Baliwood Land dan LIPI Jalin Kerjasama, Yuk Ikutan ‘Virtual’ Seminar Potensi Desa

BW1

destinasiaNews – Tatkala UU Desa disahkan pada tahun 2014, pemerintah secara konsisten memberikan perhatian besar atas pembangunan desa. Hal ini tampak dari anggaran dana desa yang terus meningkat antara tahun 2015 dan 2019, kala itu dari sekitar Rp 20,7 triliun menjadi sekitar Rp 70 triliun. Sumber daya ini tentu perlu dimanfaatkan secara optimal, tidak hanya bagi perbaikan infrastrutkur desa, namun juga yang sangat penting, dikembangkan sejumlah program pemberdayaan masyarakat desa.

Mai kita telaah sejenak, bila berbasis pada data Potensi Desa (PODES) 2018, dari jumlah 75.436 desa, baru sekitar 7,43% desa masuk dalam kategori mandiri; 73,4% desa berkembang; dan 19,17% desa tertinggal. Dalam RPJMN 2020-2024, pemerintah menargetkan untuk menambah desa mandiri sebanyak 5.000 desa baru. Hal ini tentu saja bukanlah hal yang mudah dalam kondisi tantangan pembangunan yang semakin kompleks. Desa perlu semakin baik dalam membangun institusi yang mampu memadukan daya saing, inklusifitas dan pembangunan berkelanjuan secara lebih berimbang. Demikian juga, desa harus mampu bertahan dalam kondisi ‘new normal’ sebagai dampak dari wabah COVID-19.

Seminar Nasional yang mengambil tema “Desa Global Menyikapi Persaingan Global dan Transformasi Baru: Telaah Kebijakan Pembaharuan dan Berbagi Pengalaman Menyambut Era New Normal” dimaksudkan untuk mengupas tuntas akan hal-hal yang perlu dibangun oleh desa. Sisi bangun konseptual, kebijakan, dan pengalaman empiris akan disajikan oleh narasumber yang berpengalaman pada bidangnya. Kolaborasi narasumber, dari akademisi, perwakilan pimpinan daerah, instansi pemerintah pusat, dan juga praktisi, ini akan membuat Seminar Nasional lebih komprehensif dibandingkan dengan seminar lainnya.

Diawali dengan bangun kerangka teori dan konsep tentang modal sosial dan pembangunan desa, ini akan dipaparkan oleh Dr. Agus Eko Nugroho, Kepala Pusat Penelitian Ekonomi – LIPI. Selanjutnya, kekayaan budaya sebagai modal dasar pembangunan. Salah satu produk kebudayaan itu, di antaranya film dan peranan industri film dimasa depan. Film adalah media untuk membawa kearifan lokal menjadi kekayaan global. Tentu, ini penting untuk membangun industri film nasional sebagai bagian tidak terpisahkan dari strategi kebudayaan. Hal ini akan dibahas oleh Direktur Direktorat Perfilman, Musik, dan Media baru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Mahendra.

Kondisi terbangunnya masa kritis (critical mass) dari film menjadi kebijakan yang juga perlu dipersiapkan oleh Kementerian Desa PDDT yang bertugas untuk penguatan kelembagaan desa dan juga Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari sisi penguatan rantai nilai dan komersialisasi kekayaan budaya khususnya film. Oleh karena itu, dihadirkan pembicara Dr. Bonivasius Prasetya dari Kementerian Desa PDDT dan Dr. Syaifulah dari Kementerian Parekraf.

Guna mendapatkan pengalaman lebih mendalam dari sisi kesiapan sumber daya manusia, Dr. Agung Suryawan Wiranatha, selaku Ketua Pusat Unggulan Pariwisata, Universitas Udayana akan memberikan pandangannya terkait dengan Pariwisata Kreatif Berbasis Wisata Perdesaan.

Akhirnya, Provinsi Bali sebagai icon pariwisata Indonesia, menghadapi tantangan yang berat akibat wabah COVID-19. Namun demikian, hal ini tidak membuat insan kreatif dibidang perfilman tidak dapat bergerak. Sharing pengalaman dari Dr. Arvin Miracelova, tentang bagaimana kekayaan alam dan budaya lokal dari sebuah desa dapat dikelola menuju kekayaan dunia melalui inovasi digital (Baliwood Land Development).

Seminar nasional desa juga akan dimeriahkan dengan menghadirkan tamu-tamu yang akan berbagai pengalaman mereka dalam membangun kekuatan budaya, sumber daya manusia, masyarakat desa, dan kreativitas (Indah Miracelova dari Baliwood Academy, Putu  Naindra CEO Smactivation).Serta testimoni seorang perbekel desa , I Wayan Sutama.

Akhirnya, dalam acara seminar ini, panitia juga telah mengagendakan waktu kepada Prof. Dr. Ir. Tjok Oka AA Sukawati, MSi selaku Wakil Gubernur Bali dan Pangdam IX/Udayana untuk menyapa para narasumber dan perserta seminar.

Seminar nasional desa akan diselenggarakan pada Kamis, 2 Juli 2020, Pukul 13.00 – 16.00 dan dipandu oleh Moderator Agus Syarip Hidayat (Ph.D candiditate) yang bekerja di Pusat Penelitian Ekonomi – LIPI.

Registrasi seminar dilakukan pada tautan: https://tinyurl.com/WebinarDesaGlobal dan link youtube di https://s.id/LiveDesaGlobal, dengan Narahubung Puslit Ekonomi-LIPI, Jiwa Sarana, SE, MM. (HS/HRS/Rls/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Susi Pudjiastuti - Gerakan Hejo, Setuju Perbaikan Lingkungan Kab. Pangandaran: Perusaknya, Tenggelamkan !

Susi Pudjiastuti - Gerakan Hejo, Setuju Perbaikan Lingkungan Kab. Pangandaran: Perusaknya, Tenggelamkan !

  destinasianews - Hari kedua pada  3 Juni 2020 rombongan DPP Gerakan Hejo dari Bandung yang melakukan kunjungan khusus ke Kabupaten...

Pembakar Aula Balegede Pasir ImpunTertangkap, BOMA Jabar Apresiasi Apresiasi Kinerja Polisi

Pembakar Aula Balegede Pasir ImpunTertangkap, BOMA Jabar Apresiasi Apresiasi Kinerja Polisi

destinasianews - Merebaknya informasi tentang tertangkapnya terduga pelaku pembakaran (9/6/2020) aula ikonik Jabar yang dikenal dengan nama (aula) Balegede yang...

Baliwood Land dan LIPI Jalin Kerjasama, Yuk Ikutan ‘Virtual’ Seminar Potensi Desa

Baliwood Land dan LIPI Jalin Kerjasama, Yuk Ikutan ‘Virtual’ Seminar Potensi Desa

destinasiaNews – Tatkala UU Desa disahkan pada tahun 2014, pemerintah secara konsisten memberikan perhatian besar atas pembangunan desa. Hal ini tampak...

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng ‘Mendadak’ Diskusi dengan Eka Santosa BOMA Jabar di Bandung, Apa Agendanya ?

Ganjar Pranowo Gubernur Jateng ‘Mendadak’ Diskusi dengan Eka Santosa BOMA Jabar di Bandung, Apa Agendanya ?

destinasiaNews  – Entah apa dan siapa yang merancang, ternyata ada angin baik,Munculnya seakan tiba-tiba saja. Adalah, dua tokoh nasional Ganjar...

Trie Utami & Irianti Erningpraja Tak Hanyut oleh Pandemi Covid-19, Lahirkan Musik Anuhyang yang Sarat EEDM …

Trie Utami & Irianti Erningpraja Tak Hanyut oleh Pandemi Covid-19, Lahirkan Musik Anuhyang yang Sarat EEDM …

destinasiaNews- Apa itu Anuhyang? Dipastikan, itu pertanyaan yang terbersit di antara kita, apalagi bagi yang telah mengenal musisi Trie Utami...

Pengunjung

05505488
Hari ini
Kemarin
2676
3859