Kelompok ‘Tujuh Ruang’ Aries Budi H - Wujudkan Wisata Kreatif, Komunitas Bandung, Bersatulah

IMG 20190417 092854
destinasiaNews – Adalah Aries Budi Hartanto, Ketua Kelompok ‘Tujuh Ruang’, ditemani Donny Armando Rozalie, Penasihat Kelompok ‘Tujuh Ruang’, serta Indra Setiyadi dan Mentari Juliastasya masing-masing sebagai Penyelia EO, secara bersamaan angkat bicara di Pusat Kegiatan ’Tujuh Ruang’ di Lucky Square Mall P 9 Jl. Terusan Jakarta No.2 Kota Bandung, Jabar (15/4/2019).
 
Topiknya, tidak jauh dari memaknai esensi kreatifitas bagi warga Bandung dan sekitarnya. “ Sejak dua tahun lalu kami bergiat, tujuannya - bagaimana melibatkan sebanyak mungkin warga, sehingga Bandung menjadi destinasi wisata kreatif. Yang mulai terjadi saat ini, Bandung baru menjadi destinasi kuliner,” papar Aries.
 
Beranjak dari ‘rasa galau’ para kreator itu, Kelompok ‘Tujuh Ruang’ dalam dua tahun terakhir telah melakukan rintisan, memotivasi kawula muda dengan berbagai aksi. “ Paling anyar kami lakukan semacam kampanye Indonesia damai, pesertanya para kreator mural yang selama ini belum terwadahi,” jelas Aries sambil memperlihatkan mural yang trendy dan memukau di seputar Lucky Square Mall P 9 tempat mereka biasa mangkal.
IMG 20190417 092912 
Dijelaskan lebih jauh oleh Donny, Indra dan Juliastasya, munculnya Kelompok ‘Tujuh Ruang’ yang berbadan hukum yayasan ini, berangkat dari keprihatinan sekitar 5.000 komunitas seni di kota Bandung dan sekitarnya, ditengarai belum semuanya terwadahi.
 
“Padahal, bila kita mampu mengakomodir kemampuan ini, niscaya bisa meningkatkan sisi positif, terutama ekonomi, dan berlangsungannya, kata Donnyyang diamini Indra –“Makanya, ‘Tujuh Ruang’ berlandaskan pada konsep edukasi, inkubasi, dan eksebisi, diharapkan dapat mengelaborasi secara optimal, kreasi-kreasi yang selama ini tertendam.”
 
Bandung Reborn Menuju Bakref
 
Terdekat rencananya Kelompok ‘Tujuh Ruang’ akan menggelar Bandung Reborn, sebagai sasaran antara menuju Bakref (Bandung Kreatif Festival) demi menggapai tercapainya nuansa – Bandung Wisata Kreatif.
 
“Bandung Reborn ini akan digelar Sabtu, 27 April 2019 di tempat ini. Sedangkan Bakref sendiri akan digelar ancarng-ancang pada akhir 2019,” kata Aries
 
Paparan lanjutannya, demi mewujudkan konsep Bandung Wisata Kreatif itu, hampir semua komunitas di kota Bandung ini: “Silahkan bergabung dengan kami. Marilah kita bekerja secara independen dan bertanggung-jawab pula tentunya. Persoalan biaya, mari kita pecahkan bersama. Kebetulan di ‘Ruang Tujuh’ ada divisi bisnis. Intinya, kita learning by doing, sekaligus dengan cara yang benar dan terukur dan happy-happy saja,” jelas Aries dengan penuh someah ala warga Pasundan – “Jangan ragu, punya idea apapun, kita bincangkan dan cari solusinya, di sini. Marilah para komunitas, kita bersatu.”
 
Tiba di akhir pemaparan, kembali keempat ‘nara sumber’ yang secara fleksibel melakukan dialog dengan ke-14 pewarta di Kota Bandung, memungkas bahwa sesungguhnya – Permasalahan komunitas dan kreatif di Kota Bandung itu, kerap berawal dari:
 
“Kurangnya tempat berekspresi (kawula muda), adanya pengotak-kotakan dan eho komunitas, tidak adanya movement yang berjalan secara konsisten, dan kurang berjalannya 4 pilar (tempat, komunitas, pemerintah, dan konseptor),” urai Aries yang diamini oleh segenap yang hadir di Lucky Square Mall P 9.
 
Menurut mayoritas pewarta yang hadir kala itu, tampak ada optimism alternatif bagi para kreator di Kota Bandung untuk diwadahi di tempat ini.
 
“Ada baiknya para kreator di Bandung, mulai merapat. Kemukakan saja idea-idea di bidang seni rupa, musik, drama, digital (video,TV), dan lainnya. Melihat paparan tadi, ada kesiapan khusus dari kelompok ini untuk menampung idea bernas kalangan muda,” pungkas Banu dan Bagoes Rintohadi.(HS/dtn)       
 


emgz2

Artikel lain...

Kopi Kelenteng & 'Nyoba Suara Vol 9', Jelang Tutup 2019 - Hadirkan D'Cinnamons Dkk

Kopi Kelenteng & 'Nyoba Suara Vol 9', Jelang Tutup 2019 - Hadirkan  D'Cinnamons Dkk

destinasiaNews -- Lagi, aneka musisi indie yang digelar rutin setiap bulan di Cafe Kopi Kelenteng Jl. kelenteng No. 26 Bandung,...

FPSH HAM Akan Bertemu dengan Presiden Jokowi di Gedung Merdeka Bandung

FPSH HAM Akan Bertemu dengan Presiden Jokowi di Gedung Merdeka Bandung

DestinasiaNews - Forum Pelajar Sadar Hukum dan Hak Asasi Manusia (FPSH HAM) Jawa Barat akan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat...

Australia Connect Persembahkan “Dan Sultan – Live and in Concert” di Pulau Jawa

Australia Connect Persembahkan “Dan Sultan – Live and in Concert” di Pulau Jawa

destinasiaNews - Lagi, musisi Australia pemegang penghargaan, Dan Sultan, akan mempersembahkan beberapa pertunjukan terbaiknya di Indonesia. Rencananya, ia akan tampil...

Hejo Tekno Tuntaskan ‘Label’ SNI dari BSN-BPPT - ‘Stungta’, Pemusnah Sampah Ramah Lingkungan, Dinanti Kiprahnya …

Hejo Tekno Tuntaskan ‘Label’ SNI dari BSN-BPPT - ‘Stungta’, Pemusnah Sampah Ramah Lingkungan, Dinanti Kiprahnya …

destinasiaNews– Hampir bersamaan menjelang program pengenalan alat pengolah sampah berbasis thermal ramah lingkungan ‘Stungta’, yang digelar oleh Dinas lingkungan Hidup...

Hejo Tekno Mantapkan ‘Stungta’ - Solusi Jitu Pemusnah Sampah di ‘Hulu’ Jabar & Nusantara

Hejo Tekno Mantapkan ‘Stungta’ - Solusi Jitu Pemusnah Sampah di ‘Hulu’ Jabar & Nusantara

destinasiaNews - Jalur panjang memecahkan problema sampah yang tak tuntas sejak Indonesia merdeka tiga per empat abad lalu, utamanya dari...

Pengunjung

04503860
Hari ini
Kemarin
6079
6377