Kolaborasi DBS Dengan Komunitas ABCD Gelar Pelatihan Kerajinan Bambu

bamboSkb

destinasiaNews Pelatihan kerajinan bambu yang digagas Perkumpulan Dunia Bambu Sukabumi (DBS) didukung para ahli dunia anyam-menganyam kerajinan bambu, antara lain : Ibu Enung, Ibu Anih, Ibu Utih, dan Ibu I’i, berkolaborasi dengan Komunitas Aliansi Bandung Cinta Damai (ABCD) berlangsung di Desa Gandasoli, Cikakak, Kabupaten Sukabumi , pada Selasa, 1/11/2022.

Menurut Agus Ramdhan selaku pimpinan DBS, pihaknya mengajak para ahli tersebut tak lain sebagai nara sumber pelatihan kerajinan anyam bambu.

“Materi pelatihan meliputi, pengenalan jenis bambu dan fungsinya, pengadaan bibit, model kerajinan, termasuk kiat ringkas memasarkan hasilnya,” papar Agus Ramdhan kepada redaksi via telepon, yang ia yakini bagi warga Indonesia – “Umumnya bambu adalah bagian dari kehidupan. Ia dipakai sejak lahiran hingga kematian, juga, sebagai bahan sandang, papan dan pangan.”  

Masih kata Agus Ramdhan, di Kabupaten Sukabumi yang memiliki koleksi tanaman bambu yang sangat beragam. Tanaman bambu punya fungsi ekologi serta ekonomi yang penting.

“Karenanya, DBS bekerja sama dengan beberapa desa di Kabupatrn Sukabumi, juga pihak terkait lainnya, kerap melakuian pelatihan. Salah satu tujuannya, meningkatkan pemberdayaan kaum perempuan.”

Kerjasama BPJS 

Menurut Toni Ellen dari Bunga Ayu Seaside Resort, Palabuhan Ratu sebagai salah satu inisiator  yang juga dikenal sebagai aktivis lingkungan dari Jagadhita Karya Nusantara dan komunitas  ABCD.

bamboSkb2

“Hasil pelatihan ini dapat meningkatkan secara langsung, perempuan desa lebih berdaya. Makanya, dilibatkan BPJS. Pun, hasil akhir para perajin bambu ini, kita bimbing hingga mampu membuka akses pasar yang baru, dengan nilai yang lebih tinggi,” ujarnya yang dikenal juga sebagai Wakil Ketua Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kabupaten Sukabumi. 

Perihal kerjasama dan kehadiran personal dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) tenaga kerja pada pelatihan di Desa Gandasoli ini. Menurut penyelenggara kegiatan, ke depan para pekerja non upah ini, akan memperoleh jaminan kecelakaan dan kematian.

Secara terpisah Ece Kurniawan Kepala Desa Gandasoli, menyatakan pelatihannya berharap dapat dilakukan secara berkala:”Saya sangat gembira ada pelatihan yang langsung manfaatnya dirasakan warga. Kalau perlu rutin dilakukan. Warga pasti menyambut baik,” pungkasnya. (HS/HRS/Rls/dtn)


emgz2

Artikel lain...

Rektor ITB Resmi Menutup Sepak Bola Wiranto Arismunandar Cup ke 24

Rektor ITB Resmi Menutup Sepak Bola Wiranto Arismunandar Cup ke 24

DestinasiaNews, Bandung - Pada penghujung di gelarnya kegiatan sepak bola, akhirnya Saint Prima U10 Menang Tipis 7-6 Atas Saswco U10...

IKA UPI Salurkan Bantuan Langsung ke Lokasi Korban Gempa Cianjur

IKA UPI Salurkan Bantuan Langsung ke Lokasi Korban Gempa Cianjur

destinasianews - Ikatan Alumni Universitas Pendidikan Indonesia (IKA UPI) menyalurkan bantuan kebutuhan pokok ke sejumlah titik lokasi korban gempa di...

Kang TH Ketua DPRD Jabar, Harus Gotong Royong Percantik Kota Bandung dan Jabar

 Kang TH Ketua DPRD Jabar, Harus Gotong Royong Percantik Kota Bandung dan Jabar

destinasiaNews – Tak berhenti, sejak awal September 2022,  ‘Gercep’ (Gerakan Cepat) Anti Vandalisme di Kota Bandung, yakni aksi sukarela mempercantik Kota Kembang ini, setidaknya seperti...

Kolaborasi DBS Dengan Komunitas ABCD Gelar Pelatihan Kerajinan Bambu

Kolaborasi DBS Dengan Komunitas ABCD Gelar Pelatihan Kerajinan Bambu

destinasiaNews – Pelatihan kerajinan bambu yang digagas Perkumpulan Dunia Bambu Sukabumi (DBS) didukung para ahli dunia anyam-menganyam kerajinan bambu, antara lain...

Ada Gerai Anggrek di 'C59-GP' Bandung

Ada Gerai Anggrek di 'C59-GP' Bandung

destinasiaNews- Tak seperti biasanya, pelataran parkir C59-Great People (GP) di Jl. Merak No. 2 Kota Bandung, Jawa Barat, nampak eneka...

Pengunjung

09505294
Hari ini
Kemarin
3099
4325