Para Seniman Jabar Gelar SOAFest ke Pentas Global

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

SOAfest1

destinasianews Di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai, bagi para seniman di Jawa Barat dan Bandung, bukan menjadi halangan bahkan kerap ingin mementaskan karyanya, baik ke pentas nasional maupun mancanegara. Nusa Biru Abadi (NBA) Organizer Bandung, berkolaborasi dengan ECB (Ethnic Creative Base) Bandung, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), gelar kegiatan secara virtual melalui official YouTube Channel SOAFest ID - Synchronic Art Festival (SOAFest) pada Sabtu, 20 Desember 2020 (DISPARBUD Jabar @diparbudjabar dan BUDAYA JABAR @budayajabar).

Menurut Dra. Febiyani, M.Pd, Kabid Kebudayaan Disparbud Provinsi Jawa Barat (Jabar) bahwa provinsinya punya 3 wilayah budaya yang khas : ”Ada nuansa Melayu, Betawi, Sunda – Priangan, dan Cirebon Dermayu. Masing-masing punya keunikan tersendiri. Ini potensi besar di Jawa Barat.”

Febiyani amat percaya, melalui konsep penthahelix (pemerintah, masyarakat, akademisi, pengusaha, dan media – red.)  bukan tak mungkin Jabar akan menjadi provinsi yang menonjol di Nusantara: ”Kehadiran SOAFest ini atas kerjasama Disparbud Jabar dengan NBA Organizer, dan komunitas ECB, boleh dibilang sebagai tonggak baru dalam pengembangan budaya dan seni di Jabar. Mari kita bersinergi di wadah ini.”

SOAfest2

Pentas Dunia 

Hal senada disampaikan musisi dan akademisi Dr. Mohamad Rudiana, S.Sen., M.SN, fenomena pandemi Covid-19 yang tak tahu kapan akan berakhir, harus menjadi momentum:

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.

“Dalam Situasi dan kondisi seperti ini, bagaimana caranya kita bisa mengglobalkan musik tradisi agar bisa dinikmati bukan hanya di lingkungan sendiri, istilah bahasa Sunda, tidak jago kendang,” ujarnya dengan menambahkan –“Musik tradisional bisa diapresiasi oleh siapapun  bukan hanya di Indonesia, juga Dunia!”  

Praktisi event organizer, Ir Reza Pamungkas menyatakan dalam hal event virtual yang kini menjadi trend pertunjukan, ”Apa pun bentuknya, kualitas harus terjaga. Ya, tidak boleh asal-asalan. Kalau perlu berkelas dunia, sekalian jangan tanggung.”

SOAfest3

Terpisah,  Koordinator Promosi SOAFest, Yemi menuturkan “Helatan ini merupakan sinkronisasi festival seni budaya yang di antaranya Disparbud Jabar. Tujuannya, terjadi penyelarasan karya seni suara, music, tara, rupa, dan teater dalam nuansa apresiasi keragaman karya kreatif secara kekinian.”

Lebih jauh kata Yemi SOAFest perdana kali ini, mengusung konten musik etnik Sunda yang menampilkan Djaya Dwara Percussion, Saratuspersen, Raya Pro, Ethnoprogressive, dan karawitannesas.

Yang menarik pula dalam tayangan yang kini masih bisa kita klik dari YouTube, perbincangan seni dan budaya dengan host Galih Gieyang cukup intensif dibawakan dengan santai oleh seniman tradisi yang sudah melanglang buana Mohamad Rudiana yang juga ‘nyambi’ sebagai Dosen ISBI (Institut Seni Budaya Indonesia) Bandung yang jua selaku pendiri Idea Percussion yang kondang itu.

Penampil dialog intensif seputar masa depan seni tradisi menuju ke pentas dunia, ada Reza Pamungkuas. Reza sebagai praktisi event yang sudah dikenal kehandalannya, berharap tonggak SOAFest ini harus berkelajutan: “Sayanglah kalau hanya sampai di sini,” tutupnya. (HRS/dtn)         

Paste a VALID AdSense code in Ads Elite Plugin options before activating it.


emgz2

Artikel lain...

Yayasan HCI Fokus pada Lingkungan Hidup & Ketahanan Pangan, Bangun Kampung Cibarani

Yayasan HCI Fokus pada Lingkungan Hidup & Ketahanan Pangan, Bangun Kampung Cibarani

destinasiaNews - Musyawarah yang di laksanakan di kampung Cibarani, kelurahan Hegarmanah, kecamatan Cidadap, kota Bandung oleh pengurus yayasan Harapan Cipta...

Syaidina Arif – Susah merawat daripada mendapatkan !

Syaidina Arif – Susah merawat daripada mendapatkan !

  destinasianews – “Alhamdulillah, saya dikelilingi oleh orang-orang yang positif. Ada juga yang negatif, tapi saya yakin bisa merubahnya. Asal...

Asprumnas Teken MoU Dengan Kopkar Jamar Bhakti VI Dalam Pembangunan dan Pengembangan Perumahan

Asprumnas Teken MoU Dengan Kopkar Jamar Bhakti VI Dalam Pembangunan dan Pengembangan Perumahan

destinasiaNews – Asosiasi Pengembang dan Pemasar Perumahan Nasional (Asprumnas) jalin kerjasama dengan Koperasi Karyawan Jasa Marga (Kopkar Jamar) Bhakti VI...

Indigo Suka Dengar "Takbir" di Jalan Lengkong

Indigo Suka Dengar "Takbir" di Jalan Lengkong

DestinasiaNews Peristiwa ini teringat seketika, saat ada bincangan dengan seorang “indigo” beberapa waktu lalu. Dia bilang, setiap melewati Jalan Lengkong suka...

Kurangi Sampah Visual

Kurangi Sampah Visual

DestinasiaNews - Perangkat Smartphone, (telepon selular/ponsel) di Indonesia sudah bukan lagi piranti yang mahal atau mewah, tapi sudah menjadi kebutuhan...

Pengunjung

06304018
Hari ini
Kemarin
1881
2842