Berkat the Power of Udunan, 2 Kecamatan di Pelosok Sukabumi Terhubung - Ada Pelepassan Sidat, Mau?

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

sidat1destinasiaNews Esensi kabar gembira yang telah dilansir oleh tatarsukabumi.id, ihwalnya sejumlah masyarakat di sebuah titik pelosok Jawa Barat, tampak bungah. Mereka suka-cita menyambut pembangunan jembatan gantung di atas Sungai Cicatih, fungsinya kelak sebagai akses penghubung antar dua kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

 

Tepatnya, bila jembatan ini siap digunakan pada Minggu ke-2 di bulan November 2020, akan berfungsi sebagai penghubung antar Kampung Ciseupan, Desa Kertamukti, Kecamatan Warungkiara, dengan Kampung Cisalak, Desa Sukamaju Kecamatan Cikembar di Kabupaten Sukabumi.

 

sidat2Galibnya, pembangunan jembatan ke-109 yang digarap, secara swadaya dengan sokongan dana dari program ekspedisi 1.000 Jembatan Gantung untuk Indonesia, yang diprakarsai di antaranya oleh Vertical Rescue Indonesia, bekerjasama dengan Methodist 90 Go Charity Jakarta, Hotel Bunga Ayu Palabuhanratu,  serta pihak lainnya seperti Masyarakat Relawan Indonesia, Aksi Cepat Tanggap, Relawan Dapur Open Art, Relawan Doa, Rumah Zakat, Relawan Ruang Peduli, BPBD Kabupaten Sukabumi, dan   tak kalah pentingnya adanya implementasi program Karya Bakti TNI Yon Armed 13 Nanggala Kostrad Sukabumi.

 

“Akses vital ini dimanfaatkan oleh warga dari dua desa, 565 keluarga atau 1.600 jiwa," ujar Abdul Falah, Koordinator Keswadayaan Masyarakat yang ditemui awak media (4/11/2020) disela-sela pembagunan jembatan yang banyak menarik perhatian warga setempat.

 

Spesifikasi jembatan gantung ini, lebar 1,2 meter, melintang di atas ketinggian 11 meter dari titik tertinggi Sungai Cicatih, dengan bentangan lebar sungai sekitar 70 meter, dan panjang 90 meter.

 

Menurut Falah, kehadiran jembatan ini merupakan impian puluhan tahun warga setempat, setelah berkali-kali mengajukan ke pemerintah setempat:

 

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

”Namun tak kunjung dibangun, kali ini terwujud berkat udunan (patungan) dari banyak pihak. Kami ucapkan terima kasih atas udunannya yang tentu ridho lillahi ta’ala.”

 

 

Sidat, Dilepas …

sidat3Pantauan redaksi di lapangan yang program ini digarap sejak 2 minggu lalu dari tanggal 5 November 2020, warga tampak bersemangat menerapkan gotong- royong membangun jembatan ini. Di lapangan ikut terjun pula peserta dari program Karya Bakti TNI Yon Armed 13 Nanggala Kostrad Sukabumi.

 

"Selain relawan, ada juga donatur yang membantu mensupport persediaan logistik selama pengerjaan jembatan gantung ini,” ujar Falah sambil menambahkan – “Kelak selain sebagai alat penghubung antar dua kecamatan, juga akan mengurangi ongkos transportasi, sekaligus meningkatkan kegiatan ekonomi warga.”

 

Secara terpisah salah satu Pegiat Lingkungan dan Sosial Kemasyarakatan, yang akrab disapa Bastian Opung, yang dikenal juga selaku representasi dari Gerakan Hejo yang berbasis di Kabupaten Sukabumi, ketika ditanya, kapan perkiraan selesai jembatan ini, dan siap digunakan?

 

“Ya, senin depanlah (9/11/2020) siap pakai, ini jembatan dibangun berkat the power of udunan! Yang penting lagi saat peresmian nanti, ada pelepasan bibit sidat di lubuk Sungai Cicatih. Ini re-stocking, mencegah kepunahan spesies ikan endemik yang kini langka,” tutup Bastian Opung yang sehari-hari berkarir di Hotel Bunga Ayu, Palabuhanratu. (HS/SF/dtn)

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.


emgz2

Artikel lain...

Kwarnas Gerakan Pramuka Bantu Korban Longsor Cimanggung

Kwarnas Gerakan Pramuka Bantu Korban Longsor Cimanggung

DestinasiaNews - SUMEDANG - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menyerahkan bantuan kepada korban bencana longsor di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat....

From Scout to Society, Giat Pramuka di Masa Pandemi

From Scout to Society, Giat Pramuka di Masa Pandemi

DestinasiaNews - Pramuka yang kerap berkegiatan di luar ruang dewasa ini juga tak luput dari pengaruh situasi pandemi virus covid...

Arogan, Kepala Laboratorium Covid FK UGJ Dipolisikan

Arogan, Kepala Laboratorium Covid FK UGJ Dipolisikan

DestinasiaNews - Oknum dosen yang juga Kepala Laboratorium Covid-19 Fakultas Kedokteran (FK) UGJ Cirebon dilaporkan ke pihak kepolisian. Hal itu terjadi...

“Ténjo,” Urban Farming di Ponpes Al I'anah Rancaherang

“Ténjo,” Urban Farming di Ponpes Al I'anah Rancaherang

DestinasiaNews - Belakangan ini para pelaku tani di Indonesia seperti  kehilangan naluri bercocok tanam karena berbagai alas an, terutama  kurangnya...

Curug Tenjong, Air Terjun Perawan yang Belum Terjamah

Curug Tenjong, Air Terjun Perawan yang Belum Terjamah

DestinasiaNews – “Sorosooott…. Gurawil!” Seperti yang dikisahkan reporter Indriyo Morgen berikut ini. Belum pernah sedeg-degan itu terperosok dari jalan setapak kecil...

Pengunjung

06485946
Hari ini
Kemarin
257
4342