan Koordinator Humas BBrC 2016 Sylvie.

KOPI DTN 2 Copy“Biasanya kompetisi seduh kopi menggunakan alat manual formatnya Battle,” kata Andi Widjaja di awal paparannya, “Namun Bandung Brewers Cup 2016 dipastikan mengadaptasi format nasional dan menggunakan sistem Scoring,” ujarnya.

Ketua Dewan Juri BBrC 2016 Adi W. Taroepratjeka mengatakan, Bandung Brewers Cup 2016 diadakan untuk ajang silaturahmi dan meningkatkan teknik seduh para Barista, “Peserta BBrC 2016 paling jauh berasal dari Yogyakarta,” ungkapnya.

Mengenai penilaian juri, Adi mengatakan, para peserta harus menyeduh biji kopi asal Lembang yang diberikan para juri, “Namun para peserta diperbolehkan membawa biji kopi sendiri,” ungkapnya.

Mengenai bisnis kopi di Bandung Adi mengungkapkan, terdapat 200 kedai kopi yang menyajikan kopi seduh manual, “Namun masih banyak yang dagang kopi tetapi tidak tahu dagangannya sendiri, mereka tidak tahu biji kopi tersebut fresh atau tidak, dan tidak tahu kopinya berasal dari mana,” ujarnya..

Sylvie Koordinator Humas BBrC 2016 mengatakan, BBrC 2016 diadakan di Kota Bandung karena Bandung merupakan salah satu daerah yang tingkat pertumbuhan produksi dan konsumsi kopinya cukup signifikan.

KOPI DTN 3 CopyKompetisi ini akan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 8 dan 9 Desember 2016 yang bertempat di Noah’s Barn, Jl. Dayang Sumbi No.2 Bandung. Pada tanggal 8 Desember, acara akan dimulai dari pk. 10 pagi sampai dengan pk. 7 malam, sementara pada tanggal 9 Desember acara akan dimulai dari pk. 10 pagi sampai dengan pengumuman pemenang kurang lebih pada pukul 8 malam. Tim juri yang diketuai oleh Bapak Adi. W Taroepratjeka beserta 12 juri lainnya merupakan para penggiat dan pelaku kopi di Indonesia, terdiri dari para Q-Grader, Roaster dari Indonesia, sementara salah satunya adalah Ahmad Hidayat dari Singapore.

Pendaftaran telah dibuka pada tanggal 10 November 2016 melalui registrasi online pada situs www.manualbrewcommunity .com dan telah ditutup pada hari yang sama dikarenakan kuota 64 peserta telah terisi dengan sangat cepat. Dari data peserta yang akan bertanding, kurang lebih 60% berasal dari kota Bandung dan sekitar, sementara 40% berasal dari luar kota Bandung

KOPI DTN 4 CopySelain acara kompetisi tersebut di atas, akan ada bincang bincang kopi bersama farmer dan roaster pada hari pertama dan sessi sharing bersama Ahmad Hidayat dan Ryan Wibawa di hari kedua. Acara hiburan juga akan turut meramaikan jalannya kegiatan tersebut, dengan menampilkan musisi Sarah & Soul, Cozy Street Corner, Star Syndrome, Fire Dance dan Eddi Brokoli sebagai host.(SA/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

Eka Santosa Beri Materi Kebangsaan ke Generasi Muda – Berguru, ke Rambo & Super Hero?!

destinasiaNews – Suasana Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa, hutan buatan seluas 4,5 ha, yang kini melebat kembali sejak ditanami...

Kasus Pembebasan Lahan PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Hadirkan Saksi dari Tergugat

Kasus Pembebasan Lahan PLPR Palabuhanratu di PTUN Bandung, Hadirkan Saksi dari Tergugat

  destinasiaNews -  Lanjutan sidang “pembebasan lahan” PLPR Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi di PTUN Bandung Jl. Diponegoro Bandung, nama resmi perkara...

Rahasia Kulit Cerah Bercahaya Dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence

Rahasia Kulit Cerah Bercahaya Dengan Wardah White Secret Pure Treatment Essence

DestinasiaNews – Hi Destiners, ada rahasia baru dari Wardah untuk kulitmu! Kali ini, Wardah meluncurkan inovasi terbarunya yaitu Wardah White...

Bandung Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

Bandung  Photo Studio Digital & Lab - Ifan Chandra "Sekali Berarti"

destinasiaNews - Wow, urusan foto diri yang keren berharga terjangkau, di Bandung rasanya hanya satu. Ini dia  bidang usahanya, namanya...

Tuntas Jernihkan Pemberitaan Sepihak HU Pikiran Rakyat, Eka Mencuci Lesung …

Tuntas Jernihkan Pemberitaan Sepihak HU Pikiran Rakyat, Eka Mencuci Lesung …

destinasiaNews – Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jawa Barat yang juga dikenal sebagai Ketua Umum Gerakan Hejo, dan Sekjen...

Pengunjung

01604228
Hari ini
Kemarin
269
1289